61. mendapat pembaca setia

769 78 19
                                    

Akhirnya bisa aktif juga setelah sekian lama hiatus. Bagaimana rasanya ditinggal hiatus? Manis? Pedas? Cukup basa-basinya, karena pada bab ini saya akan membahas tentang hal yang kudapat selama hiatus (pembaca).

Nah, siapa sih penulis yang tidak mau memiliki pembaca? Pasti semua mau lah. Nah, karena itu, akan kuberikan beberapa tips cara mendapat pembaca yang setia di sini. Langsung saja, ini dia daftarnya:

1. Jangan hiatus terlalu lama.
Ini berlaku untuk penulis Wattpad. Kebanyakan penulis beralasan mereka hiatus karena sakit, tugas menumpuk, atau alasan klasik lainya. Faktanya, mayoritas penulis pemula hiatus karena lagi males nulis. Dan bila kalian pernah melakukan hal ini, percayalah, saya sendiri barusan juga melakukanya :v. Solusinya, jika kalian (penulis) membutuhkan waktu berlibur, sebaiknya tentukan kalian akan mulai update lagi. Setidaknya jangan membuat pembaca menunggu tanpa kepastian.

2. Buat tulisan yang mudah dipahami.
Berlaku untuk penulis pemula. Ada beberapa hal yang membuat tulisan kita sulit dipahami, mulai dari penggunaan tanda baca hingga pola kalimat yang membingungkan. Jika kalian pernah menjadi pembaca, pasti pernah membaca cerita di Wattpad yang punya kalimat panjangnya amit-amit kan? Atau kalimat yang membingungkan kan? Nah, karena itu, buat kalian yang masih baru, pelajari PEUBEI, minimal pembaca mengerti apa yang kalian sampaikan. Jangan membuat pembaca sakit kepala atau mereka akan pergi secara tiba-tiba. :v

3. Jalanya cerita tidak jelas dan membosankan.
Berlaku untuk penulis buku berjenis cerita dari semua genre. Pasti ada kan cerita di dunia oranye ini yang kalau dibaca membosankan? Ada pula cerita yang jalanya membingungkan dan tidak jelas kejadianya. Nah, solusinya, baca bab 62 pada buku ini. Akan dibahas khusus di sana.

4. Pastikan pembahasan menyenangkan.
Berlaku untuk buku non-fiksi kategori dokumenter. Pasti diantara kita ada yang lebih tertarik menulis buku non-fiksi dibandingkan buku cerita fiksi. Buku non-fiksi itu berbeda dengan buku cerita, isinya adalah informasi dan wawasan. Karena itulah, buku non-fiksi identik dengan pembahasanya dibandingkan jalanya cerita. Kebanyakan buku non-fiksi cenderung kaku, dan itulah yang membuatnya membosankan untuk dibaca. Tips untuk kalian yang menulis buku non-fiksi akan dibahas di bab 63 buku ini.

5. Promosikan buku kalian.
Mungkin ada dari kalian yang membaca bab ini adalah penulis yang cukup lihai di Wattpad namun belum mendapat pembaca, nah mungkin inilah yang kurang. Dulu, saya pernah menulis sebuah buku tanpa mempromosikanya. Hasilnya, tentu saja yang membaca hanya saya. Nah, karena itu, jangan malu mempromosikan cerita kalian. Salin link cerita kalian lalu bagikan lewat media yang kalian miliki. Sedikit bocoran, umumnya penulis Wattpad mempromosikan cerita lewat panel percakapan di profil pengguna Wattpad lainya. Dan hasilnya, tulisan yang kurang bagus sekalipun tetap mendapatkan pembaca.

6. Meninggikan peringkat.
Pembaca akan datang tanpa diundang kalau buku kalian memiliki peringkat yanh cukup bagus. Nah, untuk mendapat peringkat bagus, setidaknya dibutuhkan kecepatan update lumayan tinggi juga dibutuhkan dukungan yang banyak. Makanya, selalu ingatkan pembaca di akhir tiap bab pada buku kalian untuk memberi dukungan, seperti saya :v. Itu karena pembaca setia kebanyakan terlalu asik membaca hingga lupa memberikan dukunganya kepada penulis.

7. Buat sampul dan deskripsi menarik.
Kebanyakan pembaca setia datang tanpa diundang. Dan alasan mereka datang adalah kebalikan dari pepatah "Jangan menilai buku dari sampulnya". Solusinya sudah sangat jelas, buat sampul menarik dan deskripsi yang menarik (ada di bab sebelumnya).

8. Jangan membuat buku yang monoton.
Nah, ini dia alasan pembaca pergi setelah sampai di tengah jalan, karena buku yang ditulis terlalu monoton dan tidak dinamis. Untuk buku cerita, pastikan konfliknya berkembang atau setidaknya berjalan, jangan hanya itu-itu saja. Untuk buku non-fiksi, bahas hal menarik di dalamnya dan jangan terlalu berbelit-belit pembahasanya.

9. Buat buku kalian mudah ditemukan.
Berlaku untuk pengguna Wattpad. Kalian pernah mencari buku di Wattpad? Bagaimana cara kalian mencarinya? Tentu saja menekan tag yang berkaitan atau mencari lewat judul. Ada juga yang mencari lewat peringkatnya. Cerita dengan peringkat tinggi pada tag tertentu mudah ditemukan. Nah, solusinya adalah; pertama, pakai tag yang menarik pada cerita kalian. Kedua, buat judul yang menarik. Ketiga, posisikan cerita kalian di posisi yang tinggi.

Nah, itu dia daftarnya, hanya 9 buah kok. Setidaknya untuk mendapat banyak pembaca setia beberapa dari daftar diatas harus dipenuhi, lebih baik kalau semuanya. Lalu apa yang harus dilakukan? Nah, agar tidak bingung, ini dia beberapa hal yang harus dilakukan:

1. Pelajari penggunaan tanda baca. Setidaknya tanda baca titik, koma, petik dua, penghubung, tanda tanya, tanda seru, dan tanda kurung. Itu adalah tanda baca dasar yang harus dikuasai.

2. Pakai kata baku, tapi jangan terlalu kaku atau resmi. Bahasa baku memudahkan pembaca memahami tulisan kalian. Ingat, bahasa baku belum tentu resmi. Contohnya saja; kau (baku), anda (resmi), ente (non-baku).

3. Atur kejelasan jadwal update. Jangan melakukan update menahun, setidaknya 2 minggu sekali. Kalaupun hiatus, beri kejelasan kapan mulai update lagi. Jangan memberi PHP kepada pembaca.

4. Promosikan buku kalian. Sudah tahu kan caranya? Kalau belum baca bab 11. Kalau tidak dipromosikan, bagaimana pembaca bisa tahu?

5. Pelajari bahasa yang benar. Dibutuhkan pengalaman untuk mempelajari ini. Teruslah menulis dan membaca maka bahasa tulisan kalian akan semakin baik seiring waktu.

Nah, saya rasa bab ini sudah sangat panjang dan membosankan. Jadi saya akhiri saja sampai di sini. Jika ada salah kata, typo, atau sebagainya abaikan saja ya, saya tak sengaja :v. Dan kalau ada rekomendasi materi yang mau diberikan, tulis saja di kolom komentar. Dan untuk hiatusku yang lamanya amit-amit, saya minta maaf ya, soalnya masih mau liburan, kekekekekeke. Sampai jumpa di bab depan.

JANGAN LUPA TINGGALKAN JEJAK

Next: spesial buku cerita

Panduan Menjadi PenulisWhere stories live. Discover now