Wacana Ringkas 19 : Hakikat Ilmu

10 0 0
                                    

Aḏ-Ḏahabiyy berkata :

العِلْمُ لَيْسَ هُوَ بِكَثْرَةِ الرِّوَايَةِ وَلَكِنَّهُ نُوْرٌ يَقْذِفُهُ اللهُ فِي القَلْبِ وَشَرْطُهُ الاَتِّبَاعُ وَالفِرَارُ مِنَ الهَوَى وَالاَبْتَدَاعِ

"Ilmu itu bukanlah pada banyak riwayatnya, tetapi ia adalah cahaya yang Allah hidupkannya di dalam jantung. Syaratnya adalah mengikut sunnah dan jauh daripada hawa dan bidaah". [Siyar A*lām an-Nubalā^', jilid 13, m/s 323, keluaran Mu^assasah ar-Risālah].

Ibn Rojab al-Ḥanbaliyy berkata :

لَيْسَ الْعِلْمُ بِكَثْرَةِ الرِّوَايَةِ وَلَا بِكَثْرَةِ الْمَقَالِ وَلَكِنَّهُ نُورٌ يُقْذَفُ فِي الْقَلْبِ يَفْهَمُ بِهِ الْعَبْدُ الْحَقَّ وَيُمَيِّزُ بِهِ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَاطِلِ وَيُعَبِّرُ عَنْ ذَلِكَ بِعِبَارَاتٍ وَجِيزَةِ مُحَصِّلَةٍ لِلْمَقَاصِدِ

"Bukanlah ilmu itu pada banyak riwayatnya dan bukan juga pada banyak kata-katanya, tetapi ia adalah cahaya yang dihidupkan di dalam jantung yang hamba itu memahami kebenaran dengannya dan dengannya juga dia membezakan antara kebenaran dan kebatilan, lalu mengungkapkan dengan beberapa ungkapan yang ringkas daripada pendapatan itu untuk tujuan-tujuan tersebut". [Bayān Faḍl *Ilm as-Salaf *Alā al-H̱olaf, m/s 5].

Aš-Šāfi*iyy:

لَيْسَ الْعِلْمُ مَا حُفِظَ الْعِلْمُ مَا نَفَعَ

"Bukanlah ilmu itu pada apa yang dihafal, tetapi apa yang dimanfaatkan". [Ḥilyah al-Awliyā^ Wa Ṭobaqōt al-Aṣfiyā^, karya Abū Nu*aym al-Aṣbahāniyy, jilid 9, m/s 123].

Saya katakan :

لَيْسَ الْعِلْمُ بِكَثْرَةِ مَا حُفِظَ وَلَا بِكَثْرَةِ الرِّوَايَةِ وَالْمَقَالِ وَلَكِنَّهُ بِكَثْرَةِ مَا نَفَعَهُ فِي الْقَوْلِ وَالْعَمَلِ وَالْمَنْهَجِ مِنَ الْحَقِّ اسْتِمْرَارًا وَمُخْلِصًا لِرَبّهِ الدِّينَ فَيُشْرِقَ القَلْبُ بِنُورِ رَبِّهِ.

"Bukanlah ilmu itu pada banyaknya hafalan, tidak juga pada banyaknya riwayatnya dan kata-katanya, tetapi ia adalah banyaknya apa yang dia manfaatkannya pada ucapan, perbuatan dan manhaj yang berupa kebenaran dalam keadaan berterusan dan menuluskan agamanya untuk tuhannya, lalu dengan sebab itu benderang jantungnya dengan cahaya tuhannya".

Ambilan : https://amirkazuma.tumblr.com/post/623078227101057024/wacana-ringkas-19-hakikat-ilmu

com/post/623078227101057024/wacana-ringkas-19-hakikat-ilmu

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.


Al-H̱iṭōb al-WajīzWhere stories live. Discover now