Berbuatlah Baik Karena Allah

74 1 0
                                    

Jangan terlalu baik.
Begitu kata mereka, "Mereka cuma datang saat butuh. Nanti kamu dimanfaatkan," sambung mereka. Sebelum kamu mengangguk setuju, aku ingin bilang sesuatu.
.
.
You, do you.
Tetaplah berbuat baik. Tetapi, kali ini, dengan prinsip yang baru. Tidak lagi kamu berbuat baik karena peduli. Well, that's a factors, tetapi jangan jadi motif utama. Karena, dulu, kamu pernah begitu peduli. Dan, atas dasar itu, kamu berbuat baik. Tetapi, seiring waktu berlalu, kamu dicampakkan.
.
.
Tidak lagi kamu berbuat baik karena rasa sayang. Well, that, too, is a factor, tetapi jangan jadi motif utama. Karena, dulu, kamu pernah menyayangi seseorang. Dan, atas dasar itu, kamu berbuat baik untuknya. Tak peduli salah atau benar, kamu ikuti maunya. Karena takut ditinggalkan. Dan, seiring waktu berlalu, kamu...ya, ditinggalkan.
.
.
Memang hati ini selalu mengharapkan balasan. Tak ada balasan, tak ada motivasi. Manusiawi. Mengharapkan balasan adalah lumrah. Maka, haraplah balasan dari yang lebih pasti, daripada balasan-balasan manusia yang tak pernah sesuai. .
.
Kali ini, kamu, berbuat baiklah karena mengharapkan kasih sayang Allah;berbuat baiklah karena mengharapkan pahala dari Allah;berbuat baiklah karena mengharap surga. Dan berbuat baiklah kepada orang-orang yang memang layak diperlakukan baik. Somehow, our hearts know who deserves it. Jangan lupa : niat yang benar, cara yang benar. .
.
Biar hati ini tenang. Dan, setiap kali hendak melakukan kebaikan, akan ada suara-suara dalam kepalamu, yang merayumu dengan imaji-imaji balasan baik dari manusia. Maka, senantiasa ingatkan hatimu, "Ini untuk Allah. Tidak aku harapkan balasan darinya, melainkan balasan dari Allah semata. Dan, mudah-mudahan Allah menerima kebaikanku ini." You 'll feel something. 😊

@zharia_senja
#rindusenja🍁

Hijrah Cinta Sang Akhwat FillahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang