SEQUEL HAIFA ON PROCESS

By ariskakhurnia

5.1M 350K 15.4K

ADA SEQUEL HAIFA BACA YUK! [TELAH TERSEDIA DI GRAMEDIA DAN TOKO BUKU LAINNYA] BLURB VERSI WATTPAD Di balik bu... More

Prolog
Haifa Saqeenarava
Akbar Arvinio Rajendra
Satu
Dua
Tiga
Empat
Lima
Enam
Tujuh
Delapan
Sembilan
Sepuluh
Chatting
Sebelas
Dua Belas
Tiga Belas
Empat Belas
Lima Belas
Enam Belas
Tujuh Belas
Delapan Belas
Sembilan Belas
Dua Puluh
Dua Puluh Satu
Dua Puluh Dua
Dua Puluh Tiga
Dua Puluh Empat
Dua Puluh Lima
Dua Puluh Enam
Dua Puluh Tujuh
Dua Puluh Delapan
Dua Puluh Sembilan
Tiga Puluh
Tiga Puluh Satu
Tiga Puluh Dua
Preview | Tiga Puluh Tiga
Tiga Puluh Tiga
GIVEAWAY ARESHA
Tiga Puluh Empat
Tiga Puluh Lima
Tiga Puluh Enam
Tiga Puluh Tujuh
Tiga Puluh Delapan
Tiga Puluh Sembilan
Empat Puluh
Empat Puluh Satu
Empat Puluh Dua
Empat Puluh Tiga
Empat Puluh Empat
Empat Puluh Lima (A)
Empat Puluh Lima (B) - END
Epilog
HAIFA Versi Cetak
Extra Chapter
Novel HAIFA Awal Maret
HAIFA Segera Terbit
VOTE COVER
PRE ORDER HAIFA
PRE ORDER Halal Bersama Arselia
SEQUEL HAIFA HADIR!
01. Delapan Tahun Denganmu
02. Dinner Impian
03. Cerita Hafshah

Sumber Rujukan

59.9K 2.5K 115
By ariskakhurnia

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iya, ini memang bukan up. Tapi nanti malam insyaAllaah akan up lagi.

Semoga masih ada yang bersedia membaca, sebentar saja karena ini bahkan tidak lebih panjang daripada ceritanya sendiri.

Sesekali bahkan seharusnya kita harus lebih banyak mempelajari ilmu agama 'kan?

Jangan sampai hanya karena cerita fiksi menjadikan kita lalai.

____



Mengingat cerita yang saya tulis, banyak sekali hadits yang saya cantumkan, kemungkinan sebagian atau banyak di antaranya kadang kala berbeda dengan yang diketahui oleh pembaca sebelumnya. Jadi, izinkan saya membagi sumber yang saya selalu gunakan agar tidak terjadi kesalahpahaman apalagi terkesan menggurui.

Karena ada beberapa yang sudah mengatakan, nanti akan saya share pada bagian yang paling bawah.

Meskipun ini hanya cerita fiksi, tetapi jika sudah menyangkut hadits, dan lain-lain tentu tidak boleh fiksi pula 'kan? Jadi sebelum saya bagikan, tentu akan saya pelajari terlebih dahulu kebenarannya. Karena setiap apa yang kita bagikan akan dimintai pertanggung jawaban.

Saya mengambil sumber berdasarkan manhaj salaf. Manhaj adalah metode, tata cara, atau sebuah jalan yang lurus.

Syaikh Doktor Nashir bin Abdul Karim Al 'Aql mengatakan, "Salaf adalah generasi awal umat ini, yaitu para sahabat, tabi'in dan para imam pembawa petunjuk pada tiga kurun yang mendapatkan keutamaan (sahabat, tabi'in dan tabi'ut tabi'in, -red). Dan setiap orang yang meneladani dan berjalan di atas manhaj mereka di sepanjang masa disebut sebagai salafi sebagai bentuk penisbatan terhadap mereka." (Mujmal Ushul Ahlis Sunnah wal Jama'ah fil 'Aqidah, hal. 5-6).

Tentunya berdasar pada Al-Qur'an dan Sunnah menurut pemahaman salafush shalih. Sesuai dengan yang dikatakan oleh Al Qalsyani dalam kitabnya Tahrirul Maqalah min Syarhih Risalah, "Adapun Salafush shalih, mereka itu adalah generasi awal (Islam) yang mendalam ilmunya serta meniti jalan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan senantiasa menjaga Sunnah beliau. Allah ta'ala telah memilih mereka untuk menemani Nabi-Nya dan menegakkan agama-Nya.

Para imam umat ini pun merasa ridha kepada mereka. Mereka telah berjihad di jalan Allah dengan penuh kesungguhan. Mereka kerahkan daya upaya mereka untuk menasihati umat dan memberikan kemanfaatan bagi mereka. Mereka juga mengorbankan diri demi menggapai keridhaan Allah..."

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sebaik-baik orang adalah di jamanku (sahabat), kemudian orang sesudah mereka (tabi'in) dan kemudian orang sesudah mereka (tabi'ut tabi'in)." (HR. Bukhari dan Muslim)


  وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ  

"Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar." (QS. At Taubah: 100).

Di dalam ayat ini Allah memuji tiga golongan manusia yaitu: kaum Muhajirin, kaum Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik. Maka kita katakan bahwa Muhajirin dan Anshar itulah generasi salafsuh shalih. Sedangkan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik itulah yang disebut sebagai salafi.

Al Ustadz Abdul Hakim Abdat hafizhahullah mengatakan, "Ayat yang mulia ini merupakan sebesar-besar ayat yang menjelaskan kepada kita pujian dan keridhaan Allah kepada para Shahabat radhiyallahu 'anhum. Bahwa Allah 'azza wa jalla telah ridha kepada para Shahabat dan mereka pun ridha kepada Allah 'azza wa jalla. Dan Allah 'azza wa jalla juga meridhai orang-orang yang mengikuti perjalanan para Shahabat dari tabi'in, tabi'ut tabi'in dan setrusnya dari orang alim sampai orang awam di timur dan di barat bumi sampai hari ini. Mafhum-nya, mereka yang tidak mengikuti perjalanan para Shahabat, apalagi sampai mengkafirkannya, maka mereka tidak akan mendapatkan keridhaan Allah subhanahu wa ta'ala." (Al Masaa'il jilid 3, hal. 74).

Mungkin kita semua sudah tahu—terbukti dari banyaknya kejadian yang beredar—kalau tidak semua ustadz itu bisa kita ambil ilmunya. Ini bukan berarti bahwa saya sudah benar dan paham ilmu agama, tetapi karena belum paham dan karena keterbatasan itu saya—kita—juga harus pandai memilah kepada siapa kita mengambil ilmu agar tidak salah jalan.

Contohnya seperti ini, saya mengatakan bahwa musik itu haram. Tetapi ada yang berpendapat kalau musik halal jika dengan niat begini, begitu, menurut ustadz tersebut. Itu berarti saya tidak mengambil ilmu dari beliau.

Allahu musta'an...

Semoga kita tidak menghalalkan apa yang diharamkan, apalagi jika dengan alasan "Tetapi dengan niat begini 'kan baik."

Tidak perlu mencari-cari alasan. Jika masih demikian, tata kembali niat kita. Ingat sekali lagi sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang disebutkan oleh salah seorang sahabat,

  إِنَّكَ لَنْ تَدَعَ شَيْئاً لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ بَدَّلَكَ اللَّهُ بِهِ مَا هُوَ خَيْرٌ لَكَ مِنْهُ

"Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik." (HR. Ahmad 5: 363. Syaikh Syu'aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Syaikh Salim bin 'Ied Al Hilali berkata bahwa sanad hadits ini shahih. Adapun tidak disebutnya nama sahabat tetap tidak mencacati hadits tersebut karena seluruh sahabat itu 'udul yaitu baik)



Tetap ditegur, diingatkan jika memang saya keliru dengan tutur kata yang sopan dengan sumber yang shahih atau dipercayai kebenarannya.

Sampai di sini jika memang tidak menyukai apa yang saya sampaikan, sekiranya boleh untuk tidak meneruskan membaca cerita saya.

Terkadang saya ingin berhenti menulis karena takut apa yang saya tulis tidak membawa manfaat mengingat ini hanya fiksi, tidak nyata. Bukan kisah Rasulullah dan para sahabat atau Aisyah, Khadijah, Fatimah, dan lain-lain yang bisa diambil ilmunya.



Yang ingin bertanya lebih lanjut mengenai hal ini, atau meminta rekomendasi ustadz sunnah (salaf) boleh sekali, bisa inbox wattpad atau instagram.

Sekali lagi, manhaj salaf itu bukan suatu sekte, golongan, atau aliran, melainkan tata cara beribadah yang mengikuti sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Jazakumullah khairan katsiran wa jazakumullah ahsanal jaza







Baca lebih lanjut  https://muslim.or.id/430-mari-mengenal-manhaj-salaf.html

Continue Reading

You'll Also Like

304K 16K 57
Ameera si gadis dingin yang hidupnya tidak ingin diusik. Namun, Raditya si komandan paskibra sekolah yang murah senyum selalu saja mendekati Ameera m...
3.1M 344K 44
Teenfict-Romance-Religi âš BAPER STORYâš  Namanya Ikhwan. Laki-laki itu berbeda, selalu terlihat sangat sederhana dan tidak banyak gaya seperti remaja za...
103K 3.7K 40
Siapa yang tidak kenal dengan Ice prince nya sma gemilang jaya, yang tampan, pintar, di idami semua kaum hawa, ketua basket, dan ketua geng hunter ya...
3.4M 40.1K 11
[Anugrah Dari Allah] Judul sebelumnya. Dia, yang saat ini sedang tumbuh di dalam diriku tidaklah salah. Dia, yang menjadi semangatku. Dia, yang me...