13. penggunaan huruf kapital

2K 229 28
                                    

Meski cukup sepele, nyatanya ini adalah hal yang harus dipahami pemulis baru lho. Kenapa? Sepertinya hanya editor yang tahu.

Oke, langsung saja. Ini dia cara penggunaan huruf kapital berdasarkan beberapa sumber yang telah saya ramgkum. Saya ambil poin pentingnya saja yang hanya ada dalam cerita. Cekidot:

1. Huruf kapital dipakai di awal kalimat. Yang ini juga pasti sudah tahu. Karena wattpad sudah secara otomatis melakukan tugas ini.

2. Huruf kapital dipakai untuk unsur nama seseorang. Contoh: nama saya Budi.

3. Huruf kapital dipakai di awal petikan langsung. Contoh: Budi berkata," Ayo main!".

4. Huruf kapital dipakai untuk nama agama, kitab suci, tuhan. Termasuk kata ganti tuhan. Contoh: Islam, Injil, Allah, kepada-Nya.

5. Huruf kapital dipakai di huruf pertama unsur nama gelar, keturunan, keagamaan, dan akademik yang diikuti nama orang. Contoh: Sultan Haji Agus Salim, Sarjana Hukum.

6. Huruf kapital dipakai untuk sapaan yang ditujukan untuk orang yang memiliki gelar, keturunan, keagamaan, serta profesi. Contoh: Selamat datang, Yang Mulia.

7. Huruf kaptital dipakai di huruf pertama nama bangsa, suku, dan bahasa. Contoh: bahasa Indonesia.

8. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari, dan hari besar yang ada. Contoh: tahun Hijriah, hari raya Idul Fitri.

9. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi. Sering dipakai pada cerita dengan genre petualangan. Contoh: Jakarta, Gunung Terra, Jazirah Arab.

10. Huruf kapital dipakai sebagai singkatan nama gelar, pangkat, atau sapaan. Contoh: Prof.

11. Huruf kapital dipakai sebagai penunjuk hubungan kekerabatan. Seperti ibu, bapak, kakak, dan lain-lain. Contoh: surat Saudara telah kami buang dengan baik.
.
.
.
Catatan:

1. Huruf kapital tidak dipakai untuk nama jenis, satuan, atau ukuran. Contoh: ikan hiu, 12 kilogram.

2. Huruf kapital tidak dipakai untuk menuliskan huruf pertama yang bermakna 'anak dari'. Seperti bin, binti, van, dan lain-lain. Contoh: Abdullah bin Paijo.

3. Nama bangsa, bahasa, ras yang dipakai sebagai bentuk dasar kata turunan ditulis huruf kecil. Contoh: pengindonesiaan kata asing, kejawa-jawaan.

4. Huruf pertama nama geografi yang tidak punya nama jelas ditulis huruf kecil. Contoh: saya mendaki ke puncak gunung.

5. Nama geografi yang ada pada nama benda ditulis dengan huruf kecil. Contoh: jeruk bali, gula jawa.

6. Kata ganti kerabat yang tidak dipakai untuk sapaan ditulis huruf kecil. Contoh: itu bapak saya.

7. Kata ganti Anda ditulis huruf awal kapital. Contoh: pastikan Anda sudah tidur setelah membaca ini.
.
.
.
Nah, meski terlihat sederhana, nyatanya saya sendiri saja masih kesulitan mempraktekanya. Padahal ini adalah salah satu ilmu dasar yang harus diketahui seorang penulis untuk bisa berhasil. Tapi saya yakin, seiring berjalanya waktu, kita semua pasti bisa menguasainya. Yang terpenting, jangan pernah berhenti.

Oke, mungkin hanya sekian yang bisa saya ketik untuk hari ini. Jika ada kurang atau lebihnya mohon dimaafkan ya.

O iya, hampir lupa. Semua yang ada di atas bersumber dari:
https://puebi.readthedocs.io/en/latest/huruf/huruf-kapital/

Saya sengaja merangkumnya dan hanya mengetiknya di sini apa yang penting-penting saja. Sebenarnya masih ada beberapa yang ingin saya sapaikan. Jika mau lebih lengkapnya, buka saja laman diatas, oke?.

Jangan lupa ya untuk meninggalkan jejak kalian. Tapi HP-nya jangan diinjak😂.

Next: outline

Panduan Menjadi PenulisWhere stories live. Discover now