Jilid 36

2.2K 63 0
                                    

Sudah tentu Jik Hwi-bing tahu akan kelihayan ilmu pedang ini, cuma dia tidak kenal ilmu pedang apa yang dia hadapi? Seraya menghardik kedua kakinya pasang kuda2 sekokoh tonggak menancap di tanah, tanpa menyingkir atau menghindar, dia andalkan kekuatan Lwekangnya, secara keras dia hadapi serangan Giok-lan.

Di tengah berkelebatnya sinar pedang, berdentinglah suara keras beradunya senjata mereka, Bayangan mereka berdua pun terpental mundur, masing2 sempoyongan beberapa langkah, waktu mereka memeriksa keadaan sendiri, ternyata pedang panjang masing2 kini sudah sama gumpil dan cacat.

Hanya sekejap kedua bayangan terpencar lalu saling terjang pula lebih sengit. Ilmu pedang Jik Hwi-bing mantap dan matang latihannya, dilandasi Lwekang yang kuat lagi sehingga hawa pedang berpencar menjadi gangguan yang tidak kecil artinya bagi musuh.

Permainan pedang Giok-lan sebaliknya menempuh jalan lincah dan gesit, Pek-hoa kiam-hoat sendiri memang mengutamakan kecepatan, ditambah gerakan Hwi-hoa-sin-hoat lagi, maju menyerang dan mundur bertahan cukup rapat, berkelebat sana menubruk sini, permainannya serba aneh dan menakjubkan.

Sudah 50 jurus mereka saling labrak, tapi masih sulit dibayangkan, pihak mana bakal menang. Ditengah pertempuran seru itu, mendadak Giok-lan berseru nyaring, sinar pedang laksana cahaya bintang jatuh menyapu ke arah Jik Hwi- bing.

Sejak tadi Ling Kun-gi terus perhatikan baku bantam ini, kini diam2 hatinya berteriak Pula: "Sin-liong-jut-hun!" Didapatinya bahwa nona2 dari Pek-hoa-pang ini se-olah2 semuanya pandai memainkan jurus Sin-liong jut-hun ini, bila menggunakan ilmu pedang perguruan sendiri sukar mendesak dan mengalahkan musuh, lalu mereka melancarkan jurus ilmu pedang yang lihay itu. Kini Giok-lan kembali melancarkah jurus Sin-liong-jut-hun, sudah tentu Kun-gi menaruh perhatian istimewa.

"Puluhan tahun sudah Jik Hwi-bing menggembeleng diri dalam ilmu pedang, walau tidak tahu asal usul ilmu pedang ini, tapi pengalaman tempur merupakan bekal ampuh bagi dirinya, tadi beruntun dia sudah menyaksikan Pek Ki-ham menghadapi musuh pula dan terbukti Pek Ki-ham dan Lan Hau sama cidera oleh jurus ilmu pedang ini, dengan sendirinya dia sudah waspada dan hati2, segera dia membentak: "Serangan bagus." Pedang terangkat untuk menutup datangnya serangan lawan.

Itulah Lot-ping-lam-thian (mengadu kekuatan dilangit selatan), jurus adu kekuatan dengan cara keras, meski hanya jurus permainan yang biasa dan umum, tapi dilancarkan oleh seorang ahli pedang ternyata jauh sekali bedanya, tahu2 sinar pedangnya berkembang laksana kipas dipentang lebar, untuk membendung sinar pedang Giok-lan.

Dua pedang mereka kembali beradu. '"Trang, krontang", sinar pedang tiba2 sama kuncup, bayangan mereka pun tergentak mundur beberapa kaki. Gebrakan ini tetap tiada yang unggul atau asor, tapi pedang panjang mereka sama2 tinggal separo.

Betapapun Giok-lan adalah perempuan, tenaganya lebih lemah, karena adu kekuatan ini sehingga lengannya tergetar linu, wajahnya pun merah panas pelan2 dia menarik napas, matanya yang bening menatap Jik Hwi-bing, katanya tertawa: "Ilmu pedang Jik-tongcu memang hebat, hayolah sambut sejurus seranganku lagi!" Beberapa patah kata ini di ucapkan dengan suara halus merdu, diam2 ia pinjam kesempatan ini untuk memulihkan tenaga.

Dan baru saja lenyap kata2nya, tubuhnya yang ramping itu terus melompat maju, pedang kutung diputar laksana kitiran. Kembali cahaya berseliwer dingin, hawa pedang melingkupi gelanggang seluas satu tombak lebih, sayup2 terdengar suara gemuruh badai guntur ditengah hujan lebat.

Mendengar orang bilang "sambut sejurus seranganku lagi", diam2 Ling Kun-gi sudah tergerak pikirannya dan matanya lantas menatap dengan tajam, dia membatin: "Ternyata benar Liong-can-ih-ya adanya."

Inilah jurus kedua dari ilmu pedang tunggal keluarganya. Keruan kaget dan heran pula Kun-gi dibuatnya. "Memangnya Pek-hoa-pang mempunyai hubungan erat dengan diriku?" demikian dia ber-tanya2 dalam hati.

Pendekar Kidal (Cin Cu Ling) - Tong Hong GiokTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang