🌤05. pandangannya tentang sekarang

5.2K 860 82
                                    

aku tau kalo aku sedang di proses memindahkan perasaan dari orang lama yang bahkan kehidupannya sekarang udah gapernah lewat lagi di kehidupan aku. tapi nyatanya, sering aku bilang kalo manusia itu cuma bisa berencana. selebihnya, apalagi soal perasaanㅡaku bahkan gabisa janji sama perasaan aku sendiri.

juga haechan. aku tau dia tipikal anak yang bodo amat dan ngeselin mulu, tapi aku bisa liat kalo dia juga sama seperti aku. yang membuat aku menarik perkataan aku kalo cowok emang gampang untuk pindah hatiㅡudah ga berlaku lagi begitu aku tau hal lain soal haechan.

aku gapernah tau masalah dia sama somi. tapi dari hasil pengamatan aku, kayanya proses mereka putus itu berat deh. bisa aku liat kalo haechan suka ngelirik somi yang ada di kantin bersama aku. kemudian dia membuang muka, dan sedikit menghela nafas berat.

haechan, emang susah kan? gapapa, sama kok.

itu juga sama buat aku. sekolah jadi tempat termales aku untuk saat ini, apalagi karena kemungkinan aku ketemu jaemin itu adalah besar banget. dia bisa ada di lorong kelas, parkiran, kantin, lapangan, perpustakaan, atau bahkan cuma duduk duduk iseng di kursi taman.

itu masalahnya. aku gabisa kalo lagi jalan liat dia lagi ketawa, kemudian ketawanya berhenti padahal aku juga ga mau ambil pusing soal dia. atau kalo aku lagi berdiri dan dia mau lewat, dia bahkan rela narik jeno atau hyunjin buat puter arah.

yang harusnya jaga jarak itu siapa sih?

padahal, aku udah lupa soal semua permasalahan kita hari itu. aku angggep kita berteman seperti biasa, tapi ga bisa ya?

haechan ga komentar soal itu. aku juga ga komentar soal masalah haechan. yang jadi topik disini itu adalah cara aku dan haechan buat ga membahas itu di antara kita, berteman seperti anak lainnya dan belajar yang bener.

jadi, singkatnyaㅡgunanya aku atau haechan bagi satu sama lain itu apa?

ini mirip sama pertanyaan herin waktu itu. dia tibatiba nyamperin aku yang lagi minum teh kotak di ambang pintu kelas. sambil nyender ke dinding, dia ngasih sebuah pertanyaan untuk aku.

"lo sama haechan ada hubungan apa sih?" yang sukses membuat aku melotot, karena pengucapan nama haechannya tuh kenceng bangetㅡsampe membuat somi yang lagi ngecharger hp di deket meja guru pun menoleh.

aku ga jawab pertanyaan itu, melainkan langsung narik herin keluar. sambil melirik ke dalem kelas, aku marahin dia.

"lo gausah bawa bawa nama haechan. nanti kalo somi komentar gimana?"

"ya maka dari itu, lo kasih keterangan. lo ada hubungan apa sama haechan? dengan atau enggaknya gue nyebut nama haechan, kalo gue adalah somi pasti gue nanya lah kalo liat lo sama haechan pulang bareng terus!" jawab herin santai. yang tentunya membuat aku memijit pelipis, terus mendorong dia buat masuk ke kelas lagi.

kayanya pertanyaan itu ga seharusnya dilontarin. karena emang ga ada jawabannya, ga ada penjelasannya. emangnya kalo cewek sama cowok suka ketemu, ngobrol dan bareng terusㅡitu bisa disebut kata lain selain temenan? pacaran gitu?

aku mendengus. udah seminggu aku mikirin beginian dan emang gapernah ada ujungnya. aku menutup buku bacaan yang aku baca barusan, kemudian aku simpen di rak.

sekarang aku lagi di perpustakaan kota. tadi bel pulang tuh jam 2 karena mata pelajaran terakhir gurunya izin ada keperluan. makanya aku kesini, sendirian karena emang lagi pengen.

udah jam 4 sore. alias udah 2 jam aku diem disini dengan berkedok baca buku dan mengambil buku sastra sebagai tiket buat aku duduk di bangku ini. aku akhirnya pergi keluar dari bangunan ini, kemudian sedikit berjalan menuju halte.

Rumah #2 (SEGERA TERBIT)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang