7. Berkelahi

814 107 13
                                    

           

Adel kini sedang berdiskusi dengan Mamanya tentang hasil obrolan ia dan Putri di kafe kemarin. Lagi-lagi, Mama tidak setuju dengan ide Adel dan Putri yang rencananya akan jualan kue sebagai modal tambahan mereka mengajar. Adel hanya dapat mendengus pasrah mendengar celotehan Mamanya.

            "Sekarang gini, kamu mau bisnis kue, emangnya kamu bisa buat kue? Pangsa pasar kamu siapa? Apa yang mau kamu buat supaya orang-orang beli kue kamu, bukan ke pesaing?"

            Adel merasa semakin kecil dengan pertanyaan-pertanyaan Mamanya. Dari ketiga pertanyaan itu, tidak ada satupun yang bisa ia jawab dengan mantap. "Y-Ya Mama kan bisa ajarin aku sama Putri buat kue."

            "Adel, Mama sama sekali gak keberatan buat ajarin kamu bikin kue. Tapi kalo untuk bisnis, Mama gak setuju. Bukannya untung, malah rugi, Adel. Kamu bisa aja gak balik modal. Kamu tahu kan bisnis itu perlu waktu lama."

            "Kok Mama malah patahin semangat Adel, sih?"

            "This is the real life, not a fantasy, Adel. Justru Mama mau ngehindarin kamu dari hal-hal yang ujung-ujungnya nambah beban pikiran kamu sendiri. Sekarang lagi nggak Lebaran atau Natal, siapa yang mau beli kue kering?"

            Iya juga, sih. Akhirnya Adel mengalah juga. "Terus gimana dong Ma? Aku juga bingung dapet duit darimana lagi buat kasih anak-anak itu hadiah kecil-kecilan."

            "Ya nggak usah kasih hadiah, lah, susah amat. Kamu ngajar mereka for free udah baik lho, Adel."

            Adel mendengus. Hati Mamanya memang tidak mudah untuk luluh seperti milik Adel. Sepertinya sulit untuk bicarakan hal ini dengan Mama.

            "Ya udah, Mama mau beres-beres dulu. Kamu udah beresin kamar kamu?"

            "Belum. Baru juga bangun."

            "Jangan banyak alasan. Abis sarapan, langsung beresin kamar, ya."

            "Ya...," ucap Adel malas. Mama pun beranjak meninggalkan Adel. Adel menatap buku Bunga Rampai yang tergeletak di meja. Mama selalu baca buku untuk naikin performa kerja dia.

            Seketika Adel tersenyum, kenapa aku gak beli buku yang membahas binis kecil-kecilan? Pasti buku selalu kasih jalan keluar, kan?

--

Setelah meminta uang ke Mama untuk menggantikan uangnya membeli buku Siapkah Saya Menjadi Guru SD Revolusioner? beberapa hari lalu, kini uang itu digunakan Adel untuk membeli buku yang ia butuhkan. Tidak peduli jika uangnya habis, ia harus melakukan ini.

            Ia kini sudah berada di Booktopia. Sedang membaca-baca sinopsis buku bisnis yang berdiri berjejer di hadapannya, konsentrasi membacanya terganggu akibat suara lengkingan seorang wanita di rak sebelah. Mata Adel membelalak kaget. Tak hanya berteriak, cewek itu juga memaki seseorang.

            "Mas tuh gimana, sih?! Harusnya lebih hati-hati dong! Kalo kenapa-napa sama kepala saya, gimana? Gaji Mas gak bakal bisa nutupin biaya rumah sakitnya, tau!"

            Adel menghampiri sumber keributan. Tampak Daryl sedang dimarahi oleh perempuan akibat ulahnya sendiri.

            "M-Maaf, kak. Saya bener-bener gak sengaja. Saya gak ada maksud bikin kepala kakak kejatohan buku, kok."

            "Maaf, maaf ... emang maaf aja bisa bikin sakit di kepala saya ilang?!"

            Daryl menelan ludahnya. "E-Enggak, sih. Tapi, cuma itu yang bisa saya lakuin. Saya bener-bener minta maaf, kak."

Untold FeelingsUnde poveștirile trăiesc. Descoperă acum