11. cara mempromosikan cerita

4.1K 356 81
                                    

Di dunia oranye ini, terdapat berbagai macam cerita. Mulai dari petualangan, fantasi, romantis, misteri, hingga non-fiksi. Ada juga yang sedikit pembacanya, juga ada yang memiliki banyak pembaca.

Bahkan, ada cerita bagus, namun sedikit pembacanya. Ada pula cerita yang kurang bagus, namun banyak pembacanya. Pasti ada yang bertanya, bagaimana bisa cerita yang cukup ngawur bisa dibaca banyak orang? Jawabanya ada beberapa. Ini dia:

1. Cover
Kata pepatah, jangan nilai buku dari sampulnya. Realitanya, mayoritas pembaca wattpad pertama kali melihat cerita dari cover, dan beberapa dari mereka menilai covernya. Jadi, pastikan setidaknya kalian membuat sampul buku yang mewakili jalan cerita yang kalian tulis tersebut. Dipercantik malah lebih baik.

2. Teknik berpromosi
Ada sebagian penulis dunia oranye malu melakukan promosi karena karya yang mereka tulis dirasa masih jelek. Ada pula yang melakukan promosi besar besaran lewat semua media sosial tanpa peduli karyanya jelek atau bagus. Nah, disinilah diharap bagi penulis untuk tidak malu melakukan promosi. Aku saja pertama menulis mau promosi malu, jadi cuma aku yang baca cerita sendiri. Dan payahnya, aku malah unpublish cerita tersebut dan nyaris memutuskan untuk berhenti. 8bulan kemudian, saya membuat buku ini, lalu saya promosikan. Dan hasilnya diluar dugaanku. Belum sebulan sudah dapat 100+ dukungan suara. Jadi, untuk para penulis, jangan ragu melakukan promosi ya.

3. Tag
Mereka menambahkan tag dalam cerita mereka sehingga cerita mereka mendapatkan peringkat di dunia oranye ini. Jadi, mau sebagus apapun cerita, tidak akan ditempatkan dalam peringkat jika tidak menuliskan tag-nya. Pastikan memilih tag yang sesuai dengan isi cerita yang kalian tulis.
.
.
.
Nah, lalu bagaimana cara melakukan promosi yang efisien? Ini dia caranya:

1. Tautan
Salin tautan cerita kalian lalu bagikan ke semua media sosial yang kalian punya. Bagikan karya kalian dengan mengirimkan tautan kepada teman-teman kalian yang memiliki wattpad. Bagikan juga kepada penghuni dunia ini (wattpad) jika perlu. Cara ini adalah cara dasar yang biasa dilakukan penulis dunia oranye. Jangan takut, beranikan diri kalian yang masih malu-malu.

2. Pengikut
Jangan pernah mengecewakan pengikut. Mereka bisa memberikan rekomendasi cerita kalian ke teman-temanya jika cerita kalian bagus. Pengikut akan melakukan apapun untuk mendukung kalian. Namun, pastikan mereka tidak kalian kecewakan atau mereka akan berhenti mengikuti kalian. Saran saya, puaskan mereka dengan memberikan sedikit fans service.

3. Pembaca
Pembaca memiliki efek yang sangat besar. Mereka akan mendukung karya yang bagus dan membantu sebuah karya untuk diterbitkan penerbit major. Namun, disisi lain, jika sebuah karya tersebut jelek, pembaca akan menghina bahkan memaki karya tersebut. Jadi, pastikan karya buatanmu tidak menyinggung siapapun dan cukup layak untuk dibaca banyak orang. Pembaca juga terkadang memberikan saran dan masukan. Pakailah masukan mereka untuk meningkatkan karyamu.

4. Tag
Peringkat suatu cerita akan sangat menggoda penerbit lho. Cara mendapatkan suatu peringkat, dengan memberikan tag yang sesuai dengan cerita kalian. Peringkat cerita akan membuat pembaca semakin tertarik untuk membaca cerita tersebut meski terkadang mereka lupa memberikan vote. Ini adalah cara sederhana, namun cukup ampuh dan tidak menghabiskan tenaga. Kadang dengan peringkat tinggi, tidak jarang lho sebuah cerita masuk daftar rekomendasi.

5. Pengumuman
Upaya perlindungan yang harus dilakukan untuk melindungi diri dari pembaca yang kecewa. Pasti terkadang ada saja sesuatu yang membuat kalian sibuk dan terpaksa menghiatuskan cerita untuk beberapa waktu kan? Ya, karena itu, saran saya, buat bab spesial hiatus jika kalian merasa tidak mampu menulis tepat di deadline. Itu berguna agar pembaca bisa mengerti. Tulis pula kapan cerita mulai lanjut. Pembaca tidak suka menunggu tanpa kepastian. Seperti menunggu panggilan illahi.

6. Akun penting
Jadilah pengikut beberapa akun yang tergolong penting. Seperti AmbassadorsID dan TalentscoutsID. Kedua akun itu menurutku wajib diikuti oleh pengguna wattpad. Mereka terkadang mengadakan event untuk meramaikan wattpad. Daftarkan cerita kalian, maka secara tidak langsung, cerita kalian akan terpromosikan dalam event tersebut. Namun sebelum itu, pastikan karya kalian cukup bagus ya.

7. Kerja sama
Bagi kalian yang masih baru, seperti yang saya jelaskan di bab 9, tentang penulis baru. Beberapa dari kita masih lemah, dan dengan lemah itulah maka pengaruh kita cukup kecil. Untuk memperkuat diri, kita harus bekerja sama. Bagaimana caranya? Gampang. Buat sebuah grup perkumpulan dan bahas strategi promosi disana. Saya sangat yakin kalian punya teman untuk diajak bekerja sama.
.
.
.
Nah, selain cara-cara diatas, ada cara promosi lain yang menurutku sangat konyol untuk melakukan promosi. Dan hasilnya, gagal promosi. Ini dia cara gila yang saya sarankan untuk tidak memakainya untuk promosi:

1. Tag populer, namun sementara
Ada benerapa jenis cerita yang cukup banyak di waktu ini. Contohnya saja LGBT. Memakai cara ini, dapat meningkatkan jumlah pembaca dari sebuah cerita. Namun, itu hanya akan bertahan sampai tag tersebut kehilangan kepopuleran dan tergantikan dengan tag lain. Alhasil, bisa kalian tebak sendiri, cerita akan sia-sia dan seolah mau dibuang saja. Kehilangan popularitas secara drastis. Jadi, saya sarankan, pakai saja tag yang cenderung stabil. Contoh tag yang stabil: friendship, explorer, love, literasi, dan lain-lain. Namun, pastikan tag tersebut ada di dalam cerita kalian.

2. Kotor dan najis
Ada saja cerita berbau vulgar tanpa alur jelas yang bernaung di dunia oranye ini. Mereka jelas memiliki banyak viewer, dan banyak dukungan suara. Namun, tanpa alur dan jalan cerita yang jelas, serta penokohan yang cukup hancur, tidak ada penerbit yang mau menerima cerita tersebut. Ada pula yang setelah membuat cerita vulgar lalu mendapat banyak dukungan, lalu membuat cerita yang ditargetkan untuk diterbitkan (cerita normal). Alhasil di cerita normal tanpa adegan vulgar, pembaca yang dulu menyukai adegan vulgar menjadi kecewa karena cerita mereka kini tidak mengandung konten seperti itu. Hasilnya, ya tentu saja, pembaca kabur. Cerita baru mereka jadi sepi. Wkwkwkwk..., memang enak ditinggal pas lagi butuh?😂

3. Plagiasi
Tindakan kotor ini sering dipakai sebagai wadah untuk mempromosikan diri. Meski cukup efisien, korban dari tindakan ini akan tersakiti dan mungkin akan ambil tindakan untuk menjatuhkan plagiator. Dan saat sang plagiator ketahuan, mereka akan kehilangan nyaris semua popularitas mereka dan juga bahkan kehilangan kepercayaan. Bahkan membuat karya hasil imajinasi sang mantan plagiator tidak dipercaya publik lagi karena dikira copas karya orang lain. Selain itu, terkadang ada pengikut yang mulai sadar kalau profil yang dia ikuti ternyata plagiator, sehingga dia mengajak teman-temanya berkhianat. Akhirnya, sang korban tidak perlu ambil tindakan atas tindakan tersebut. Nah, makanya tobatlah wahai plagiator sebelum terlambat.
.
.
.
Nah, jadi saya sarankan untuk tidak memakai ketiga cara konyol diatas untuk mencegah kegagalan dikemudian hari. Jangan sampai kalian jatuh dengan cara yang tidak elit, harga diri kalian dipertaruhkan. Perjuangan kalian akan sia-sia jika memakai ketiganya.

Namun, saya sarankan memakai ketujuh cara efisien yang saya berikan. Memang semua itu membutuhkan proses, namun akan terbayar bila semua proses sudah dilalui. So, jadi begitulah cara untuk mempromosikan sebuah cerita. Pastikan kalian tidak malu dalam mempromosikan cerita kalian. Daripada hanya dibaca sendiri, mending kan dibaca banyak orang. Iya kan?

Jangan lupa tinggalkan jejak ya.

Next: nama-nama-nama

Panduan Menjadi PenulisWhere stories live. Discover now