19. penggunaan tanda baca part 3

1.2K 148 8
                                    

Pada dasarnya, tanda tanya dan tanda seru sering ditemui di dunia kepenulisan. Coba saja kalian baca buku cerita, pasti terdapat tanda tanya dan tanda seru. Apalagi buku non-fiksi, tidak hanya ada, tapi sangat banyak. Karena itulah, dalam menulis, kita tidak bisa lepas dari kedua tanda baca tersebut. Maka dari itu, berikut adalah penggunaan kedua tanda baca tersebut:

1. Tanda tanya dipakai di akhir kalimat tanya. Umunya berada cerita bergenre misteri. Contoh: Jadi apa yang harus kita lakukan kawan?

2. Tanda tanya dipakai di dalam kurung untuk kalimat yang kurang dapat dibuktikan kebenaranya. Saya rasa yang ini hanya ada di dalam buku non-fiksi (?). Contoh: Di Indonesia, terdapat 740 (?) bahasa daerah.

3. Tanda seru dipakai di akhir kalimat perintah. Contoh: Tolong pergi dari sini!

4. Tanda seru dipakai untuk seruan langsung. Contoh: Merdeka!

5. Tanda seru dipakai untuk menggambarkan kesungguhan, ketidakpercayaan, atau emosi yang kuat. Biasanya kalau dalam cerita ini berada dalam dialog yang mana bernada membentak atau berteriak keras. Contoh: Tidak boleh!
.
.
.
Nah, itu dia kelima poin utama dalam memakai tanda tanya dan tanda seru. Jika ada yang bertanya "Cuma itu saja ya?" maka akan jawaban dariku adalah "Ya, di buku cuma itu.". Jujur, aku saja kaget saat berhasil menemukan banyak sumber untuk materi ini. Ternyata hanya ada lima buah poin. Tapi ya bagaimana lagi? Hanya itu yang saya temukan, hehehehehe (author ditampol):v.

O iya, saya juga telah melihat dari awal kalau ternyata buku ini masih memiliki banyak kekurangan. Tapi anehnya, buku ini termasuk menduduki peringkat yang cukup tinggi. Kok bisa ya? Nah, karena itu saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya pada para pembaca baik yang membaca lalu mendukung dengan memberikan suara, atau yang hanya mampir dan melakukan boomvote tapi tidak membaca :v. Saya berterima bagi kalian yang rela menghabiskan kuota internet berharga kalian hanya untuk karya hancur saya yang ini. Saya menerima baik segala masukan untuk mengembangkan buku ini.

Oke, mungkin hanya sekian dari saya. Jangan lupa tinggalkan jejak ya.

Next: kumpulan kata baku part 1

Panduan Menjadi PenulisWhere stories live. Discover now