33. editor part 1

1.5K 95 23
                                    

Baiklah, kali ini saya akan membahas bab yang cukup menarik di dunia kepenulisan. Apalagi bagi mereka yang memakai jasa editor untuk mengedit naskahnya agar lebih baik dan siap diterbitkan oleh penerbit. Nah, langsunh saja ini dia penjelasan tentang editor tersebut.
.
.
.
Editor adalah seorang yang berperan mengedit naskah kita. Mereka bisa meminimalisir typo, memperbaiki PEUBEI, hingga mengedit jalanya cerita (atas persetujuan penulis). Jadi jangan heran kalau editor memiliki kemampuan sastra Bahasa Indonesia yang sangat bagus.

Mungkin bagi kebanyakan penulis baru, editor terkesan lebih menakutkan dari hantu. Tapi, bagi penulis yang sudah memiliki pengalaman cukup tinggi, editor bisa jadi seorang teman yang membantu karyanya diterbitkan penerbit major. Lalu apa saja yang membuat penulis baru takut dengan editor? Ini dia alasanya:

1. Penulis baru mengira sosok editor adalah sosok yang sering menolak naskah. Ya iya lah ditolak, naskahnya saja kadang banyak cacat dan tak tahu selera editor😂.

2. Penulis baru kurang mengetahui biodata editor, sehingga asal mengirim naskah ke editor.

3. Penulis baru kurang akrab dengan editor, jadinya terkesan seperti orang asing. Alhasil, kita jadi kurang percaya diri. Pastikan kalian dekat dengan editor (dalam artian bukan sebenarnya) agar mereka dekat dengan kalian.

Nah, yang tadi adalah hal yang membuat penulis baru ketakutan berhadapan dengan editor. Nah, sekarang saya paparkan sedikit hal unik tentang editor. Ini dia:

1. Editor memilili spesialisasi khusus untuk mengedit cerita yang cocok dengan genre kesukaan mereka. Jika kalian mengirim naskah cerita bergenre romantis kepada editor penyuka genre misteri, maka kalian sudah tahu jawabanya tanpa perlu menunggu kabar menyeramkan dari mereka😂. Iya lah, editor juga pembaca biasa, memiliki selera tersendiri.

2. Dibutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk mendapat jawaban dari editor setelah kita mengirim sebuah naskah. Biasanya, bila naskah kalian ditolak, editor tidak akan mengirim kabar. Tapi, bila naskah kalian diterima, maka editor akan mengajak bekerja sama, biasanya pesan dikirim lewat e-mail. Tips untuk menghadapi editor semacam ini, bila kalian tidak menerima kabar lebih dari 3 bulan, sebaiknya berhentilah berharap dan kirim naskah kalian ke editor lain. Tapi sebelum itu, pastikan naskah yang kalian kirim mudah dipahami.

3. Jika kalian mengirim naskah ke editor yang salah, sebagus apapun naskah yang kalian kirim akan ditolak. Hampir sama seperti poin pertama. Dan jika kalian menanyakan alasan mereka menolak naskah kalian, mereka tidak mungkin menjawab:" Jalan cerita kurang bagus.", "Tokoh kurang berkarakter.", "Amanat tidak ada.". Tapi kalian akan menerima jawaban yang sangat konyol," Itu bukan selera saya.".😂

4. Editor memiliki pola dalam menyeleksi naskah. Ini dia polanya: (1)genre <penting>, (2)deskripsi, (3)sinopsis dan blurb, (4)prolog, (5)3 bab pertama, (6)keseluruhan isi bab dan amanat. Jika kalian naskah kalian gagal dalam seleksi genre [poin 1], maka editor tidak akan melanjutkan seleksi naskah ke bagian berikutnya, begitupun setelahnya. Jika semua lolos, kalian akan mendapat kabar naskah kalian diterima. Oh iya, mungkin beberapa editor memiliki pola seleksi berbeda dari yang saya tulis, tapi tidak jauh kok bedanya.

5. Editor profesional biasanya bekerja sama dengan penerbit major dan memiliki seleksi naskah yang begitu ketat. Kita tahu bahwa penerbit membutuhkan sebuah cerita yang disukai banyak orang untuk kepentingan bisnis. Nah, Wattpad adalah software yang cocok untuk membuktikan kepada editor bahwa naskah kita disukai banyak orang. Bisa saja kalian secara ajaib lolos seleksi begitu mereka melihat dukungan pada cerita kalian di Wattpad sangat banyak.

Nah, sudah tahu kan editor itu seperti apa? Lalu apa yang harus kita lakukan sebelum mengirim naskah kepada editor? Ini dia solusinya:

1. Buka blog editor tersebut dan baca biodatanya serta yang paling penting, kalian harus tahu genre dan jenis cerita seperti apa yang mereka sukai. Kalian tidak mau kan naskah kalian ditolak dengan alasan diluar dugaan? Nah, di sinilah kebanyakan penulis baru belum tahu bahwa editor juga memiliki selera tertentu.

2. Jika menginginkan perhatian lebih dari editor untuk naskah kalian, tulis teks yang bermaksud untuk mendapat perhatian mereka alias caper. Contohnya: "Hai kak editor, saya memiliki naskah cerita bergenre komedi. Memiliki banyak dukungan di akun Wattpad bernama ****** <tidak sebut merk>. Selamat membaca dan semoga terhibur. Besar harapan naskah saya diterima."

3. Kirim naskah cerita kalian sesempurna mungkin. Minimalisir typo dan pelajari kiat-kiat menulis. Ingat, editor hanya mau mengedit naskah yang sesuai selera mereka dan memiliki sedikit cacat. Untuk editor yang bekerja sama dengan penerbit major, pastikan kalian memiliki banyak pembaca di Wattpad.
.
.
.
Nah, akan saya babarkan sedikit proses seleksi yang dilakukan editor untuk memilih naskah yang ingin mereka edit. O iya, mungkin ada beberapa editor yang memiliki pola tidak sama, tapi saya sangat yakin yang saya tulis di sini mendekati realitanya. Ini dia:

1. Editor akan melihat jenis cerita dan genre cerita yang kalian buat. Cerita sebagus apapun yang kalian buat, tapi jika cerita tersebut bukan selera editor, otomatis mereka akan menggagalkan seleksi tanpa membaca apapun dari cerita kalian. Mereka lalu mulai menyeleksi naskah lainya. Di sinilah kebanyakan penulis baru gagal, seleksi untuk alasan yang sangat konyol😂.

2. Jika dirasa cocok, mereka mulai membaca prolog, deskripsi, dan sinopsis cerita kalian. Jika mereka menyukai jalan cerita yang kalian buat dari sinopsis, serta menganggap blurb yang kalian buat menarik, kalian lolos seleksi

3. Editor melanjutkan membaca 3 bab pertama untuk menilai cerita kalian. Hati-hati, cacat pada 3 bab pertama sangat berpengaruh. Usahakan cacat yang diderita 3 bab pertama sangat sedikit. <kok seperti orang sakit ya>:v

4. Editor juga menilai jalanya cerita, diksi, dialog, alur, latar, karakter, dan yang lainya pada 3 bab pertama. Pastikan 3 bab pertama cerita kalian benar-benar menarik ya.

5. Setelah selesai, editor akan membaca seluruh isi cerita. Mereka bisa menoleransi sedikit typo dan sedikit kecacatan cerita di sini. Yang mereka nilai di sini adalah jalanya cerita. Jika cerita kalian menarik, maka mereka akan meloloskan kalian dalam seleksi dan mencoba menghubungi kalian untuk diajak bekerja sama. Mereka juga akan menghilangkan segala typo dan kecacatan yang ada dalam buku kalian, jika kadarnya tidak banyak.

6. Naskah kalian selesai diedit oleh editor. Artinya, naskah kalian benar-benar sangat menarik dan pantas dihargai <maksudnya dijual>.
.
.
.
Nah, mungkin hanya sedikit tersebut yang bisa saya tulis di bab ini. Bab ini saya buat hasil riset lho, jadi saya jamin benar adanya. Oh iya, jika kalian memilili pendapat lain, tulis di kolom komentar ya. Akan saya baca, kalau ada waktu. Dan pasti akan saya balas.

Jangan lupa tinggalkan jejak ya

Kak, minta jejak

Next: prolog

Panduan Menjadi PenulisWhere stories live. Discover now