39

495 62 8
                                    

Akibat ngobrol ngalor ngidul sampe sahur sambil nge-Starbucks, anak anak udel ini pun jadi telat buat menghadiri lomba yel yel, bacaan sholat dan nasyid yang diselenggarakan jam 9 pagi. Mereka sih, kelewatan banget begadangnya, baru tidur abis sholat subuh. Gimana nggak telat. Untung alarm Ken nyaring banget bunyinya karena dia sendiri udah trauma buat telat telatan.

Hari udah nunjukin jam 09.30 dan mereka berlima baru aja masuk mesjid. Kebetulan ustadz Daisuke yang lagi ngawas diluar. Beliau kaget ngeliat Boruto dan Mitsuki karena semalam beliau sama sekali nggak inget ini anak udah balik apa belum. Terlebih lebih pas ngeliat Boruto, berasa kayak lagi liat setan.

"Loh katanya kamu sakit?" tanya ustadz Daisuke ke cowok itu, "ini kemaren malem saya yang nggak inget kalian udah pulang atau kaliannya baru pulang pagi ini?" beliau curiga. Mitsuki auto sembunyi di belakang Boruto. Dia kalau ketahuan boong susah. Soalnya dia nggak mahir ngibul.

Inojin, Shikadai dan Ken udah disuruh masuk duluan. Di dalam mesjid baru dikumandangkan kata sambutan oleh ustadz Abu.

"Iya tadz, berkat izin ustadz ini mah saya sembuh! Kemaren malem itu saya nekat meriksain ke klinik, ternyata saya nggak gejala dbd, kecapekan doang. Kan tadi malem udah ketemu ustadz pas pulang, lupa yaaa", Boruto terkekeh. Ustadz Daisuke memajukan mukanya menatap anak itu bagai sedang meneliti. Otomatis tuh anak udel langsung masang tampang serius biar nggak dikira lagi berdusta.

Kemudian beliau beralih menatap Mitsuki.

"Benar dia udah sembuh?" tanyanya. Mitsuki ngangguk aja. Dia udah kegerahan banget.

"Hmm, untung deh bukan gejala dbd. Oke kalian boleh masuk", setelah interogasi yang dirasa lama, akhirnya mereka berdua boleh masuk. Boruto dan Mitsuki bernapas lega. Mereka langsung jalan cepat menuju kelompok di ujung kiri dekat batas shaf.

"Bangsaaat naik turun jantung gue", kata Boruto sambil mengelus elus dadanya setelah mereka ikut duduk di sebelah Ken. Mitsuki ngangguk lemes, keliatan dia lagi ngipas ngipasin bajunya padahal udah dibawah AC. Ini adalah azab orang berdusta.

"Untung kibulan lo berhasil", tambah Ken, "setau gue ustadz Daisuke itu teliti banget. Pernah ada cerita dua anak cewek ketangkep basah pas lagi kabur, ternyata dibuntutin sama beliau".

Boruto cengengesan. Nggak nyangka dia bisa lolos juga dari tuh ustadz. Padahal kemaren malem aja dia dan Mitsuki masuk dengan cara ilegal. Nasibnya lagi mujur alhamdulillah.

"Ken, ayok saya antar kamu ke aula, lomba bacaan sholat disana", ustadz Irham tiba tiba menghampiri Ken dan langsung membawa anak itu pergi ke aula. Woilah lombanya dipisah.

"Apa kalian sudah siap?!" ustadz Abu sekarang bagai pembawa acara kuis siapa lebih berani.

"Baiklah langsung saja kita buka lomba pagi ini... Yel yel antar kelompok!"

Boruto menguap. Ya ampun ngantuk banget, padahal udah mandi. Mitsuki apalagi. Kepalanya naik turun naik turun mulu saking ngantuknya.

"Bagi perwakilan kelompok diharap maju ke depan untuk mengambil nomor lot".

Tanpa disuruh anggotanya, Boruto auto berdiri dan jalan kearah ustadz Abu buat ngambil nomor lot di dalam akuarium bulat yang diisi bulatan bulatan gabus. Udah kayak cabut arisan aja dah.

"Boruto, nomor berapa kamu?" tanya ustadz Abu. Cowok itu membuka gulungan kertas yang dia dapat. Betapa kagetnya dia sewaktu ngeliatin angka 1 tertera besar diatas sana.

"Napa saya nomor 1 sih tadz!" sungutnya kesal.

"Ya mana saya tau, udah lah, nomor 1 itu bagus, jadi yel yel kamu kalo diplagiat tetep yang original ya punya kamu", entah si ustadz berusaha menghibur atau nggak, Boruto sama sekali nggak terhibur. Dia berjalan gontai dan kembali ikut duduk di sebelah Mitsuki.

"Nomor berapa?" tanya Mitsuki.

"satu", keluh Boruto, lalu mau nggak mau dia harus nyampein berita buruk ini juga ke anggota kelompoknya, "guys kita nomor 1 oke fix".

Tampak muka anggota anggota kelompoknya lemes seketika tapi cuma bisa pasrah ae.

"Sekarang semua perwakilan sudah mengambil nomor lot, langsung saja kita saksikan, nomor lot 1... Sesuai dengan nomornya, kelompok 1! Diharap maju ke depan".

Boruto dan yang lainnya bangkit dari duduk dan berjalan ke depan. Bukannya tuh anak nggak semangat buat lomba, cuma dia butuh ngadem sejenak, nggak harus nomor lot 1 juga hufff.

Tampak Shikadai dan Inojin udah ngakak duluan ngeliatin Boruto yang baru aja megang mic.

"Woi udel sebelah gue elah", Boruto menoleh ke Mitsuki yang dari tadi sembunyi mulu di belakangnya. Soalnya dia demam panggung diliatin banyak mata gini. Tapi karena Boruto maksa, mau nggak mau dia pun berdiri disebelah sahabatnya itu.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh", buka cowok berambut kuning itu.

"Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh", jawab warga pesantren serempak, dibarengi cekikikan Shikadai dan Inojin setelahnya. Jangan bilang Boruto nggak denger. Kedengeran banget malah! Wong keras gitu, kayak nggak tau tempat aja mereka.

Anak itu langsung ngelemparin tatapan tajam ke mereka berdua.

Boruto natapin Mitsuki, lalu mengambil napas dalam dalam.

"Pok amek amek belalang kupu kupu, siang makan nasi kalau malam minum susuuuu!" nyanyinya riang sambil joget, kemudian loncat berbalik ngeliat anggotanya kelompoknya, "bilang apaaa?"

Shikadai dan Inojin makin terpingkal pingkal dibuatnya. Mereka sekarang udah guling guling di tempat.

"Pok amek amek belalang kupu kupu, kita kelompok satu harusnya juara satu!!!" jawab anggota kelompoknya riang. Boruto terpana. Idih, pas latihan bawaannya kayak orang kesiksa, kenapa pas tampil malah jadi over power gini dah? Kebalik banget.

Boruto pun balik lagi liatin penonton.

"Kelompok satuuuuu?"

"HARUS JUARA SATUUUU!" jawab anggotanya serempak menutup yel yel mereka. Jangan lupa, Shikadai dan Inojin belum berhenti ngakak malah sekarang sambil nangis ngeliatin duo kawannya yang lagi tampil. Si Mitsuki apalagi, ekspresi mukanya lawak banget tuhaaan. Datar, senyum, datar lagi, senyum lagi. Gitu teros.

"Sekian yel yel dari kami kelompok orang orang ganteng, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh", Boruto ngebalikin mic yang dia pake ke ustadz Abu. Nampak beliau lagi berusaha nahan ketawa.

"Absurd banget lo!!" sorak Inojin pas kelompok Boruto udah balik duduk.

"Eh kalian ntar awas lu pada", ancam Boruto sambil memperagakan orang yang lagi menggal kepala.

Yang diancam masih juga ngikik.

Lomba pun berlanjut hingga selesai menampilkan semua kelompok. Tapi sayangnya baik Shikadai dan Inojin nggak ada yang bertugas jadi pemimpin yel yel. Dahlah ngakak doang yang gede, nyalinya ciut.

Sekarang hari udah nunjukin jam 11.40, yang mana azan zuhur bentar lagi dikumandangkan. Boruto, Mitsuki, Shikadai dan Inojin udah cater tempat di deket tiang di bawah AC, as usual. Sholat kalau nggak disana rasa rasa belum afdol. Dan akibat angin AC yang sepoi sepoi manja, mereka berempat auto ketiduran sampai kaget dibangunin sama kerasnya suara azan.

"Duileee kirain apa", Inojin terkesiap dari tidurnya sewaktu mendengar suara azan yang kerasnya kebangetan. Jantungnya berasa mau copot. Tapi yang lain malah nggak ngegubris dan balik merem.

Inojin sampai harus nepukin berkali kali supaya mereka pergi ngambil wudhu biar ntar sholatnya nggak telat. Ngantri wudhunya itu loh yang bikin lama.

"Iye iye dah bawel", Boruto merengut lalu berdiri diikuti Mitsuki dan Shikadai.

"Bilang makasih kek!" Inojin kembali bersandar di tiang sambil ngejagain tempat mereka biar nggak diambil orang. Dia udah nebak pasti tuh anak anak pada lama bikos antriannya lagi panjang.

Dan bener aja, mereka bertiga baru balik pas orang udah mau selesai iqamah.

"Gue bilang juga apa!" Inojin ngeliatin mereka sinis. Yang lain cuma bisa cemberut dan lanjut sholat.

[1] Lost in Pesantren ㅡ BORUTO: NARUTO NEXT GENERATIONS ✔️Where stories live. Discover now