63. Plot twist

1.2K 105 20
                                    

Sebelumnya, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pembaca (yang telah menunggu saya begitu lama). Jujur saja, ada saja tugas lain yang saya kerjakan di dunia nyata. Mulai dari membuat makalah, persentasi, dan penelitian, sampai lupa sama buku ini. Tapi, berhubung libur, saya akan berusaha untuk lebih disiplin lagi. Jadi mohon maaf ya atas kehiatusanya.
.
.
.
Nah, saya sudah membaca salah satu komentar dari pembaca buku saya, tentang plot twist. Jadi saya jawab saja pada bab ini. Langsung saja, ini dia penjelasanya.

Plot twist adalah perubahan tiba-tiba pada jalanya cerita, dan ini biasanya memberi kesan kejutan pada pembaca. Plot twist banyak dipakai pada cerita yang cukup banyak atau buku cerita yang cukup tebal. Ini dimaksud agar pembaca tidak bosan membaca cerita tersebut. Lalu, bagaimana cara membuat plot twist yang bagus? Ini dia caranya:

1. Pastikan perubahan alur cerita masuk akal. Maksudnya adalah tetap menjaga rasionalitas pada cerita. Saran saya kalau mau menjaga plot twist rasional, tulis 1 bab pada cerita kalian yang menunjukan bagaimana jalan cerita bisa berubah.

2. Masukan kejutan pada alur cerita. Misalkan, tokoh antagonis yang karena suatu hal bisa menjadi protagonis atau sebaliknya. Bisa juga dengan menambahkan sebuah peristiwa, tokoh baru, atau sesuatu yang baru.

3. Pastikan plot twist menjadi bagian dari cerita. Plot twist memang penting, tapi jangan abaikan bagian cerita lainya. Jangan sampai terlalu fokus ke bagian ini hingga melupakan tujuan awal cerita.

Masih bingung plot twist seperti apa bentuknya? Intinya, adalah segala sesuatu yang mampu mengubah jalanya cerita yang sebelumnya mudah ditebak pembaca. Jadi, pembaca jadi tidak bisa menebak. Oh iya, ini dia contohnya:

1. Perubahan pada tokoh. Perubahan yang dimaksud ini adalah sifat lho. Biasanya tokoh antagonis menjadi protagonis atau sebaliknya. Biasanya perubahan ini akibat sesuatu yang terbongkar atau alasan lain.

2. Sebuah peristiwa. Umumnya sih ini pada gendre petualangan yang kerap berhubungan dengan alam. Misalkan saja sebuah tim bajak laut yang tersesat di segitiga bermuda akibat pusaran air, padahal tujuan sebelumnya mau ke suatu tempat. Tentu saja alurnya akan berubah dan akan ada banyak hal baru.

3. Ada tokoh baru. Biasanya tokoh baru ini mampu menjadi tokoh inti yang mendampingi tokoh utama dalam ceritanya. Umumnya ini terdapat pada cerita romantis, tahu lah maksudnya apa :v.

4. Sesuatu yang terbongkar. Untuk genre misteri, saya rasa ini tidak berpengaruh banyak. Namun untuk genre romantis dan drama, ini dapat menjadi daya tarik bagi pembaca. Jadi jangan heran ya, kalau kebanyakan cerita dengan genre tersebut penuh dengan misteri meski genrenya bukan misteri.

5. Kekuatan baru yang muncul. Biasanya di genre aksi fantasi. Contohnya, tokoh antagonis yang harusnya sudah dikalahkan tiba-tiba mendapat kekuatan besar dari suatu hal dan tokoh utamanya harus mengalahkanya lagi.

6. Tokoh yang hilang. Biasanya ini berbentuk kematian tokoh yang peting. Ini juga dapat membuat karakter antagonis menjadi protagonis atau sebaliknya.

7. Perubahan aneh lainya. Biasanya ini membuat benak pembaca berkata, "Kok bisa ya?". Perubahan ini antara lain: bentuk, kekuatan, sistem (dalam cerita), atau lainya. Contohnya saja perubahan pada bentuk, misal mutasi pada cerita fiksi ilmiah atau gender pada cerita drama.
.
.
.
Nah, mungkin bab ini terlalu singkat dan kurang lengkap, jadi bila ada yang ditanyakan, silakan tulis di kolom komentar. Karena saya saja juga masih amatir kalau soal plot twist, jadi saya menerima kritikan kalau mungkin ada yang salah dari yang kutulis.

Mungkin hanya sedikit yang bisa saya bagi pada bab ini, bila ada kurang atau lebihnya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan yang penting.

Jangan lupa tinggalkan jejak

Berikutnya: <rekomendasi pembaca>



































































































































































Oh iya, selama saya hiatus, saya mempelajari ilmu baru tentang mimpi, namanya "Lucid Dream". Dan setelah belajar cukup lama, saya berhasil membuktikanya (bahwa Lucid Dream itu nyata). Jadi, saya minta pendapat pembaca lagi nih. Enaknya saya tulis buku ini tidak ya di Wattpad?

1. Ya
2. Tidak
3. Golput

Nah, hanya itu, saya tunggu jawaban kalian setelah lebaran. Sampai jumpa lagi.

Panduan Menjadi PenulisWhere stories live. Discover now