Machapucare - chapter 49

42 1 0
                                    

Senin, 23 Oktober 2018

"Sombong banget, telfon gak diangkat-angkat" Kak apro, gak ada angin dan gak ada hujan, tiba-tiba ngirim pesan whatsapp ke gw. Setelah jam istirahat selesai gw langsung masuk dan duduk di meja kerja. Gadget gw emang jarang banget dipaketin internet dan biasanya gw ngandelin wifi yang ada dikantor atau dikosan kalau mau internetan. Mungkin kak apro nelfon waktu gw lagi gak konek ke internet.

"Gak ada kok, masa sih? kapan nelfon?" gw jawab pesannya kak apro. Kalau tiba-tiba doi ngehubungin gini sih biasanya emang ada yang penting yang mau disampaikan.

"Yee daritadi nelfon tapi gak diangkat-angkat. Mau ngajakin ke acara sumpah pemuda nih nanti hari sabtu" Kak apro juga langsung ngebales chat gw. Berhubung sekarang masih suasana istirahat gw putusin beberapa menit kedepan buat ngeladenin pesan dari kak apro dulu.

"Sabtu? Aku kerja" gw yang sebelum jam istirahat dimulai lagi nulis-nulis draft update-an story, mulai mengingat-ngingat lagi beberapa kejadian sebelum kepergian bibi.

"Yakin? Gak bisa cuti? Acaranya di Istana bogor loh bareng pak presiden." jawab kak apro beberapa detik setelah pesan balesan gw kirim.

"Istana presiden sih boleh kak, kalau aku kesananya sendirian ya males juga" sekarang, pikiran gw lagi terbagi menjadi 3 bagian, fokus ngejawab chat-an kak apro, fokus ngelanjutin penulisan draft cerita, dan fokus nyelesaiin beberapa rangkuman jurnal klinis yang sebelumnya udah gw baca. Setahun terakhir gw jarang ngobrol sama temen-temen kantor, setelah kepergian bibi gw kayak gak punya tempat buat meluapkan isi hati gw

"Serius? Ya udah aku ikut kak." saling berbalas chat dengan kak apro dijam kerja kayak gini bikin gw, ntahlah, agak beribet mungkin.

"Oke, gitu dong, gak ribet. Nanti dikabarin lagi".

Dan setelahnya gw putusin untuk gak liat-liat hape lagi. Selain notif dari kak apro sebenernya ada beberapa notif lain dari grup kopdar dan dari nyokap. Tapi semuanya belum gw respon dan kayaknya emang gak bakal direspon selamanya.

Hari sabtu nanti, sesuai apa yang dijelaskan kak apro, adalah hari perayaan sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 2017. Semenjak lulus dari SMA, gw udah jarang banget ngerayain sumpah pemuda dengan ritual upacara, paling banter sih pas kuliah, ngerayain sumpah pemuda dengan bikin acara pelatihan organisasi.

Ikutan sumpah pemuda hari sabtu artinya gw harus izin dulu ke kak Tris. Masalah izin ini sekarang jadi masalah yang gak bisa disepelekan. Selain masalah passport, masalah cuti juga punya peranan besar dalam rencana perjalanan gw ke khatmandu karena tanpa cuti, walaupun semua persiapan lain udah selesai, tetep aja gw gak bisa berangkat. Gw bisa aja nekat berangkat sebenernya, tapi setelahnya gw harus siap siap angkat kaki dari kantor. 1 atau 2 hari sih mungkin masih bisa dimaafkan, lah ini kan gw berangkat 10 hari.

Dan karena alasan itu lah dalam beberapa bulan kedepan gw harus fokus memperbaiki kinerja gw supaya kak Tris bisa ngerti alasan gw pergi ke khatmandu nanti. Memperbaiki kinerja ini gak bisa ditunda-tunda jadi dalam beberapa minggu terakhir gw udah coba beberapa cara buat memperbaiki kinerja gw. Siang ini, dengan mengesampingkan urusan update cerita, gw bakal lanjut kerja supaya kerjaan gw cepet selesai.

Ya, hari-hari terasa begitu datar. Tanpa Ami, tanpa Bibi, tanpa Vivi, tanpa gegel, yang bener-bener gw punya sebenernya disini cuma mas kosan. Temen kantor? Ntahlah tapi gw ngerasa kalau gw udah gak boleh lagi terlibat dalam sesuatu yang berbau dengan drama perkantoran. Pikiran gw, gak tau kenapa, selalu mendadak skeptis tiap harus berhubungan dengan interaksi teman-teman kantor dan gak tau kenapa setiap berhubungan dengan mereka gw ngerasa bibi ada dibalik semuanya dan semua bakal berujung ke sesuatu yang berbau penolakan dari gw. Mungkin gw trauma, mungkin. Akibatnya udah jelas, tanpa ngobrol, tanpa berinteraksi, fikiran orang-orang bakal makin melenceng dan gw gak bisa berbuat apa apa untuk memperbaiki mindset mereka yang salah terhadap gw.

Mungkin emang tanpa berhubungan dengan siapapun dikantor itu jalan terbaik buat gw. Jalan terbaik kalau seandainya sesuatu terjadi dan gw harus pergi dari sini, gw gak bakal ngecewain perasaan siapapun. Kalau seandainya gw harus pergi dan harus keluar dari kantor, gw gak perlu banyak berdrama dan ngerasa berhutang ke siapa-siapa. Mereka pun mungkin gak akan terlalu berat buat ngelepas gw. Gw yakin sih, cepat atau lambat gw bakal keluar dari kantor ini dan gw yakin alasannya adalah alasan yang berhubungan dengan bibi. Sepintar apapun gw menghilangkan kemungkinan ini dari pikiran gw, kepergian itu tetap gak terelakkan.

Bisa aja sekarang, atau beberapa minggu lagi, atau khatmandu jadi momen terakhir gw kerja dan tinggal dijakarta. Bisa aja.

Cerita Kita Untuk Selamanya 2 : Harpocrates [TAMAT]Where stories live. Discover now