Twenty Five

2.5K 110 0
                                    

Hari Rabu.

Belasan mobil jeep terlihat sudah menunggu di depan pintu masuk hotel. 250 murid Olympus High School kelas 10 sudah siap dengan tas ransel besar yang terlihat berat nan padat di punggung masing-masing. Mereka mengenakan baju lengan panjang dan celana panjang berwarna gelap sekaligus sepatu trekking khusus mendaki ataupun sandal gunung. Beberapa ada juga yang mengenakan jaket mereka dan topi maupun beanie.

Setelah ketua pelaksana Tour Week dan salah satu agen wisata Gunung Semeru memberikan sedikit instruksi, rombongan Tour Week kelas 10 pun melakukan doa bersama demi lancarnya perjalanan wisata mereka menurut agama dan keyakinan masing-masing. Beberapa menit kemudian, satu-persatu murid-murid itu pun menaiki mobil jeep yang tersedia, lantas meluncur menuju lokasi wisata mereka yang sesungguhnya; Desa Wisata Ranu Pane di kawasan kaki Gunung Semeru.

********************

Setelah 3 jam perjalanan, akhirnya rombongan Tour Week kelas 10 pun tiba di Desa Ranu Pane di kawasan kaki Gunung Semeru. Cuaca sejuk menyambut kedatangan mereka. Mereka segera berbaris rapi di lapangan yang cukup luas yang dikelilingi oleh pepohonan dan beberapa rumah. Salah satu agen wisata Gunung Semeru berusia kira-kira 30 tahunan bernama Doni, memberitahu beberapa pengumuman, seperti peraturan-peraturan main selama mereka berada di homestay Desa Ranu Pane ini dan jadwal pendakian.

For your information, Desa Ranu Pane terletak di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Desa ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Dari tempat ini, kita bisa melihat Gunung Semeru yang berdiri megah dengan kaldera di sekitar kawah dan menjadi salah satu tempat favorit bagi pencinta pendakian ke Gunung Semeru karena Ranu Pane merupakan salah satu lokasi transit trekking pendakian ke Ranu Kumbolo dan jalur hiking ke Gunung Semeru. Bisa dikatakan jalur melalui Ranu Pane ini adalah jalur yang paling aman untuk dilalui dan merupakan jalur eksplorasi. Di sepanjang jalur ini kita bisa menikmati indahnya padang rumput Ranu Pane yang masih sangat liar dan indah.

"Kita akan bermalam di homestay sampai besok. Esok harinya pukul 8 pagi setelah sarapan dan bersiap-siap, kita semua akan melakukan pendakian pertama menuju Ranu Kumbolo yang merupakan transit sementara sebelum ke Kalimati, Arcopodo, dan yang terakhir, Puncak Mahameru. Perjalanan ke sana bisa memakan waktu selama 4 jam berjalan kaki. Nanti juga kita akan berhenti di setiap pos yang sudah disiapkan untuk beristirahat sejenak. Ada 4 pos yang akan menunggu kita selama perjalanan menuju Ranu Kumbolo nanti. Persiapkan mental dan fisik kalian, Anak-anak! Pendakian ini tidak main-main. Walaupun kalian mengunjungi wisata Gunung Semeru untuk berlibur, namun kalian akan mendapatkan banyak sekali pelajaran dan pengalaman dari wisata ini. Mengerti?"

"Siap, mengerti!" anak-anak menjawab serempak. Mereka mendengarkan pengarahan dari Doni dengan antusias.

"Bagus. Nanti saat di Ranu Kumbolo, kalian akan beristirahat sekaligus berkemah dan bermalam di sana. Jangan mengambil apapun yang kalian temukan selama perjalanan! Patuhi instruksi dan perintah dengan baik, jangan terlepas dari barisan dan rombongan. Ah, satu lagi, dilarang menggunakan celana jeans selama pendakian. Mengerti?"

"Siap, mengerti!" lagi-lagi anak-anak menjawab serempak, begitu pula beberapa guru yang ikut dalam pendakian, yang bertugas menjaga dan memantau seluruh kegiatan murid-muridnya.

"Baiklah kalau begitu. Setelah ini kalian langsung masuk ke homestay masing-masing dan memakan makan siang kalian yang sudah disiapkan di sana. Setiap homestay terdapat seorang guru dan seorang agen wisata, termasuk saya. Untuk nomor rumahnya dan letak di mana homestay kalian berada, bisa dilihat di selebaran yang tadi rekan saya berikan sebelum perjalanan ke sini. Selebaran itu penting, berisi peraturan-peraturan selama pendakian, apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peta yang menggambarkan Gunung Semeru dan lokasi-lokasi peristirahatannya, dan langkah-langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan jika tiba-tiba saja terjadi sesuatu yang darurat. Barisan dibubarkan!"

EXNơi câu chuyện tồn tại. Hãy khám phá bây giờ