13. Lebar(an)

109 14 0
                                    

Hal terbaik untuk memudahkan hidup kita dimulai dengan memaafkan diri sendiri atas nafsu, dan memaafkan oranglain atas kesalahannya.

-wominky-

-oOo-

Tak terasa hari silih berganti kini umat muslim sudah menikmati malam kemenangan, sudah masuk bulan syawal sejak maghrib tadi.

Besok semua umat akan menikmati hari kemenangan dengan tradisi masing-masing. Ada yang bercengkrama dengan saudara jauh, ada yang mudik, ada juga yang merayakannya dengan tetangga.

Dirumah Jasmine ada sebuah tradisi setelah melaksanakan sholat ied yaitu saling sungkem kepada yang lebih tua.

Pertama sang Mama yang sungkem pada ayah, lalu sang kakak yang sungkem pada kedua orangtuanya itu. Lalu jasmine sungkem kepada ketiga orang itu.

Mereka saling memaafkan dan memberi nasihat, sesekali terdengar suara mamanya yang parau, dan suara sang kakak yang mencoba tegar.

Namun sedikit ada canda karena ulah ayahnya. Acara pertama adalah silaturahmi ke tetangga lalu ke keluarga besar dari sang Mama.

Hari kedua sillaturahmi ke keluarga besar sang ayah yang slalu diselenggarakan di hotel. Hari ketiga mengunjungi saudara jauh ayah, karena mama tak memiliki saudara jauh sebab semua keluarga mama tinggal berdekatan paling hanya berbeda kecamatan, kota/kabupaten yang masih terbilang dekat.

Hari keemmpat saatnya holiday. Ini tradisi di keluarga sang Mama untuk pergi berlibur setiap idul fitri, tiga tahun belakang ini keluarga sang Mama slalu menyewa villa agar bisa menikmati destinasi wisata lebih lama.

Sementara itu di rumah Ivan juga memiliki tradhisi sungkem, terdengar suara parau sang istri ketika melihat anak bungsunya.

Setelah itu diselenggarakan foto bersama, keluarga kecil itu terasa sangat hangat. Dengan kehadiran si bungsu yang tuna rungu.
.
.

"Ma...aku capek banget dari tadi ke rumah tetangga mulu, trus ditiap rumah disuruh makan, percuma puasa kalau gendut lagi" ucap Jasmine merajuk.

"Yaudah kamu dirumah aja ngga usah kemana-mana" ucap mamanya memberi solusi.

"Yaudah deh" ucap jasmine pasrah.

Dirumah bukannya mengaji atau dengan kebiasaan beribadahnya, jasmine sibuk mengemil kue lebaran yang ada di ruang tamu, sambil menonton televisi dan menyetel musik, tak terasa 2 toples putri salju dan satu toples nastar sudah ia lumat habis.

Mungkin lebaran ini memang dia akan lebar(an).

^^

Ivan dan keluarganya berkunjung ke rumah ibu Ivan dan ayahnya suasana yang sangat hangat dan sedikit parau ketika kedua insan yang telah terikat janji pernikahan itu meminta maaf pada sang orangtua.

Tak disangka adik dan kakak Ivanpun juga sudah hadir yang biasanya datang setelah lebaran sudah usai.

^^

Satu minggu lagi sekolah akan dimulai, akan ada banyak murid yang menyiapkannya seperti peralatan yang baru, sepatu, tas dan lain sebagainya.

Lain dengan murid biasanya Jaamine hanya meminta beberapa box buku tulis besar untuk persediaan satu tahun, satu box buku tebal dan panjang untuk catatan yang mungkin menghabiskan banyak kertas seperti IPS dan IPA, serta 2 buku kotak berisi seratus lembar untuk tugas dan catatan matematika yang digunakan untuk satu tahun kedepan
 

-oOo-

Maaf guys partnya agak pendek, maafkan ketypoan keabsurdan dan lainnya

Keep you to as my readers

Cukup baca ana dah seneng apalagi kalau di vote sama komen

But i love you so much guys
Hope you like it

Itu yg di mulmed foto reynaldokjr
Guys kalo kepo ignya sih

Syukran.

My Secret AdmirerWhere stories live. Discover now