Saat Takdir Berkata

198 7 1
                                    

Ketahuilah, kita hidup sesuai dengan rencana Allah, maka tatkala rencana kita tak sesuai rencana-Nya, ikhlaslah!

Kita boleh saja berkata bahwa kita kecewa dan tidak menyukainya, tapi apapun itu tetaplah sadar bahwa Allah selalu tahu yang terbaik untuk kita.

Maka, meski nasib tidak bisa diduga, takdir tak bisa dirubah, sadarlah kita masih punya doa yang bisa memperbaiki segalanya.

Dan benar adanya, mungkin kita memang tidak bisa menolak ketetapan Allah, kita tidak berdaya saat Allah telah menetapkan hal lain yang sama sekali tidak kita inginkan.

Tetapi sadarlah! kita masih bisa berdoa kepada-Nya, kita masih bisa meminta untuk tetap baik-baik saja dalam ketetapan-Nya lewat doa-doa kita.

Atau mungkin kita tidak berdaya saat Allah mentakdirkan suatu hal yang paling tidak kita senangi kehadirannya, karena bagaimanapun kita memang tidak bisa menebak dan memilih untuk selalu hidup baik-baik saja selamanya.

Tetapi lewat doa, lewat sujud panjang kita bisa meminta yang terbaik kepada Allah, agar hati tetap tenang dan legowo menerima takdir-Nya.

Kita memang tidak akan pernah bisa merubah keputusan Allah, tetapi dengan terus berdoa, terus meminta, dan terus memohon yang terbaik, maka pasti kita akan bisa mengubah yang sulit menjadi mudah.

Dengan terus berdoa, kita bisa lapang hati menerima setiap keputusan Allah, meski awalnya kita akan merasa sangat tersiksa.

Dan iya, kita memang tidak akan bisa merubah nasib yang telah Allah tetapkan dalam kehidupan kita, tetapi dengan doa yang selalu dipanjatkan dengan tulus maka pasti akhirnya kita akan lapang menerima segalanya.

Tidak peduli nasib kita sedang beruntung atau tidak, jika kita mampu mengandalkan doa tentu semuanya akan mampu membuat kita tenang tanpa merasa ada beban sedikitpun.

Karena seperti apapun keadaan kita, seperti apapun rencana Allah untuk hidup kita, semuanya akan dapat kita terima dengan bijaksana tatkala kita menjadikan doa penguat disetiap renyuh hati yang kita alami.

Dan disaat Allah tiba-tiba menghadapkan kita pada kesulitan hidup, tentu hati akan bertanya “kenapa hal ini harus terjadi?”, tapi tanpa ditanya pun pada akhirnya kita akan mengerti mengapa Allah takdirkan hal demikian dalam hidup ini.

Kapan? ketika kita mampu percaya dan yakin akan kepada-Nya. Oleh sebab itu siapapun kamu saat ini yang masih bingung dengan keadaan yang sedang terjadi dalam hidupmu, percayalah Allah punya rencana yang indah untukmu nanti.

Dan yang harus kamu lakukan saat ini agar tidak selalu mengeluh adalah dekap percayamu dalam hati, bahwa Allah akan selalu memberi yang terbaik dalam hidupmu.

Maka seberat apapun hidup yang kamu jalani saat ini, sungguh menguji hati atau pikiran, tetap terimalah ia dengan penuh rasa yakin bahwa kamu akan mampu melewati itu semua.

Jangan pernah lemah dan takut, karena sejatinya Allah tidak akan pernah meninggalkanmu, Dia akan selalu ada saat kamu membutuhkan-Nya, dan Dia akan selalu menolongmu tidak peduli dalam situasi dan kondisi apapun selagi kamu masih yakin akan kuasa-Nya.

Kamu pula harus tahu, semua orang itu memang pasti Allah uji, tapi tentu ujian yang datang kepadanya pun berbeda, sebab kebaikan yang Allah persiapkan untuknya nanti tidak akan sama.

Lantas, bila saat ini kamu merasa bahwa ujianmu sangat berat, membuatmu tidak berdaya, dan seakan hilang semangat hidup, maka percayalah kebaikan yang Allah sediakan pun pasti akan setimpal dengan kesulitan yang kamu alami.

Karenanya, yakin saja sama Allah, yakin saja pada setiap yang diputuskan-Nya dalam hidupmu, dan bila memang ujian yang Allah berikan dalam hidupmu berat atau sangatlah berat, maka artinya Allah percaya bahwa kamu orang yang hebat dan mampu melewati itu semua.

Ketahuilah, ujian paling hebat hanya Allah datangkan kepada orang yang hebat, kepada orang yang Allah pandang mampu, kepada orang yang Allah lihat bisa melaluinya dengan baik, maka tentang kesulitan atau masalah yang kamu dadapi berhusnuddzan saja kepada Allah tiada henti.

Jangan pernah kamu getir atau pun lemah, kamu harus percaya bahwa kamu mampu, kamu harus percaya bahwa kini Allah tengah mengujimu hanya untuk memberimu kemulian hidup.

Karena bila kamu terus berpikir positif, dan hatimu tidak lepas untuk terus berbaik sangka kepada-Nya, maka sesulit apapun keadaan pasti tidak akan pernah menyulitkanmu.

@zharia_zh🌼
#Niarprananta

Hijrah Cinta Sang Akhwat FillahWhere stories live. Discover now