closing

1.2K 74 48
                                    

Halo semua!

Aku mau ngucapin terima kasih yang sebanyak-banyak karena selama lima bulan ini sudah setia menunggu update cerita ini, sabar dengan banyaknya plot twist yang terjadi dalam waktu singkat, dan selalu merasa geregetan sekaligus senang melihat bagaimana kisah cinta antara Renjun dan Ryujin berkembang.

Terima kasih untuk 16 ribuan kali dibaca, 2 ribuan vote, dan seribuan komen untuk ceritaku yang jauh dari kata sempurna ini ❤

Sebelum kita berlanjut, aku wanti-wanti dulu kalau part ini akan sangat panjang. Ya semoga enggak sih! Aku mau curhat apaan juga 😂

So, first of all, RENRYU adalah sekian dari banyaknya OTP yang aku suka selama menjadi shipper sekaligus author. OTP ini sebenarnya bukan murni dari aku suka, tapi karena dicekokin teman aku. Kalian semua udah pasti tahu siapa dia, siapa lagi kalau bukan lazynim 😉

Awalnya RENRYU hanya muncul sebagai kapal pendukung di cerita aku yang berjudul Reply 2019. Kemudian aku tulis oneshot series mereka yang berjudul Dreams. Lalu ada cerita yang berjudul Perplexite, 'sedikit' muncul di My Page, dan di cerita ini. Renryu juga muncul sebagai kapal sampingan di beberapa ceritaku yang lain, enggak bisa aku sebutin satu-satu. Kalian baca aja lah ya sendiri 😉 (malah promosi)

Untuk cerita ini sendiri, sebenarnya karakter yang aku pakai saat masih di draft adalah Johnny dan Wendy. Sempat kepikiran juga untuk mengganti Johnny dengan Mark Tuan. Namun akhirnya aku memilih Renjun dan Ryujin. Memakai mereka sebagai karakter utama tentu menjadi tantangan tersendiri bagi aku. Karena di rl, karakter mereka masih di awal umur 20an. Remaja yang baru saja beranjak dewasa. Sementara di cerita ini, mereka adalah orang dewasa dengan segala polemik kehidupan yang bahkan enggak semua orang dewasa akan lalui. Membentuk plot, alur cerita, sifat tokoh, hingga emosi, itu benar-benar menguras tenaga sama emosiku.

Belum lagi untuk istilah-istilah medis yang benar-benar bukan bidangku. Aku bukan mau pamer sih, tapi untuk bisa menerangkan suatu penyakit beserta pengobatannya itu benar-benar sulit. Aku enggak hanya sekadar menonton dramanya dan mencari istilah saja, tapi aku juga harus baca paper-paper ilmiah. Untuk cari tahu kenapa sih harus obat ini, kenapa harus begini penanganannya, dan segala macamnya.

Baru di cerita ini aku merasa seambis itu dan keambisan ini aku persempahkan pada _emstory yang sudah membuat diri ini ambis dalam menulis. Walau aku menulis sebagai penyaluran hobi, she makes me realize kalau kita tetap harus mengedukasi pembaca. Kalau buat cerita medis, harus berani cari tahu soal istilah medis. Kalau buat cerita kriminal, harus siap cari tahu semua tetek bengek tentang kriminalitas dan klausa-klausa hukum yang menyertai. Intinya, riset itu penting dalam menulis.

Untuk para pembaca setia Verruckt, sekali lagi terima kasih! Berkat vote dan comment kalian, aku bisa semangat untuk menyelesaikan cerita ini sampai akhir. Terima kasih juga karena sudah memberi aku kesempatan menghibur kalian dengan cerita kecil ini. Well, lebih ke ngajak stress aku mah 😂

Setelah cerita ini, mungkin aku enggak akan publish cerita RENRYU yang baru terlebih dahulu. Kalau soal draft, aku punya. Tapi untuk saat ini kondisinya tidak memungkinkan. Kalau kalian ngikutin curhatan ku di sini atau di ceritaku yang lain, saat ini aku sedang berada di semester terakhir sekolah S2 dan sedang proses menyusun thesis. Selain itu, aku punya kerjaan yang enggak bisa ditinggal. Aku juga masih punya dua cerita yang berjudul Suddenly dan 00's Next Door yang masih harus aku selesaikan.

Kemungkinan, aku akan rilis cerita RENRYU paling cepat tahun depan. Kalau perkiraanku tepat, bulan Maret aku sudah bisa kembali dengan cerita baru. Kalian bakal sabar menunggu kan? 😭

Oh iya, setelah ini aku akan melakukan major revision untuk cerita ini. Aku tidak akan mengubah jalan cerita, absolutely not. Tapi aku akan merevisi kata-kata yang typo dan juga mengganti sedikit gaya penulisannya. Karena setelah aku pertimbangkan, aneh juga menggunakan kata gue-lo saat cerita berlatarkan di Korea Selatan. Jadi jangan kaget ya kalau tiba-tiba ada update dari Verruckt, itu tandanya aku baru selesai merevisi.

Dan setelah beres revisi, aku akan publish bonus chapter. Tentang apa sih bonus chapter ini? Formatnya akan aku buat seperti mini interview dengan semua tokoh di cerita ini termasuk Jinah, kecuali untuk Miyeon dan Taeyong. Bukannya aku tidak sayang mereka, tapi karakter mereka di cerita ini sudah selesai.

Jadi, aku kasih kalian kesempatan untuk memberi macam-macam pertanyaan ke seluruh tokoh di Verruckt, selama cerita ini direvisi. Akan aku bagi sesuai sesinya ya!

Renjun, Ryujin, dan Jinah

Jeno-Herin

Haechan, Saeron, Jaemin, dan Hyunjin

Chaeryeong-Chenle

Yeji, Chansung, dan Yewon

Yuna, Taecyeon, dan Yeonhee

Kyuhyun-Joohyun

Donghae-Irene

Jungeun, Sihyeon, Minah, dan Hani

Yangyang, Heejin, Jisu, Minjoo, dan Hyejoo

Soojin, Jaehyun, dan Chaeyong

See you on my other project all 👋

Lots of love, mooinjun23 💕

verrückt | renryu ✔Where stories live. Discover now