Part I - Chapter 11

78 2 0
                                    

"Gerbong satu, seat 2A"

Ad beberapa alasan kenapa gw pilih seat ini sebagai tempat duduk gw dalam perjalanan kali ini. Pertama, seat ini adalah seat awal yang terdekat dengan pintu keluar gerbong, letaknya berlawanan arah dengan seat akhir yang ad di pintu keluar gerbong arah lain. Kedua, seat ini paling dekat posisinya dengan kamar mandi. Ketiga, seat ini kursinya 2 x 2 berhadapan, beda dengan seat lain yang semuanya punya format 3 x 3. Keempat, seat ini seat idaman jadi kemungkinan besar gw bisa dapet temen ngobrol yang asik di seat ini.

Setelah rokok gw abis, gw masuk ke gerbong satu, cari seat, taro ransel diatas seat gw dan duduk nunggu kereta berangkat. Penumpang yang lain satu persatu mulai masuk dan duduk di seat masing masing. Gak berapa lama sejak gw duduk, masuk 3 cowok dan satu cewek yang perkiraan gw lagi menjalani semester akhir perkuliahan. Mereka duduk diseat 3 x 3 yang letaknya seberang kiri seat gw. Tempat duduk untuk 6 orang tapi cuma ditempatin sama 4 orang mungkin udah lumrah dilakuin dikalangan traveler kereta api. Berturut turut masuk sekumpulan bule yang sibuk nyari tempat duduk sambil ngeliatin tiket dan ngomong sesuatu dengan logat gak jelas, keluarga besar yang terdiri dari 2 orang anak kecil dan 4 orang dewasa yang duduk dibelakang seat gw, dan sepasang kekasih yang dari sebelum gw duduk udah bolak balik gerbong satu - dua buat nyari tempat duduk.

Jujur, perasaan gw campur aduk tiap liat ada sepasang kekasih traveling berdua. belajar pelajaran hidup baru bareng bareng, ketemu orang baru bareng, bertahan hidup dilingkungan baru bareng, semua ini kerasa terlalu manis buat jadi kenyataan dihidup gw, dan sejak gw memutuskan buat jadi seorang introvert, gw makin yakin kalau keinginan buat traveling berdua pasangan yang bisa saling ngerti itu belum bakal terjadi di kehidupan gw dalam waktu dekat.

Waktu demi waktu berlalu, belum ada tanda tanda tempat duduk samping dan depan gw bakal diisi sama penumpang lain. Mengingat hp yang gw bawa ke semarang adalah hp jadul, jadi gak banyak yang bisa gw lakuin sekarang selain ngarahin pandangan keluar jendela, liat smoking area tempat gw duduk sebelumnya yang sebentar lagi bakal gak terliat karena kereta bakal berangkat.

Sejak terakhir kali nelfon, lisa belum ngabarin lagi, dia sempet kirim email selamat lebaran, tapi belum gw bales sampe sekarang karena lebaran taun ini mungkin jadi lebaran penuh rasa bersalah karena gw gak bisa ngucapin ulangtahun buat bibi.

Lisa tau bibi? Mungkin, karena dia tau gw lagi nulis cerita tentang gw dan bibi, jadi ada kemungkinan dia ikut baca. Tapi udah jadi peraturan tidak tertulis sejak gw dan lisa jadi temen organisasi kalau kita gak bakal saling mencampuri urusan pribadi masing-masing jadi kalau lisa gak ikut campur urusan gw sama bibi berarti dia masih lisa yang dulu gw kenal.

2 tahun kenal lisa di dunia organisasi bukan waktu yang sebentar, organisasi tingkat universitas yang gw jalanin waktu kuliah dulu juga bukan organisasi kecil, didalemnya terkumpul berbagai mahasiswa jurusan lain yang menyatukan sudut pandang dalam menyelesaikan persoalan kemahasiswaan tingkat universitas. Selain lisa, banyak banget temen temen organisasi gw yang lain dan kita masih kontekan sampe sekarang walaupun dengan intensitas yang bisa diitung jari dalam setahun. Gw dan lisa adalah teman satu departemen bareng dan bermodal inilah kita saling bahu membahu melaksanakan proker demi kebaikan departemen selama 2 tahun periode.

"Mas, tempat duduk depannya kosong yah?" Bapak-bapak bersetelan kemeja kotak coklat tua dan celana jeans dongker panjang mengagetkan gw. Si bapak nanya ke gw sambil nunjuk tempat duduk didepan tempat duduk gw yang masih kosong.

"Iya pak, kosong" gw jawab pertanyaan sibapak sambil senyum.

"Saya duduk sana ya mas" sibapak ngejawab sambil ngebales senyum dari gw.

"Silahkan, pak" gw jawab.

Gak lama berselang duduk lagi cowok yang umurnya kirakira 4 tahun diatas gw duduk disebelah sibapak dan seorang cowok bermasker setelan hoodie dan jogger panjang dengan rambut klimis belah pinggir berumur 20 tahunan duduk disebelah gw. Gw liat sekeliling emang hampir semua tempat duduk udah penuh sekarang.

Dan sebentar lagi kereta bakal berangkat, perjalanan ke semarangpun dimulai, gw harap semua baik-baik aja. Tapi ada perasaan aneh disekitar gw sejak gw duduk diseat ini, gak tau kenapa bulu kuduk gw selalu berdiri, tapi karena sekarang hampir tengah malem dan ac kereta lagi diset suhu rendah jadi fikiran lain yang gak relevan dengan alasan tadi terpaksa gw buang jauh jauh.

Kereta bentar lagi berangkat, petugaz kereta mulai nutup semua pintu gerbong dan meriksa kelengkapan jumlah penumpang. Ditandai dengan bunyi khas kereta yang berangkat akhirnya perjalanan kereta ini pun dimulai dengan meninggalkan stasiun pasar senen.

Gak banyak pemandangan yang bisa diliat diluar karena kondisi gelap banget. Jadi buat ngisi kekosongan malam gw putusin buat dengerin albumnya "sigur ros - valtari". Walaupun instrumennya kadang kedengeran agak serem tapi lagu ini adalah lagu yang paling cocok didenger sebelum tidur karena perkiraan besok pagi, jam 7, gw baru nyampe semarang.

Selama satu jam perjalanan efek ac yang terlalu dingin dan gelapnya pemandangan luar serta alunan instrumen sigur ros berhasil membuat mata gw terpejam, gw harap gw baru bakal bangun setelah nyampe semarang.

Cerita Kita Untuk Selamanya 2 : Harpocrates [TAMAT]Where stories live. Discover now