51. promosi legendaris

670 76 38
                                    

Penulis mana yang tidak ingin karyanya dibaca orang? Pasti semua penulis cerita menginginkan tulisanya dibaca orang lain. Satu-satunya cara agar sebuah tulisan bisa dibaca adalah dengan menunjukanya kepada dunia. Caranya tentu saja dengan promosi. Tapi masalahnya, ada beberapa penulis baru yang malu untuk mempromosikan ceritanya karena takut dihina dan diolok-olok. Jujur saja, pasti pertama-tama malu kan dengan orang lain? Nah, tidak perlu malu, di Wattpad, nyaris tidak ditemukan pembaca labil yang komentarnya pedas. Buktinya saja, saya hingga sekarang belum menemukan komentar pedas pada buku ini. Mau bukti? Baca saja buku ini dari awal hingga akhir. <sekalian promosi>😅. Itu karena Wattpad melarang pembaca untuk memaki dan berkomentar pedas untuk menjaga dunia ini tetap damai. Yang komentarnya pedas, bisa diberi peringatan.

Nah, sekarang sudah tidak takut promosi lagi kan? Nah sekarang kita hanya perlu mengenal beberapa jenis pengguna Wattpad, ini dia:

1. Penulis amatir

Ciri-cirinya, penulis amatir memiliki sedikit work dan sedikit pengikut

Oops! Această imagine nu respectă Ghidul de Conținut. Pentru a continua publicarea, te rugăm să înlături imaginea sau să încarci o altă imagine.

Ciri-cirinya, penulis amatir memiliki sedikit work dan sedikit pengikut. Penulis amatir adalah target cocok untuk promosi panduan menjadi penulis. Karena sejatinya penulis baru butuh bimbingan. Kira-kira seperti saya😂.

2. Penulis ahli

Penulis ahli adalah pengguna yang sudah cukup lama menulis di Wattpad

Oops! Această imagine nu respectă Ghidul de Conținut. Pentru a continua publicarea, te rugăm să înlături imaginea sau să încarci o altă imagine.

Penulis ahli adalah pengguna yang sudah cukup lama menulis di Wattpad. Biasanya mereka lebih fokus untuk menulis daripada membaca. Bukan target yang cocok untuk mempromosikan cerita. Namun, jika kalian menulis link di kolom percakapan, maka pembaca milik penulis tersebut bisa berdatangan, tergantung kecocokan genre.

3. Pembaca

Pembaca memiliki sedikit pengikut bahkan ada yang tidak punya pengikut

Oops! Această imagine nu respectă Ghidul de Conținut. Pentru a continua publicarea, te rugăm să înlături imaginea sau să încarci o altă imagine.

Pembaca memiliki sedikit pengikut bahkan ada yang tidak punya pengikut. Tidak menulis karya, namun memiliki daftar bacaan yang cukup banyak. Ini adalah target yang cocok untuk mempromosikan buku cerita kalian. Namun, pembaca nyaris tidak terlihat karena tak memiliki cerita. Untuk menemukan akun mereka, cukup melihad daftar pengikut penulis, baik ahli maupun yang amatir. Nah, kebanyakan pembaca ada di sana. Bisa juga dengan melihat komentar di bab pada karya penulis tersebut.

4. Profesional

Seorang ahli yang sangat pandai menulis buku non-fiksi

Oops! Această imagine nu respectă Ghidul de Conținut. Pentru a continua publicarea, te rugăm să înlături imaginea sau să încarci o altă imagine.

Seorang ahli yang sangat pandai menulis buku non-fiksi. Ini mencakup editor, profesor, organisasi yang besar, dan lainya. Banyak penyuka buku non-fiksi mengikuti akun ini. Jika kalian memiliki buku non-fiksi, cukup promosikan buku kalian di sini. Pastikan jenis bukunya sama ya. Jangan memromosikan buku cara bertahan hidup di akun pengamat sosial, misalnya. Oh iya, akun ini terkadang bisa memberi cerita kalian penghargaan, lumayan buat promosi.
.
.
.
Nah, sekarang sudah tahu kan kemana kalian harus promosi? Jika belum, intinya jika kalian ingin medapat pembaca, cukup menulis link cerita kalian di pengguna jenis pembaca atau menulis link cerita kalian pada penulis ahli. Untuk link yang ditulis di percakapan penulis ahli, pastikan kalian membuat cerita yang genrenya sama dengan penulis tersebut untuk mendapatkan pembaca. Untuk genre non-fiksi, tempat terbaik untuk promosi adalah tentu saja panel komentar seorang ahli.

Nah, sekarang ini dia cara promosi yang akan langsung menarik pembaca:

1. Tulis judul, genre cerita kalian dan sertakan link. Judul dan genre cerita membantu pembaca untuk mengerti jenis cerita apa yang kalian tulis, sehingga bila ada yang cocok, maka dia akan menjadi pembaca setia. Kalau genre dan judulnya tidak disertakan, biasanya pembaca hanya lewat. Mereka tidak tahu apa yang mereka lewatkan.😂

2. Tentukan target yang potensial. Mayoritas penulis di tempat ini menulis cerita. Dan sasaran paling bagus adalah langsung ke akun pembacanya. Namun, juga bisa mempromosikan cerita lewat akun penulis ahli yang kebetulan genre ceritanya cocok dengan yang kalian miliki.

3. Tulislah rangkuman blurb lalu tambahkan akhir yang agak menggantung. Biarkan pembaca mampir untuk mengetahui lanjutan cerita tersebut. Kesanya kok agak kejam ya?

4. Untuk buku non-fiksi, tulis apa saja yang ada di buku kalian, namun jangan tulis materinya. Ini akan menumbuhkan rasa ingin tahu pembaca dan akhirnya mampir. Cie yang kepo.

5. Jangan terlalu panjang. Kebanyakan orang tidak akan membaca panel percakapan yang begitu panjang dan akan melewatinya. Makanya, saya suruh merangkum blurb-nya, agar tidak kepanjangan.
.
.
.
Jika promosi kalian tepat sasaran, maka pembaca setialah yang didapat. Namun jika salah sasaran, paling bagus ya mampir sebentar, memberi dukungan, lalu pergi. Inilah yang menyebabkan boomvote muncul. Dan biasanya kalau salah sasaran, pembaca tidak akan tertarik karena beda selera. Jadi, jika kalian mempromosikan cerita dan tak tahu mana sasaran kalian, siapkan saja wadah yang besar untuk menampung boomvote yang menghujani buku kalian.

Nah, untuk mencegah pembaca berubah pikiran, pasang blurb yang kalian miliki pada deskripsi cerita. Otomatis pembaca akan membuka bab demi bab pada buku kalian karena habis terkena hipnotis langsung blurb😂.

Untuk mencegah pembaca kabur di tengah cerita, pastikan akhir dari bab yang kalian buat agak menggantung. Itu sudah cukup membuat mereka setia, walau agak menderita😂.

Nah, kira-kira sampai di sini dulu apa yang saya ketik. Jangan lupa tinggalkan masukan ya. Minta bintangnya sekalian. Oh iya, jika ada request materi, tulis saja di kolom komentar. Jangan ragu.

Next: peningkatan kecepatan update

Panduan Menjadi PenulisUnde poveștirile trăiesc. Descoperă acum