Bagian 2 - Sebuah Rencana

3.1K 129 13
                                    

Kamu harus bisa membedakan yang mana orang yang mencintaimu dengan tulus,
dan orang yang cuman mau menguasaimu.


Kriiiitt...

Pintu kamarku tiba-tiba terbuka pelan. Aku yang sedang rebahan sembari asik nonton film horor Nenek Gayung di laptop pun sontak kaget dan berteriak histeris. Buru-buru aku menimbun seluruh badanku pakai selimut. Aku ketakutan sambil membayangkan hantu di film yang sedang aku tonton itu yang membuka pintu kamarku apalagi setelah pintu kamarku terbuka, semerbak wangi pandan tercium.

"J-jangan mendekat! Aku hafal ayat kursi!" teriakku.

"Anin kira Mama kada hafal ayat kursi jua kah?!" itu terdengar kayak suara Mama, perlahan aku buka selimut dan ternyata itu emang Mama yang membawa kue bolu pandan yang baru matang.
(Kamu kira Mama gak hafal ayat kursi juga?!)

"Ya Allah, Mama, kalo mau masuk ketok dulu kek, Anin kira hantu! Mana ini malam jumat, bau pandan lagi!" kataku rada kesal.

Mama menengok ke arah laptopku lalu mengomel, "Makanya amun kada wani lawan hantu jangan menonton yang kaya itu!"
(Makanya kalo gak berani sama hantu jangan nonton yang begituan, dong!)

"Ya, maaf, kayapa pang amun kada ditonton meolah penasaran. Jar Kania filmnya rami." Mama akhirnya hanya bisa menggeleng dan kemudian duduk di pinggir kasurku sambil menyodorkan kue bolu pandan yang dibawakannya untukku. Aku kemudian memakannya dengan lahap.

(Ya, maaf. Abisnya kalo gak ditonton penasaran. Soalnya Kania bilang filmnya seru.)

"Ada yang handak Mama pander akan lawan Anin nah," kata Mama setelah aku selesai makan kue.
(Ada yang mau Mama omongin sama Anin nih,)

"Apa tuh, Ma?"

"Anin sekarang lagi liburan lo karna sudah Ujian Nasional SMP, habis tu jua sudah berhasil masuk ke SMA impian, jadi Mama ada hadiah gasan Anin yang sudah kerja keras belajar selama ini. Rencananya Mama mau meajaki Anin ke luar kota beduaan. Kaya apa, mau lah?" tanya Mama padaku.

(Anin kan sekarang lagi liburan setelah selesai Ujian Nasional SMP, terus juga udah berhasil masuk ke SMA impian, jadi Mama ada hadiah buat Anin yang udah kerja keras belajar selama ini. Mama mau ajak Anin ke luar kota berduaan aja. Gimana, mau gak?)

"Tumbennya ai. Papa lawan Lilis kada umpat jua kah, Ma?" Aku keheranan karena biasanya kami selalu liburan sekeluarga.
(Tumben banget, nih. Emang Papa sama Mbok Lilis gak ikutan juga, Ma?)

*Lilis adalah sebutan untuk meledek Kakakku, Alisa.

"Papa sama Kak Lisa ke Malang, soalnya Kak Lisa daftar ulang kampusnya jadi mereka jalan-jalan sambil nyari tempat tinggal buat Kak Lisa."

"Kita nih handak ke mana gerang?"
(Emang kita mau ke mana?)

"Ke Sumatera Barat." Mama menarik nafas sejenak untuk memberi penjelasan lebih detail.

"Anin ingatlah waktu Mama perjalanan dinas ke Sumatera Barat dulu tuh? Pas Mama ke sana, banyak banar tempat wisata menarik lawan makanan nyaman. Jadi Mama langsung teingat Anindia yang ketuju bejalanan dan tukang makan. Nah, Mama akhirnya handak membawai Anin liburan ke Sumatera Barat aja karna menurut Mama itu tempat yang pas gasan hadiah. Anin belum pernah ke sana jua lo,"

(Kamu inget gak waktu Mama perjalanan dinas ke Sumatera Barat beberapa waktu lalu? Pas Mama ke sana, banyak banget tempat wisata menarik dan makanan enak. Jadi Mama langsung keinget Anindia yang suka jalan-jalan dan situkang makan. Nah, Mama akhirnya mau bawa Anin liburan ke Sumatera Barat aja karena menurut Mama itu tempat yang tepat buat hadiah. Anin, kan, juga belum pernah kesana,)

Mendengar itu jelas saja aku langsung semangat, "Wahh... bujuran kah ni, Ma? Oke Ma, kita ke Sumbar aja! Anin handak mencobai nasi padang dari Padangnya langsung!"
(Wahh... beneran nih, Ma? Oke Ma. Kita ke Sumbar aja! Anin pengen nyoba nasi padang dari Padangnya langsung!)

"Aduh ai, soal makan ja kam ni laju." Mama tertawa kecil mendengar itu.
(Aduh... soal makan aja kamu cepet.)

"Ayu ai to. Mama pesan tiketnya dulu mun kaya itu," lanjutnya. Mama pun keluar dari kamarku untuk mengambil laptopnya dan gak lama kembali masuk ke kamarku. Mama lalu memesan dua tiket keberangkatan. Karena gak ada penerbangan langsung dari Banjarmasin ke Padang, jadi harus transit dulu dari Banjarmasin ke Jakarta lalu barulah penerbangan Jakarta ke Padang. Tapi gapapa. Aku seneng karena ini pertama kalinya aku berlibur ke Sumatera Barat!
(Yaudah. Mama pesan tiketnya dulu kalo gitu,)

"Nih tiket udah dipesen Nin, keberangkatan jam 8 pagi hari minggu. Kita liburan di Sumbar dua minggu."

"La-lawasnya pang, Ma? Mama meambil cuti kah?" Aku tercengang karna dari dulu kalau liburan, paling lama cuman seminggu saja.

(La-lama banget, Ma? Mama ngambil cuti?)

"Iyalah, supaya Anin puas liburan dan kita bisa explore Sumatera Barat!"

"Makasih Mama!"Aku pun memeluk Mama sebentar.

"Lakasi packing baju. Waktu kita kada banyak nih,"
(Yuk packing baju. Waktu kita udah gak banyak nih,)

"Siaap, Ma!" Mama pun akhirnya keluar dari kamarku.

Bukannya mulai mengemas atau seenggaknya milih baju apa saja nanti yang bakalanku pakai, aku malah kembali ke kasurku yang nyaman dan ngelanjutin nonton film horor. Aku berencana untuk mengemas nanti saja. Karena hari ini masih hari kamis dan masih banyak waktu untuk menyiapkannya. Tapi, aku kepergok Mama yang tiba-tiba masuk kamar lagi dan kemudian dimarahi karena gak nepatin janjiku yang katanya bakalan mengemas baju.

"Jar tadi handak packing. Kenapa malah berabah pulang? Lakasi. Jangan menunda. Kena ngalih amun ada barang yang tetinggal!"
(Kan tadi katanya mau packing. Kok malah tiduran? Ayo cepetan. Jangan nunda-nunda. Ntar susah kalo ada barang yang ketinggalan!)

"Iya, iyaa, maaf," kataku dengan sedikit penyesalan.

Aku pun akhirnya ngambil koper dengan malas dan mulai masukin barang-barangku ke dalam koper. Bolak-balik mencari baju dan celana di lemari, mencari sepatu dan juga sendal di rak sepatu, Dan lainnya yang dirasa perlu. Aku bergegas merapikan semuanya dan berniat melanjutkan packing besok hari karena pengen ngelanjutin nonton film horor.

Tentang Kamu dan Rindu ✅Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang