I am So Sorry, Bee

26K 1.8K 1.1K
                                    

Dear Readers,

Apakah kalian sudah mendapatkan novel Nasty Glacie? Bagaimana kesan kalian terhadap novel tersebut?

Berbeda dengan yang ada di wattpad?

Banyak salah ketik dan salah nama?

Bahasanya Glacie jadi kaku banget?

Saya benar-benar minta maaf atas hal tersebut. Ini di luar kuasa saya. Saya sendiri kaget dengan hasil buku Nasty Glacie yang seperti itu. Karena hingga sekarang saya belum mendapatkan bukunya, saya minta teman-teman memfoto buku tersebut untuk melihat bagaimana kondisi lay outnya.

Begini kronologi hingga sampai terjadi kesalahan mengerikan dalam pembuatan novel tersebut.

Awalnya, novel itu sudah selesai saya revisi. Sudah saya susun dengan cantik. Saya sesuaikan keinginan penerbit untuk memangkas cerita hingga hanya jadi 400 halaman buku saja agar kalian tidak membayar terlalu mahal. Oleh karena itu, saya sengaja menghilangkan beberapa bab yang tidak memengaruhi plot utama cerita dan memang saya pakai untuk hiburan sampingan saja di wattpad.

Saya menghilangkan Gary Newman karena memang Gary hanya sebagai sampingan saja di sini. Jadi semacam badut-badutan saja. (Kejamnya saya...) ada Gary atau tidak, cerita tetap berjalan seperti biasa.

Maaf ya, Gary.

Maaf juga untuk Trish yang nggak sempat keluar untuk nana nina sama bapak kucing. Hihihi...

Menurut penerbit, saya harus memotong ceritanya lagi biar bisa pas sama jumlah halaman terbit nanti. Oke. Hari itu saya lembur lagi untuk memangkas bagian yang tidak perlu lagi. Namun, saat saya mengirimkan naskah tersebut, bagian editing mengatakan kalau mereka sudah memotong naskah saya. Lah... kan saya bingung. Kenapa bisa penulisnya sendiri nggak tahu kalau naskahnya dipotong sedemikian rupa?

Saya minta lihat naskahnya kan ya. Saya baru mendapat proof naskah ini siang hari saat naskah mau naik cetak.

Ternyata, naskah dipotong benar-benar nggak sesuai seperti yang saya inginkan :((

Kalian tahu kan bagaimana saya kalau menulis cerita? Saya menuliskan dengan detail apa yang terjadi pada tokohnya, kan? Pada hasil editan yang baru, narasinya dipotong sampai yang tersisa cuma dialog-dialog saja.

Siang itu saya menangis dan marah. Sempat collapse sebentar karena yah ... you know-lah saya yang receh ini. Baru dapat masalah dikit langsung kumat deh. Wkwkwkwk...

Setelah menghubungi bagian editing dan tidak mendapat jawaban memuaskan, saya menghubungi pimred Rainbow books.

Setelah menghubungi bagian editing dan tidak mendapat jawaban memuaskan, saya menghubungi pimred Rainbow books

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Tanggapan dari pimred alhamdulillah bagus. Di sini akhirnya mereka menahan naskah dan meminta bagian editing untuk mengedit naskah kembali. Saya minta naskah saya dimaksimalkan.

Setelah merapikan kembali halaman, dalam waktu yang sangat singkat, jam 2 WIB buku tersebut kembali di lay out. Permintaan saya sederhana, "jangan dikurangi atau ditambah apa pun lagi. Ini naskahnya sudah rapi. Saya sudah revisi beberapa kali."

Nasty Glacie (Terbit - Rainbow Books)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang