18. Kedatangan Tamu tak Diundang

629 80 4
                                    

Hari ini Putri tidak masuk karena demam, sehingga Adel memutuskan untuk menjenguk temannya itu setelah pulang mengajar. Segelas minuman teh hijau kesukaan Putri juga sudah berada di genggamannya. Adel mengetuk pintu kamar Putri yang memang sudah terbuka. Perlahan ia masuk, mendapati Putri yang berada di kasur dengan selimut yang menutupi tubuhnya, tetapi terdapat ponsel di genggamannya.

            Putri menoleh dari pandangannya pada layar ponselnya. "Eh, Adel." Cewek itu tersenyum lalu meletakkan ponselnya di kasur. Adel pun berjalan mendekati Putri.

            "Gimana kabar lo? Ditanyain sama anak-anak tuh tadi. Tadi Daryl juga jadi kasih sumbangan buku. Alhamdulillah, deh."

            Putri tertawa kecil. "Jadi kangen ngajar anak-anak. Kasih ucapan makasih gue ya ke Daryl, sorry gak bisa ngomong langsung ke dia tadi."

            "Iya, udah kok. Yang penting sekarang lo istirahat aja. Yang lo rasain sekarang gimana, Put?"

            "Udah jauh mendingan kok. Udah gak begitu sakit kepala banget kalo main hape."

            "Lagian lo jangan main hape dulu, tau. Istirahat bener-bener."

            Putri terkekeh. "Iyaa, bawel. Lagian gue bosen banget dari kemaren tidur di kamar mulu. Sebenernya gue pengen ngajar hari ini, tapi Nyokap larang."

            "Iyalah. Jangan dulu. Nih, gue bawain hot green tea buat lo. Minum dulu gih."

            "Wihh, makasih Del." Perlahan Putri duduk di kasurnya, lalu menerima gelas plastik yang berisikan teh hijau kesukaannya. Melihat ponsel Putri berada di pinggir kasur dan nyaris terjatuh, Adel mengambil benda pipih itu dan meletakannya di nakas sebelah kasur Putri. Tiba-tiba ponsel Putri menyala karena ada notifikasi masuk, membuat Adel dan Putri sama-sama refleks melihat layar ponsel itu.

            Mata Adel membulat melihat nama Reno muncul di notifikasi Line di ponsel Putri. Adel menatap perempuan itu perlahan, sekaligus sedikit tidak percaya. "Lo ... chat-an sama Reno?"

            Putri menyesap teh hijau dari sedotan. "Itu bukan Reno lo, kok. I-Itu Reno sepupu gue."

            Adel memutar bola matanya. "Gak usah boong lah Put. Gue tau itu Reno temen kita."

            Putri menghela napas berat. "Iya iya. Itu Reno temen kita." Akhirnya Putri mengaku. "Dia chat gue nanya-nanyain soal lo."

            "Nanyain gue tentang apa?"

            "Ya ... kayak lo udah punya cowok atau belum, terus lagi deket sama siapa, gitu-gitu. Gue sih jawab jujur ke dia, kalo lo emang belum punya cowok, dan lo juga lagi deket sama cowok, maksud gue itu si Daryl. Tapi gue gak kasih tau namanya Daryl, sih. Sorry, ya."

            "Gak kok, gak pa-pa. Justru bagus lo jujur gitu, bilang gue lagi deket sama cowok. Biar dia gak usik-usik gue lagi."

            "Lo bener-bener gak mau buka hati ke dia lagi? Kayaknya dia udah mulai naksir sama lo, Del."

            Adel menggeleng. "Gue yang dulu statusnya sahabat dia aja, dia bisa permaluin gue ke mantannya dan ke temen-temennya. Gila, apa sahabat bisa setega itu sih? Gak kebayang kalo gue jadi ceweknya, nanti gue salah dikit, bisa disebarin ke temen-temennya." Adel mendengus. "Kalo amit-amit, gue sampe kehilangan akal, terus berbuat senonoh sama dia, bisa-bisa gue diketawain sama dia dan temen-temennya di belakang gue."

            "Mungkin waktu itu dia gak maksud permaluin lo depan temen-temennya. Dia cuma mau cerita ke mereka aja kali."

            "Gue sih gak pa-pa kalo dia ceritain ke temen-temennya, gue tau itu resiko. Sebenernya masalahnya itu kalo dia sebarin ke si mantannya itu. Udah tau Nanda orangnya kayak gitu. Tukang gosip, ngomongin orang, mulut ember, kan malu gue. Kalo dia emang wise, dia gak seharusnya sebarin ini lah ke orang-orang. Dulu gue bego, sih, percaya aja sama dia."

            Putri mengangguk. "Jadi ... lo bener-bener gak mau kasih dia kesempatan nih?"

            Adel menggeleng. "Gue cuma mau jadi temen sama dia. Gak lebih. Titik."

***

Adel berjalan ke luar rumahnya begitu mendengar bel rumahnya berbunyi. Jam sudah menunjukan pukul sebelas pagi, sesuai janji ia dengan Daryl, jam segini mereka akan mulai belajar mengemudi. Jadi Adel tahu kalau yang memencet bel itu adalah Daryl.

            Gadis itu membuka pagarnya. Senyum merekahnya memudar, wajahnya berubah heran menatap sesosok di depannya. "Reno?" tanya Adel tak percaya. "L-Lo ngapain di sini?"

            Reno tersenyum. "Mau ngajak lo jalan," jawabnya santai. "Tapi, lo ada acara ya?" tanya Reno sambil menatap pakaian Adel dari atas sampai bawah yang sangat menyatakan kalau Adel akan ada kegiatan di luar rumah.

            "Iya, nih. Lagian lo ke sini gak nge-Line gue dulu, gue jadi gak tau. Lain kali kalo ada apa-apa, Line gue dulu, Ren." Sebenarnya Adel sedikit kesal juga melihat Reno seenak-enaknya saja datang dan mengajaknya pergi. Tapi Adel mengecilkan rasa kesalnya. Reno adalah sahabat SMA-nya, yang dulu selalu menolongnya saat susah, yang selalu ada untuknya ketika dibutuhkan.

            "Sorry, deh. Lo mau ke mana emang? Biar gue anter, deh." Ternyata, Reno masih memaksa, kawan-kawan.

            "Gue cuma mau belajar nyetir sih di rumah."

            Reno mengangguk. "Kalo kita jalan pas malem gimana? Lo bisa?"

            Daryl pun tiba dengan motornya. Tetapi ia tidak berhenti persis di depan rumah Adel. Melihat Adel berbincang dengan seorang lelaki yang tidak ia kenal, membuatnya berhenti sedikit jauh dari rumah Adel, namun sambil memperhatikan mereka dan sedikit mendengar perbincangan mereka.

            "Malem ini gue juga gak bisa... soalnya mau makan sama keluarga." Adel menyengir.

            "Oalah, makan sama keluarga." Reno tampak berpikir bagaimana cara agar ia bisa menghabiskan waktu bersama Adel. "Kalo besok lo kosong gak? Gue pengen banget jalan sama lo, nih. Emangnya lo gak kangen sama gue?"

            Iya, gue kangen Reno yang dulu. "Hmm, gue ngajar sih sampe jam satu."

            "Ya udah, pulang gue jemput sekalian kita jalan, gimana?"

            Please Del, jangan mau Del, batin Daryl sambil sedikit takut juga dengan jawab Adel nantinya.

            Kalo perginya besok, apa gue ajak Putri sekalian, ya? Daripada harus berdua doang sama Reno ... nanti gue baper, lagi. "Ya udah kalo gitu, gue mau."

            Daryl langsung berubah lesu detik itu juga, sementara Reno tampak senang. Kenapa harus mau sih Del? Atau mereka emang udah deket dari sebelumnya, ya? Apa Adel sukanya sama cowok itu?

            "Oke deh Del. Nanti kabar-kabarin lagi aja ya lewat chat. Sorry ganggu lo tiba-tiba kayak gini."

            Adel terkekeh. "Gak apa-apa, kok. Tapi lain kali Line aja ya sebelum ke sini, daripada nanti lo nya yang rugi karena ke sini gak dapet apa-apa."

            "Hehe iya. Ya udah, gue balik deh kalo gitu. Semangat belajar nyetirnya ya Del."

            "Iya, Ren. Thank you ya. Hati-hati di jalan." Reno tersenyum lalu masuk ke dalam mobil. Begitu mobil Reno melaju, Daryl langsung melajukan motornya ke rumah Adel. Baru saja Adel ingin masuk ke dalam rumah, mendengar klakson Daryl, Adel langsung berhenti melangkah.

            Wajah Adel langsung berubah sumringah begitu Daryl datang, berbeda saat dengan Reno tadi. Hanya saja Daryl tidak menyadarinya.

            "Eh pas banget," ujar Adel. "Ya udah, langsung belajar sekarang aja, ya?"

            Daryl tersenyum. Ini adalah senyum terberat Daryl selama mengenal Adel. "Oke."

****

minta vommentnya yaa hehe makasih:)

Untold FeelingsWhere stories live. Discover now