Part I - Chapter 17

72 0 0
                                    


Gw duduk diteras penginapan. Matahari pagi sudah mulai tinggi. Didepan penginapan ini ada taman kecil yang ditanami bunga bunga terompet berwarna ungu. Sinar matahari pagi mulai menyinari bunga bunga ini yang masih basah karena embun.

Kamera yang sebelumnya gw pakai buat ngambil foto momen terbitnya matahari di weleri kembali gw pakai buat ngambil foto bunga ungu dengan latar belakang mentari pagi. Cantik. Penginapan ini letaknya gak di pinggir jalan utama, harus masuk beberapa meter kedalam sebuah gang yang udah diaspal dan bisa dilewatin 2 mobil. Cukup besar emang buat ukuran gang biasa. Dan karena bukan dijalan utama, jadi kondisi background foto gw nanti gak perlu rame sama lalu lintas kendaraan.

"Silahkan diminum tehnya mas, mas rendy dari mana ya?" Mas aji dateng sambil membawa teh manis panas yang sebelumnya udah dia janjikan buat diminum bareng di teras.

"Aku dari jakarta mas. Wah, terimakasih mas tehnya, ada wifi kan ya mas? Boleh tau passwordnya?" gw duduk dikursi teras sambil mengambil gelas yang isinya teh dari mas aji. Rasa tehnya gimana? Ya standar rasa teh aja. Password wifi ini penting? Banget, karena gw rasa foto yang gw ambil barusan, foto bunga terompet ungu dengan latar mentari pagi, layak buat dipost dan gw butuh koneksi internet buat ngepost foto ini.

Sejarah gw beli kamera? Jadi beberapa bulan lalu, sebelum beli tiket ke khatmandu, gw beli kamera. Alasan kenapa gw beli kamera ini pertama karena gw pengen mengabadikan momen momen yang ada di kehidupan gw. Mengingat banyak orang yang datang dan pergi di kehidupan gw jadi waktu itu gw putuskan kalau gw butuh sesuatu yang bisa gw pakai untuk menyimpan kenangan dengan orangorang yang pernah hadir dikehidupan gw tadi. Dan benda itu adalah kamera yang sekarang gw bawa ke semarang.

Beberapa foto emang berhasil mengabadijan momen momen penting. Foto yang gw rasa worthed bakal gw post di instagram. Dan proses posting foto ini gw lakukan setelah sebelumnya dilakukan seleksi ketat berkaitan tone dan caption apa yang bakal gw tulis disana. Kenapa harus instagram? Karena gw gak punya sosmed lain. Iya gw katrok.

Kamera ini udah banyak mengcapture momen momen kehidupan gw tapi belum pernah sekalipun gw pakai buat mengcapture momen gw sama bibi. Dan ini, gak bisa dipungkiri, adalah parameter kegagalan utama gw beli kamera kalau sampe akhirnya emang gak ada foto bibi dan gw yang terjepret oleh kamera ini.

"Ada mas, pilih wifi yang namanya ada embel-embel lantai dua yah. Passwordnya Juni2012. j nya huruf besar" mas aji, sambil menyeruput tehnya, dengan berbesar hati memberi tahu gw password wifi padahal belum waktunya gw check in disini.

"Siap makasih mas, rokok mas?" Tanpa pikir panjang gw langsung lakukan instruksi yang mas aji kasih dan gak perlu berlama lama wifi penginapan langsung terhubung sama hp jadul gw. Hp ini emang kemampuannya emang rendah, tapi sekedar buat upload foto di instagram masih bisa dilakuin, walaupun makan waktu yang lebih lama dari biasanya.

"Boleh mas, jadi mas rendy dalam rangka apa ke semarang? Liburan? Semarang ya gini mas, sekarang tanggal 17-an aja sepi." Kata mas aji sambil ngambil rokok dan korek yang sebelumnya gw tawarin.

"Iya mas aku liburan aja, ah gak apa apa mas justru aku emang niat nyari tempat yang gak terlalu rame" gw jawab sambil ngirimin foto yang gw jepret dari kamera ke hp yang gw bawa.

"Tadi kesini naik kereta mas? Tawang jaya? Berapa tiketnya dari jakarta sekarang? Saya dulu sempet dijakarta mas, lama hampir 10 tahun. Tapi sekarang udah lama gak kesana. Wah saya dulu masih zaman zaman kereta masih nyampur isinya mas" mas aji yang kayaknya udah kebawa suasana obrolan mulai membuka topik pembicaraan ke arah kereta api. Dan ini bukannya bagus malah mengingatkan gw sama mimpi gw semalem.

"Iya mas aku naik tawang jaya. Dulu berapa emang mas harga tiketnya? Kemaren aku beli sih pp 240 ribu mas. Aku tinggalnya di jakpus mas. Mas jakartanya bagian mana dulu?" Gw ngejawab sambil sesekali nyeruput teh dan rokok yang gw pegang. Setelah selesai mindahin foto dari kamera ke hp, selanjutnya foto bersangkutan masih harus diedit menyesuaikan sama jenis tone apa yang mood gw pake. Dan editing tone ini yang gw lakukan sekarang.

"Wah udah mahal yah sekarang. Saya dulu pindah pindah mas, pernah kerja di hotel daerah kebayoran lama, pernah jualan boneka di kota tua. Malah dulu saya hampir dapet jodoh di jakarta." pertanyaan gw dijawab sama mas aji sambil menyemburkan asap rokoknya.

"Wah pernah dikota tua mas? Kapan? Jualan apa mas disana?" Gw masih sibuk sama hp gw. Proses editing tone sebenernya udah selesai kalau hp yang gw pake punya spek yang mumpuni.

"Udah lama mas, 12 tahun lalu apa ya. Saya pernah jualan boneka, cendol, kelontong. Sekarang juga temen saya masih disana, tapi dia jualannya lebih ke deket stasiun kereta jakartakota karena depan musium fatahillah udah ditutup dan dikeramik sekarang. Dulu depan musium masih boleh dagang mas." Jawab mas aji dan ditiap jawaban slalu ada logat jawa kentalnya.

"Wah masa sih mas dulu pedagang boleh masuk kedpan musium fatahillah? Iya mas bener, sekarang udah ketat, aku ngeskate disana aja kadang dimarahin." Gw pencet tombol post di instagram sambil tetep ngeladenin obrolannya mas aji. Gak berapa lama setelah itu foto gw langsung ter-post kan karena pagi ini wifi penginapan lumayan kenceng.

#whpadventure

Itu caption pada akhirnya yang gw tulis di foto yang gw post barusan. Absurb? Banget.

"dulu amburadul banget disana. banyakan pedagang sama pengunjung. Sampah dimana mana, gak banget mas pokoknya, akhirnya saya balik lagi kekampung mas. Gak kuat sama kehidupan jakarta. Saya pengen nyari jodoh orang kampung saya aja mas" jawaban ini keluar dengan nada suara yang menurut gw ada unsur kegalauan didalemnya.

Kak trisna liked your photo.
Keisha liked your photo

"Disini udah berapa lama mas?" Gw yang masih disibukkan dengan urusan perinstagram mencoba buat gak ikut campur dalam masalah pencarian jodoh mas aji. Bukan karena gw gak peka, tapi karena gw juga masih dalam keadaan berkabung setelah ditinggal bibi.

"Baru 4 bulan saya disini, lumayan rame sih mas, kebanyakan nginepnya juga cuma sehari dua hari aja. Mas tergolong lama nih buat 4 hari nginep. Itu skateboard mas? Boleh ajarin saya?" Mas aji tiba tiba berdiri buat ngeliat lebih dekat papan yang sebelumnya gw letakkan di dekat bunga terompet ungu.

"Serius mas aku tergolong lama? Awal awal sih aku belajar berdiri dulu mas" gw jawab pertanyaan mas aji sambil berdiri juga karna gw liat dia langsung jatoh dipercobaan pertama berseluncur diatas papan. Dan matahari keliatan semakin tinggi. Cuaca, gak seperti yang gw bayangin sebelumnya, mulai kerasa panas.

"Iya mas, kebanyakan bule juga sih kesini, tapi sekarang jarang karena bukan musim liburan mungkin" mas aji ngejawab sambil mencoba buat sekedar berdiri diatas papan pakai 2 kaki. Dan dia akhirnya bisa ngelakuin ini setelah beberapa kali percobaan. Ah semarang, baru sampe gw langsung dipertemukan sama orang yang enak diajak ngobrol kayak mas aji.

Ditengah aktifitas belajar ngskatenya mas aji, tibatiba masuk satu mobil hitam dari arah jalan utama menuju penginapan dan tepat berhenti didepan tempat mas aji berdiri. Setelah itu keluar cewek berambut pirang panjang dengan setelan khas liburan dan mini pants warna hijau dan kacamata hitam terpasang di bagian dpan rambutnya, .

"Ge turun, bantuin gw bawa barangbarang" cewek ini teriak sambil gedor kaca mobil bagian tengah dan langsung nyamperin mas aji buat nanya kondisi kamar pesanan mereka. Gw yang duduk depan teras cuma bisa memperhatikan mereka sambil menghirup rokok yang gw sundut barusan.

cewek ini adalah rombongan cewek berambut pirang yang gw liat distasiun senen. Gw tau sejak pertama kali dia turun dari mobil. Dan besar kemungkinan mereka juga bakal nginep disini pagi ini.

Ardian liked your photo
Albert liked your photo

Beberapa notifikasi masuk ke hape gw setelah gw post foto tadi. Dan semenjak bibi pergi, gw gak pernah dapet notif dari bibi lagi dan alasan ini kadang bikin gw mikir kalau kegiatan posting foto di instagram ini gak ada gunanya.

Cerita Kita Untuk Selamanya 2 : Harpocrates [TAMAT]Where stories live. Discover now