30. deskripsi

7.6K 210 30
                                    

Itu dia yang saya maksud deskripsi

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Itu dia yang saya maksud deskripsi. Tulisan yang muncul pertama kali bila kalian menekan sebuah cerita. Karena itu, pastikan kalian membuat deskripsi yang benar-benar bisa menarik pembaca (dalam artian promosi, bukan artian sebenarnya)😂.

Jika boleh jujur, sebelum membaca cerita, saya membaca deskripsinya dahulu. Jika kelihatan menarik, saya baca, tapi bila tidak, ya sudah saya lewati. Nah, karena itu, saya sarankan menuliskan deskripsi menarik, tetapi tetap berhubungan dengan cerita yang kalian buat.

Lalu bagaimana cara membuat deskripsi yang menarik? Ini dia:

1. Pastikan bahasa yang kalian pakai bisa dipahami oleh pembaca. <wajib>.

2. Jika kalian memiliki blurb, rangkumlah blurb tersebut lalu masukan ke deskripsi. Blurb itu tulisan yang ada di belakang novel, gunanya buat menarik pembaca. Tapi blurb itu cukup panjang, jadi harus dirangkum dulu ya.

3. Pastikan deskripsi tersebut menggambarkan genre pokok dari cerita yang kalian buat. Niatnya biar pembaca langsung terbawa.

4. Kalian boleh membuat pembaca penasaran untuk membaca cerita kalian lho. Umumnya ini terdapat pada cerita bergenre misteri.
.
.


.
Untuk nomer 4, kira-kira seperti inilah contoh singkatnya dalam deskripsi:

1. Lalu kemanakah umat manusia pergi tatkala dunia tak layak huni?

2. Siapa dalang dibalik semua kejadian tersebut?
.
.
.
Nah, lalu bagaimana jika ada yang menulis deskripsinya seperti ini:

Gk pandai buat deskripsi, baca saja langsung.

Sebenarnya, boleh saja menulis deskripsi seperti itu. Tapi di sisi pembaca, nampaknya terkesan kurang menarik. Biasanya pembaca hanya lewat begitu saja bila membaca deskripsi semacam itu.

Intinya, deskripsi itu semacam cover dalam bentuk tulisan. Hukumnya sunah, tidak apa kalian tidak memberikan deskripsi. Namun, jika deskripsi ada, maka akan menjadi poin lebih buat promosi cerita kalian. Kenapa menjadi poin lebih? Jangan tanya saya, tanya saja pembaca kalian :v.
.
.
.
O iya, mungkin buat yang masih bingung membuat deskripsi, berikut saya berikan beberapa contoh deskripsi singkat dari beberapa genre:

1. Fantasi: dunia mimpi adalah dunia yang dipenuhi dengan segala hal berbau imajinatif. Lucid, seorang dream bender mengeksplorasi dunia mimpi dengan kemampuan istimewanya. Melihat apa yang orang lain belum pernah lihat.

2. Drama: terkadang kurasakan sesaknya beban hidup yang menghimpit jalan takdirku. Membuatku berjuang tanpa hasil maksimal hanya karena kalah dalam segala hal. Aku berpikir, apa yang salah denganku? Kenapa dunia tidak adil padaku?

3. Romantis: berkisah tentang kisah cinta 2 insan yang mengalami hambatan besar karena beda ras. Berbagai kendala mereka temui di tiap jalan mereka masing-masing, hingga membuat mereka terpaksa berpisah karena suatu urusan. Akankah mereka dipertemukan oleh takdir mereka lagi?

4. Fiksi ilmiah: kekuatan Megagear yang terdapat di Inti Bumi mulai tidak stabil. Berbagai bencana alam bermunculan dan menghancurkan peradaban Steampunk yang sudah lama dibangun umat manusia. Gera, salah satu anggota Steam Walker mengambil tindakan untuk menjelajah ke Inti Bumi guna menyelamatkan umat manusia dari kiamat. Inilah kisah peradaban canggih manusia yang mengalami krisis.

5. Horor: Nina, seorang anak indigo sering melihat penampakan hantu yang tiap malam mengganggunya di saat tidur. Tak hanya itu, mereka terus mengikuti Nina kemanapun dia pergi. Hingga membuatnya terpaksa mengikat perjanjian dengan iblis untuk mengusir pengganggunya. Kini, dia tak lagi diganggu. Namun, kemanakah mereka pergi? Berhati-hatilah, mungin saja mereka ada di belangmu, mengintai dalam kegelapan. <pembaca auto begadang>😂

6. Petualangan: mendaki, berlayar, menggali, membangun, dan menjelajah. Pergi mengunjungi tempat yang tak terjamah manusia, memecah misteri tentang sebuah harta karun yang terpendam dalam sebuah piramida. Inilah kisah petualangan epik yang akan merubah sejarah peradaban manusia.

7. Misteri: mayat demi mayat ditemukan di sebuah kota yang kini dilanda terror misterius. Pelakunya sama sekali tidak meninggalkan jejak dan melakukan aksinya dengan sangat rapih. Sudah banyak orang yang diduga pelaku ditangkap, namun tetap saja, pembunuhan ini masih terus berlanjut. Siapakah dia? Orang menyebutnya nightstalker, sang pengintai malam. Siapapun yang berhasil menangkapnya akan diberikan imbalan besar. Tapi, siapa yang bisa menangkapnya? Dan siapa sebenarnya nightstalker itu? Hati-hati, mungkin saja dia sedang menyamar.

8. Non-fiksi: <lihat deskripsi work miliku>:v. Work miliku kan non-fiksi.

9. Komedi: menceritakan kisah kocak kehidupan anak kos di masa kini.
.
.
.
Sudah, mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan. Jija ada pertanyaan atau kurang jelas, silahkan tanyakan di Bab 29. Soalnya kalau di sini aku bisa tidak lihat. Sampai bertemu lain waktu.

kak, minta jejak...😂😂

Next: alur

Panduan Menjadi PenulisWhere stories live. Discover now