Part I - Chapter 13

81 3 0
                                    

C.J.J BAUER
GEB: 1 APRIL 1866
OVERL: 11 APRIL 1914

Ini siapa? Pertanyaan ini yang melintas dibenak gw. Batu nisan yang tingginya hampir 1 setengah kali tinggi gw ini penuh dengan ukiran, tapi sekarang cuma tulisan ini yang bisa gw baca. Selain batu nisan ini ada beberapa batu nisan lain berikut dengan nama di masing masing batu. Begitu gw mencoba mendekat ke batu nisan lain, tiba tiba gw ngerasain badan gw bergoncang.

Gerudug... Gerudug....

Goncangan ini cukup kuat untuk bikin satu orang dewasa seenggaknya tersungkur, dan itu yang terjadi pada gw. gw jatoh dan ketika gw bangun hal berikutnya yang gw liat adalah bapak umur 40 an yang duduk didepan gw sebelum kereta berangkat. Gw masih dikereta, masih ditempat duduk yang sama sebelum kereta berangkat. Papan skate dan minuman dingin yang gw bawa juga masih ada ditempatnya. seketika gw sadar kalau gw ternyata cuma mimpi. Iya gw mimpi, mimpi paling seram yang pernah gw alamin. Semua terlalu membingungkan. Untuk beberapa saat gw cuma bisa diam, berusaha buat mencerna mimpi yang udah gw alamin sebelumnya dan membawa fikiran gw balik lagi ke alam nyata.

Bibi ulang tahun..
Bibi hilang..
Itu makam siapa...

Perasaan gw campur aduk, gw gak tau harus ngerasa takut atau sedih. Mimpi yang gw alamin barusan terlalu abstrak dan diluar imajinasi gw. Dan pasti ada alasan dibalik mimpi yang gw alamin barusan. Kalau mengacu ke beberapa referensi yang pernah gw baca, mimpi adalah sesuatu kejadian yang paling ingin dilupakan oleh alam bawah sadar seseorang. Tapi opini ini jelas gak bisa gw jadiin pedoman buat mencari alasan kenapa gw ngalamin mimpi barusan.

Dan disini, ditempat duduk ini gw mencari tau apa maksud dan alasan mimpi barusan. Gw gak ngerti aja kenapa gw bisa ngalamin mimpi kayak gini, apa semua yang gw liat dampak dari rasa bersalah gw karena gak ngerayain ulang tahun bibi?

Nafas gw pendek, gw gak sadar kalau badan gw penuh sama keringat. Bapak umur 40 an berkemeja coklat didepan gw lagi tidur. Begitu juga 2 orang cowok lain yang ada disamping gw dan disamping si bapak.

Tapi satu hal yang bisa gw syukuri adalah akhirnya gw bisa ngeliat bibi lagi. Gw liat rambutnya mulai panjang dan sekarang dia keliatan dewasa. Senyum nya sama cara ngomongnya juga sama. Entahlah, belum tentu juga bibi sekarang sama kayak yang gw liat di mimpi gw barusan.

Gw bangun dari tempat duduk dan berusaha berdiri ditengah laju kereta supaya bisa ke kamar mandi. Gw liat sekeliling gw semua penumpang lain tidur. Gw gak tau sekarang jam berapa tapi yang jelas diluar keliatan kalau semua masih gelap. Diujung arah lain gerbong, deket pintu keluar yang menyambungkan gerbong satu dengan gerbong masinis, gw liat lampunya kedap kedip, mungkin emang lagi rusak. Dan suhu ac kereta yang terkenal dingin dimalam hari baru berhasil menusuk kulit berbalut tulang sekarang.

Semua asumsi tentang mimpi barusan belum bisa pergi dari fikiran gw. Perasaan takutnya, semua rasa bersalahnya, perasaan sedihnya masih melekat dan mungkin bakal bertahan lama di dalam alam sadar gw. Gw cuci muka gw ke toilet berharap keyakinan gw bertambah kalau semua yang gw alamin tadi cuma mimpi, tapi semua siasia. Gw habiskan 5 menit berikutnya untuk mematung dikamar mandi, menganalisa kembali apa sebenernya yang gw alamin.

Ketika pintu kamar mandi gw buka buat balik lagi ke tempat duduk, hawa dingin melebihi dinginnya hawa kereta sebelumnya mulai membalut tubuh gw, saking dinginnya untuk pertama kalinya dalam perjalanan kali ini gw menggigil.

Gw keluar kamar mandi dan buka pintu gerbong satu buat masuk kedalam. Ketika pintu terbuka dan gw masuk ke gerbong, dibawah kerlap kerlip lampu diujung sana gw liat seorang perempuan berdress putih berdiri. Perempuan yang sama yang gw liat ditangga kosan waktu itu. Perempuan ini berdiri menghadap pintu yang menghubungkan gerbong satu dan gerbong masinis dan dalam sekejap melayang menembus pintu dan berdiri di koridor antar gerbong.

Rasa penasaran membawa gw mengikuti perempuan tersebut, gw langkahkan kaki gw ke arah pintu gerbong disebrang. di koridor antar kursi gw liat sebagian besar, bahkan hampir semua penumpang tidur. Setelah sampai diujung pintu, gw buka dan gw liat perempuan tadi lagi berdiri membelakangi gw, melihat kearah luar di pintu masuk kereta.

"Kamu siapa?" Gw beraniin buat nanya ke perempuan tersebut.

"Kamu siapa? Kita pernah kenal?"

Gw ajukan beberapa pertanyaan sambil mendekat ke arah perempuan tadi. Dan gak satupun pertanyaan gw bersambut dengan jawaban dari dia. Begitu tangan gw hampir menyentuh bahunya, kereta kembali berguncang, gw jatuh, dan pas bangun perempuan tadi udah gak ada ditempat.

dia sebenernya siapa?

Dalam beberapa jam gw mengalami kejadian mistis berturut turut. Sekarang, ditempat perempuan tadi berdiri, gw cuma bisa membiarkan beribu pertanyaan datang ke benak gw. Kok semua bisa gini sih?

Gw gak boleh terlalu memikirkan kejadian barusan, gw harus fokus sama tujuan gw ke semarang, gw harus fokus sama persiapan buat ke khatmandu, dan ketika lamunan tentang kejadian mistis pergi, gw baru sadar kalau di luar ada pemandangan bagus banget.

Diluar, matahari mulai menampakkan wajahnya, langit malam berganti dengan songsongan fajar, yang mirip banget sama senja, untuk memberi tempat bagi matahari masuk menggantikan bulan. Diatas pematang sawah, cahaya matahari yang masih malu malu membentuk siluet berwarna orange dilangit.

Gw balik ke tempat duduk gw dan liat jam menunjukkan pukul 04.52 di handphone jadul yang gw bawa. sekarang udah shubuh. Momen matahari terbit ini gak boleh terlewat. gw ambil kamera didalem tas yang udah gw siapin sebelumnya sambil baca rute kereta yang dipampang diatas tempat duduk bapak berkemeja coklat dan sadar kalau kereta sudah memasuki daerah Weleri, stasiun terakhir sebelum masuk ke semarang poncol.

Dan sibapak kemeja coklat, termasuk beberapa penumpang lain, mulai bangun dan mempersiapkan semuanya sebelum kereta sampai dikota semarang.

Cerita Kita Untuk Selamanya 2 : Harpocrates [TAMAT]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang