42. mendalami sudut pandang orang pertama

575 54 1
                                    

Bab spesial untuk pov 1
.
.
.
Sudut pandang orang pertama memiliki kesulitan pembuatan pada pendalaman karakter tokohnya. Itu karena penulis harus benar-benar menjadi tokoh tersebut dan merasakan apa yang tokoh tersebut rasakan. Jadi jangan heran kalau kebanyakan pov1 dipakai pada cerita slince of life. Ya iya lah, ceritanya kan bercerita tentang kehidupan tokoh utamanya yang tak lain dan tak bukan adalah penulis itu sendiri. Jelas saja tidak sulit. Namun bagaimana dengan genre fantasi, petualangan, fiksi ilmiah, dan yang lainya? Nah, berikut akan saya babarkan karakter dasar tokoh yang mungkin berguna pada cerita kalian:

1. Laki-laki: karakter tokoh ini berlaku nyaris pada cerita apapun, tetapi lebih menonjol pada cerita romantis maupun slince of life. Laki-laki itu memakai akal dalam menghadapi masalah dan langsung mengambil tindakan jika sesuatu mengejutkan terjadi tiba-tiba. Semisal jika ada kecelakaan, laki-laki akan langsung menolong korbanya. Selain itu, pov laki-laki tidak boleh terlalu baper ya. Jika menghadapi tekanan batin, mereka akan mencoba melupakanya dengan melakukan aktifitas, misalkan sepak bola, main game, atau nonton TV. Untuk genre komedi, biasanya karakternya kocak.

2. Perempuan: berlaku nyaris di segala cerita, dan menonjol pada genre drama, romantis, dan slince of life. Perempuan mengandalkan perasaan dan jika melihat sesuatu yang mengejutkan pikiranya kemana-mana tanpa mengambil tindakan spontan. Semisal kalau terjadi kecelakaan, perempuan cenderung mengkhawatirkan kondisi korbanya, perasaan orang tua korbanya, dan pikiran yang kemana-mana dibandingkan langsung datang menolong. Dalam menghadapi tekanan batin, umumnya perempuan akan baper dan menangis. Biasanya jika tertekan mereka tidak menahanya seperti laki-laki, namun melepasnya saat keadaan sepi ataupun curhat.

3. Indigo: biasanya terdapat pada cerita horor, namun kadang ada di slince of life. Biasanya indigo tidak takut terhadap hantu, namun hidup mereka tidak nyaman karena terus dihantui. Karena itu, biasanya indigo cenderung pendiam (dalam cerita) dan mengemban tekanan sangat berat. Biasanya dingin dan suka bertingkah aneh, bahkan biasanya berbicara sendiri kalau dilihat orang normal. Jadi, buat kalian yang membuat cerita horor dengan tokoh utama pov 1 indigo, kira-kira karakternya seperti itu.

4. Manusia: manusia bisa baik, bisa jahat, tergantung cerita kalian. Berlaku untuk nyaris semua genre, namun lebih menonjol pada fantasi dan fiksi ilmiah. Untuk genre fiksi ilmiah, manusia itu makhluk yang lemah. Tidak bisa terbang, tidak bisa menyelam, dan hidup di tempat paling kondusif, sangat lemah. Namun manusia mengatasi kelemahanya dengan kecerdasanya. Mengembangkan teknologi yang membuat mereka mampu terbang, menyelam, dan hidup di tempat yang ekstrim. Bahkan memiliki kemampuan menciptakan nyaris apapun dan memecahkan nyaris segala solusi. Kecerdasan manusia sangat tinggi. Untuk genre fantasi, manusia itu makhluk yang menciptakan segalanya dengan mengambil sumber daya alam. Tidak memiliki sihir dan kekuatan alami, namun memiliki kemampuan membuat senjata yang bisa dipakai membela diri. Selain itu, manusia terkadang mengembangkan berbagai ilmu sihir berbeda dari ras lainya pada genre fantasi. Jika masih bingung, intinya manusia itu tidak memiliki bakat alami dan dilahirkan lemah, namun pengalaman membuatnya berkembang melampaui segalanya. Karakter dasar; cerdas, rapuh, lemah, mengandalkan teknologi, pencipta hal baru, dan mahkluk sosial. Selain itu, hal yang dimiliki manusia adalah cinta dan hati nurani.<kira-kira seperti itu>

5. Hewan: berlaku untuk semua genre jika kalian memasukan hewan di dalamnya. Binatang memiliki insting yang kuat dan mampu mengenali tanda-tanda alam hingga mengetahui keberadaan makanan. Jangan heran jika pada cerita thriller mereka sering muncul sebagai tanda sesuatu akan terjadi. Kemampuan bertahan hidup sangat tinggi, namun hanya memiliki sedikit kecerdasan. Jika kalian membuat cerita dengan tokoh utamanya binatang, ini bisa dipakai. Contoh yang memakai tokoh utama binatang adalah "Rabbit Invasion".
.
.
.
Itu dia beberapa contoh karakter dari beberapa jenis tokoh jika cerita kalian memakai pov 1. Kelimanya itu dipandang dari sudut pandang umum, bisa saja berubah sesuai kehendak kalian. Semisal laki-laki. Umumnya kan laki-laki itu tegar, bisa saja jadi cemen dan penakut. Itu tergantung pada cerita kalian. Tujuan bab ini agar kalian yang memiliki cerita pov 1 bisa lebih mendalami karakternya, biar tidak terkesan aneh begitu. Bila ada yang masih bingung, tanyakan langsung saja. Jangan malu-malu, kalian tidak memalukan kok. :v

Jangan lupa tinggalkan jejak ya.

Next: mencegah jalan cerita kemana-mana
Bab spesial pov 3

Panduan Menjadi PenulisWhere stories live. Discover now