40. fenomena yang muncul di Wattpad part 2

700 67 9
                                    

Bab ini membahas fenomena unik yang ada di lapak ini. Bisa saja kalian termasuk di dalamnya. Jika mungkin ada yang tersinggung, saya mohon maaf sebesar-besarnya.
.
.
.
Di sini akan dibahas mengenai fenomena baru yang saya temukan belakangan. Sebagai penulis Wattpad, tentu kita harus membiasakan diri dengan fenomena-fenomena seperti:

1. PHP
Ada orang yang menuliskan deskripsi profilnya "Feedback ask saja." Namun, beberapa orang yang menulis deskripsi profil seperti itu tidak memberi dukungan balik kepada peminta feedback. Jangan salah, mungkin saja mereka lupa karena betapa banyaknya karya yang harus mereka dukung, dan hasilnya kalian yang kurang beruntung tidak mendapat apa yang kalian inginkan. Mohon sabar ini ujian😂, di sini profil tersebut tidak salah karena mereka lupa. Namun untuk foolback, sedikit berbeda. Profil yang menulis "Follback ask saja" memang terkadang mengikuti balik profil kalian jika kalian mengikutinya dahulu. Tapi, biasanya ya kalau bosan ujung-ujungnya unfollow akun kalian jika sudah bosan. Parahnya, kebanyakan kalian mungkin tidak tahu siapa pelakunya karena betapa banyaknya pengikut yang kalian miliki. Kalau sudah begini, kan serasa kepingin gebukin pelakunya, tapi tidak tahu yang mana. Ya sudah, iklaskan saja, sabar ya ini ujian. Cara paling mudah menghadapi ini adalah mengabaikanya. Cara termudah mencegahnya adalah jangan PHP orang lain.

2. Paranoid berlebih
Cerita yang kalian buat tidak mengandung unsur plagiasi tinggi dan tidak mengandung konten sara. Tapi kebanyakan pemain baru di dunia oranye takut mempromosikan ceritanya hanya karena alasan dihujat, dihina, dan kritikan pedas. Jujur saja, pertama saya mempromosikan buku ini dan membaginya ke banyak orang saya sudah menyiapkan diri untuk dihantam makian habis-habisan oleh makian dan hinaan. Sayangnya mereka tidak datang menyerangku, alhasil sia-sia sudah usahaku mempersiapkan mental bajaku😂. Dari sini kita tahu sebuah fakta bahwa lapak ini tidak dihuni oleh pembaca berjiwa bocah. Dan setelah melihat akun AmbassadorsID, saya jadi sadar bahwa kata-kata pedas ternyata dilarang di lapak ini. Pantas saja selama ini tidak ada yang mengkritiku dengan pedas bahkan tak ada hinaan sama sekali. Jadi buat kalian penulis baru, jangan takut mempromosikan karya kalian ya, tidak akan ada profil yang menghina. Kalaupun ada pasti dilaporkan lalu akunya dikenai hukuman.

3. Konten biologi buat promosi
Entah bagaimana bisa di Indonesia cerita tanpa alur jelas dan berfokus pada konten semacam ini ternyata cukup banyak jumlahnya. Dan anehnya memiliki sedikit bab, namun cukup banyak pembaca. Kok bisa ya? Sepertinya banyak orang yang menyukainya. Pantas saja, konten ini dipakai sebagai media promosi ampuh (untuk sesaat). Iya, untuk sesaat. Karena pembaca mereka memiliki selera semacam itu, jadi jika dibuatkan cerita dengan alur jelas dan unsur pembangun cerita bagus, namun tidak terdapat yang begituan, otomatis pengikut akan pergi, pembaca akan bosan, dan penurunan jumlah dukungan karena cerita begituan mereka hiatus dan tamat. Jika kalian hendak melakukan promosi, langsung saja promosikan cerita inti kalian, jangan pakai metode ini ya. Karena selera pembaca bisa saja berbeda-beda. Sangat ampuh, namun hanya untuk sesaat. Ini termasuk cara instan.

4. Penulis tidak perhatian
Semakin banyak pembaca yang dimiliki seorang penulis, maka semakin kecil pula perhatianya kepada para pembaca. Alasanya, mereka fokus untuk menulis dan tidak punya waktu untuk meladeni pembaca mereka satu persatu, padahal pembaca mereka begitu banyak. Pembaca yang banyak menandakan komentar yang sangat banyak, dan jika penulis meladeni satu persatu maka yang terjadi adalah cerita buatan mereka hiatus. Sebagai gantinya, penulis yang memiliki banyak pengikut maupun pembaca disarankan membuat fanserfice. Berguna untuk menjawab banyak komentar pembaca sekaligus dalam 1 bab, juga berguna membuat pembaca makin setia.
.
.
.
Nah, mungkin hanya itu yang saya bagi untuk bab dengan tulisan unfaedah ini. Jika ada yang tersinggung mohon maaf sebesar-besarnya. Silakan tulis pertanyaan di kolom komentar bila ada yang masih bingung. Bila suka silakan berikan satu dukungan dengan menekan tombol bintang dalam hitungan ganjil. :v

Sesuatu yang instan seperti ilmu hitam. Dia memiliki pengaruh dan kekuatan yang sangat besar, namun merenggut sesuatu yang paling berharga.

Jangan lupa meninggalkan jejak ya

Next: spesial genre non-fiksi
Sengaja kuambil karena genre ini lain dari yang lain.

Panduan Menjadi PenulisWhere stories live. Discover now