Tujuh : Rhoeo Discolor

960 68 8
                                    

Pada dasarnya cewek itu gak mau di salahin! Kalau para cowok tetap nyalahin cewek, siap-siap dapat gift bawelnya cewek!

Pada dasarnya cewek itu gak mau di salahin! Kalau para cowok tetap nyalahin cewek, siap-siap dapat gift bawelnya cewek!

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.


TIARESYA HAURELIEN

HYR : RHOEO DISCOLOR

  Sudah lebih satu minggu sejak kejadian di cafe. Resya sudah merelakan semuanya. Secepat itu? Tidak juga, Ia masih tidak bisa melupakan Veza seutuhnya, tapi, ia akan terus berusaha. Berusaha mengosongkan hatinya.

Jika di hitung, hari ini sudah hari ke sepuluh Resya menjalankan hukuman dari Devan. Menurutnya, semakin hari, semakin melelahkan. Kapan Ia terbebas dari hukuman konyol ini.

Resya sedang sibuk, hari ini kelasnya sedang melalukan praktik Biologi, tentang Plasmolisis. Di laboratorium SMA Bakti.

Kita kulik sebentar tentang Plasmolisis.

Plasmolisis merupakan dampak dari peristiwa osmosis. Jika sel tumbuhan diletakkan di larutan garam berkonsentrasi tinggi (hipertonik), sel tumbuhan akan kehilangan air dan juga tekanan turgor, menyebabkan sel tumbuhan lemah. Tumbuhan dengan sel dalam kondisi seperti ini layu. Kehilangan air lebih banyak akan menyebabkan terjadinya plasmolisis: tekanan terus berkurang sampai di suatu titik di mana protoplasma sel terkelupas dari dinding sel, menyebabkan adanya jarak antara dinding sel dan membran. Akhirnya cytorrhysis -runtuhnya seluruh dinding sel-dapat terjadi.

Jadi, tujuan kelas XI IPA 2 melakukan praktik ini adalah mengamati bagaimana peristiwa Plasmolisis pada sel tumbuhan.

Siswa/siswi dibagi menjadi beberapa kelompok. Dan Resya berada di kelompok 2. Ia tidak satu kelompok dengan Tiara, jadilah gadis itu harus menyesuaikan kembali dengan teman kelompoknya, agar bisa kompak mengerjakan tugas praktik.

"Anak-anak, kalian harus berhati-hati ya. Jangan bermain-main dengan benda-benda yang ada di sini. Kerjakan tugas kalian masing-masing yang sudah dibagi oleh ketua kelompok kalian," ucap Ibu Tias, memberikan pengarahan pada anak muridnya.

Semua menjawab 'iya' dengan serentak. Setelah itu mereka sibuk dengan pekerjaannya masing-masing.

"Oh iya, satu lagi anak-anak. Bagi yang tidak memiliki, atau kehabisan Rhoeo discolor, bisa mencari di sekitaran sekolah ya. Kalau tidak ada juga, kalian bisa meminta izin ke guru piket hari ini untuk keluar mencari Rhoeo discolor di tempat lain. Kalian paham?"

"Paham Bu." Mereka menjawab serentak dan bersamaan.

Resya sedang sibuk dengan larutan glukosa (garam). Ia mengaduk sepuluh persen larutan garan yang di campurkan air. Sedangkan teman satu kelompoknya yang lain, sibuk dengan tugas masing-masing.

Have you RESYA! [Tamat]Where stories live. Discover now