Jilid 77

4.1K 52 22
                                    

"Aneh, dimanakah pernah kutarik keuntungan darimü? Sahut ayahku, Dengan marah-marah Gak-losam berkata, Habis, dia kan ibu guruku dia lebih tua satu tingkatan daripadaku, ini pun apa boleh buat, sebab memang demikian halnya. Tapi sekarang kau berani mengaka sebagai bapaknya, bukankah... bukankah kamu menjadi lebih tua dua tingkat dari padaku? Hm, aku Gak losam selamanya bersinggasana di laut selatan, di sana, siapa yang tidak memanggiku tuan besar atau kakek-moyang. Tapi setiba di Tionggoan, dimana-mana aku selalu lebih rendah satu-dua angkatan daripada orang lain. Sungguh sialan! Maka aku tak mau lagi, ya, tidak mau!"

Ciong Ling memáng gadis lincah dan cerdik, bicaranya mencorocos terus, cara menirukan lagu bicara Lamhai-gak-sin Juga sangat mirip mau-tak-mau Toan Ki merasa geli juga.

Lalu si noná melanjutkan ceritanya, "Maka ayahku berkata, Kau mau atau tidak masa bodoh, yang terang anak dara ini adalah putriku, dengan sendirinya aku adalah bapaknya, kenapa kau bilang aku mengaku-ngaku apa segala?"

"Rupanya kewalahan berdebat, mendadak Gak-losam mencari-carl alasan, katanya, Sudah tentu kamu cuma mengaku-ngaku saja. coba lihiat, Sunio begini cantik, sebaliknya kamu sejelek siluman, mana mungkin kamu ini ayahnya yang tulen? Tentu Sunioku ini putri orang lain dan bukan keturunanmu. Kamu adalah ayah palsu dan bukan ayahnya yang asli!"

"Sungguh tidak kepalang murka ayahku, ia angkat golaknya terus membacok Gak-losam. Cepat aku mencegahnya, "Ayah, orang ini telah menyelamatkan aku dari gangguan orang jahat tadi, harap jangan membunuh dia!"

"Sekonyong konyong ayah tambah murka, ia memaki padaku, Budak busuk, memangnya sejak dulu aku sudah curiga kamu bukan keturunanku yang sejati, sampai si tolol ini pun berkata demikian, masakah urusan perlu disangsikan lagi? Hm, biarlah kumampuskan dia dulu, habis itu akau kubunuh dirimu dan kemudian membunuh pula ibumu!"

Seperti diketahui ibu Ciong Ling adalah bekas kekasih Toan Cing-sun, ayah Toan Ki. Makin besar muka Ciong Ling juga semakin cantik sehingga sedikit pun tidak memper muka Ciong Ban-Siu yang lonjong bagai muka kuda itu, sudah tentu rasa cemburu Ciong Ban-siu semakin menjadi-jadi dan pikirannya juga senantiasa diliputi oleh rasa curiga.

Begitulah sampai di sini air mata Ciong Ling sendiri pun berlinang-linang dan hampir-hampir menetes. Cepat

Toan Ki menghiburnya, "Jangan kuatir! Aku tahu ayahmu paling takut bini, tidak nanti dia berani membunuh ibumu."

Ciong Ling tertawa, tanyanya, 'Eh, dari mana kau tahu?"

Karena tertawanya itu, air matanya yang tadinya berlinang-linang di kelopak mata itu lantas meleleh ke pipi.

"Dahulu waktu aku menyampaikan berita kerumahmu di Ban-jiat-kok, dengan mataku sendiri küsaksikan ayahmu sangat penurut pada ibumu, sedikit pun tidak berani membangkang perintahnya," sahut Toan Ki.

Ciong Ling menghela napas dan untuk sekian lamanya diam saja.

"Kemudian bagaimana kenapa kamu sampai di sini?" tanya Toan Ki.

"Waktu kulihat ayah dan muridmu bertempur dan seketika sukar dilarai, maka aku lantas berteriak-teriak, Hai, Gak-losam, kamu tidak boleh mencelakai ayahku!' Lalu aku berseru pula 'Ayah, jangan kau celakai Gak-losam! Dan tanpa memperdulikan bagaimana kesudahan pertarungan meraka itu, segera kutinggal pergi."

"Ya, ada baiknya juga jalan-jalan keluar untuk menghibur diri," ujar Toan Ki.

"Sebenarnya aku hendak mencari dirimu, sudah kucari kian kemari tatap tidak tahu ke mana harus mencarimu?" tutur Ciong Ling. "Belum lama ini kudengar kabar bahwa para ksatria seluruh jagat hendak berkumpul di Siau-lim-si, diam-diam kupikir boleh jadi kaupun akan datang di sana maka aku lantas berangkat ke Siau-lim-pai sini. Tapi aku sendiri bukan kaum ksatria atau orang gagah segala, dengan sendirinya aku tidak berani datang ke Siau-lim si dan terpaksa berkeliaran di lereng gunung sini untuk mencari kabar dirimu pada setiap orang yang kujumpai. Untung di sini ada sebuah rumah kosong tanpa sungkan aku lantas tinggal di sini."

Pendekar Negeri Tayli (天龍八部~Thian Liong Pat Poh) - Jin YongWhere stories live. Discover now