MPG 8 : Masa Kelam

3K 420 8
                                    

Saya khilaf, jadi up:)

Weekend nggak up, ya. Lagi ada urusan di rl, nih.

_

Penyakit PTSD, disebabkan karena trauma di masa lalu seperti pelecehan atau depresi.
Penyakit PTSD dapat memberikan dampak buruk bagi penderitanya
Post-traumatic Stress Disorder (PTSD) adalah masalah kesehatan mental serius yang dialami oleh beberapa orang akibat dari peristiwa mengejutkan, menakutkan, atau berbahaya yang menyebabkan trauma.

Setelah mengalami trauma, sering terjadi perjuangan melawan rasa takut, kecemasan, dan kesedihan. Penderitanya akan merasakan sulit tidur dan selalu teringat kenangan buruk yang ada.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kenangan buruk dan rasa takut itu perlahan memudar pada kebanyakan orang.

Hal inilah yang tidak terjadi pada penderita penyakit PTSD. Mereka akan terus mengalaminya dalam jangka waktu yang lama dan kondisinya bertambah buruk.

Elisha tidak tau hari seperti ini akan terjadi. Selama bertahun-tahun sejak kejadian itu, ia hanya tinggal dengan perasaan yang tertinggal. Sesak akan masa lalu. Ketakutan dengan apa yang pernah ia lalui sebelumnya.

Penyakit PTSD akan menyebabkan masalah dalam kehidupan penderitanya, seperti dalam hubungan pekerjaan atau lingkungan sosial lainnya.

Itu yang membuat Sean selalu enggan dalam melakukan interaksi sosial. Ia terlalu takut untuk memulai dan meruntuhkan tembok yang ada. Dirinya sudah terlanjur trauma.

Namun, menjalani pengobatan secara rutin dan intentsif dapat membuat gejalanya membaik.
Penyakit mental ini terjadi karena saat trauma, seseorang akan merespons ancaman tersebut.

Penyakit PTSD menyebabkan otak penderitanya terjebak dalam kondisi selalu siaga terhadap bahaya. Setelah situasi berbahaya itu mereda, orang itu pun masih tetap waspada karena tubuh terus mengirim sinyal yang mengarah ke gejala penyakit PTSD.

Penyakit ini bahkan membuat otak Anda berubah. Area yang mengontrol memori di kepala menjadi lebih kecil. Oleh karena itu, dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan pengobatan lebih awal.

Efek yang ditimbulkan dari penyakit PTSD sangat banyak. Salah satunya adalah kenangan masa lalu yang mengganggu, susah tidur, sulit mengontrol emosi, amarah yang berlebihan, dan merasa cemas.

Elisha bisa mengatakan kalau ia jarang menunjukkan semua emosi seperti itu. Dirinya mengurung segala emosi dan memendamnya dalam waktu yang lama.

Lain halnya dengan Sean, pemuda itu telah melihat apa yang tidak seharusnya ia lihat saat masih kecil. Trauma masa kecil ini terus saja membayangi dirinya hingga pemuda itu sadar kalau dirinya sudah terlanjur sakit.

Penderita juga akan menghindar dari hal-hal yang mengingatkannya pada kejadian yang mirip atau serupa. Namun, bagaimana dengan Elisha saat ini?

Tubuhnya gemetaran dengan rahang yang mengeras agar bibir nya tidak bergetar. Ia hanya tidak ingin segala emosi mengendalikan tubuhnya.

Setelah pertemuan singkat yang sialnya begitu menarik perhatian Elisha, ia tidak tahu harus berbuat seperti apa lagi, dirinya ... bingung dan takut.

Perempuan biasanya berisiko dua kali lipat memiliki penyakit PTSD karena dianggap lebih rentan mengalami kekerasan seksual atau depresi, namun bukan menutup kemungkinan kaum Adam tidak mengalaminya, bisa kita lihat seperti dalam kasus Sean.

Namun, kebanyakan dari mereka juga menyalahkan diri sendiri atas peristiwa yang dialami. Seperti Elisha, yang saat ini sedang tersenyum sinis dengan mata yang menatap kosong didepan.

Beauty Psycho (END)Where stories live. Discover now