23. penggunaan italic, bold, dan underline

4.7K 163 37
                                    

Wah, sepertinya sudah 3 hari ini saya tidak update. Maaf ya kawan, habisnya saya kehabisan kuota internet (dadakan). Jadi bisanya hanya ngetik, tapi tidak bisa dipublikasikan. Nah, sebagai gantinya, mungkin saat longgar saya update 2 kali sehari. Buat bayar utang update yang seharusnya sudah saya bayar kemarin.

Nah, alasan lain saya tidak memublikasikan Bab baru pada buku ini adalah riset saya untuk Bab ini cukup sulit. Sangat susah menemukan cara penggunaan bold, italic dan underline di berbagai sumber. Itu karena jarang ada yang membahas pemakaian ketiganya. Saya juga mencari lewat internet dan ternyata terjadi perbedaan pendapat tentang cara pemakaianya. Namun, akhirnya saya menemukan jalan keluar lewat sebuah literasi berbahasa inggris yang diterbitkan di luar negeri yang membahas mengenai pemakaian ketiganya. Nah, lalu bagaimana cara pemakaian bold, italic, dan underline? Ini dia:

1. Italic dipakai pada kata atau kalimat yang memiliki bahasa asing dari bahasa kepenulisan di dalam buku. Contohnya saja yang saya pakai pada Bab ini.

2. Italic dipakai untuk menuliskan daftar pustaka. Untuk kalian yang mungkin dalam masa ujian skripsi atau mau menulis karya ilmiah dengan memakai beberapa sumber literasi, ini pasti berguna.

3. Italic dipakai untuk menuliskan nama latin dari makhluk hidup. Biiasanya ada di buku non-fiksi yang membahas tentang materi biologi nih😂. Contoh: Antropoda

4. Italic dipakai dalam menulis sebuah kalimat website.

5. Italic dipakai dalam dalam kata dan kalimat yang ditegaskan. Contoh: aku menemukan sebuah artefak yang terkubur 200 meter di bawah piramida.

6. Bold dipakai untuk menegaskan bagian kata dan kalimat yang sudah ditegaskan memakai italic. Contoh: bagian kata skrip pada kata skripsi berasal dari Bahasa Inggris.

7. Bold dipakai untuk menegaskan bagian-bagian penting pada karangan atau karya ilmiah. Ingat ya, pada karangan, bukan pada kalimat. Biasanya dipakai pada judul, daftar isi, Bab, dan sub-judul pada karya ilmiah, termasuk skripsi😂.
.
.
.
Nah, sepertinya hanya ada tujuh hal di atas yang perlu diperhatikan dalam pemakaian huruf tebal dan huruf miring. Lalu bagaimana untuk pemakaian underline? Saya sudah mencari ke beberapa literatur dan hasilnya tidak saya temukan. Kalaupun saya terus mencari, saya yakin buku ini akan hiatus untuk waktu yang sangat lama. Karena itu, untuk pemakaian underline, saya nyatakan tidak ada dalam buku fiksi. Terbukti semua novel yang kubaca ternyata dari prolog hingga akhir cerita sama sekali tidak terdapat kata atau kalimat yang digaris bawahi.

Jadi, buat kalian yang menulis buku yang memiliki genre selain non-fiksi, tidak perlu mempelajari hal ini (mungkin). Lalu untuk buku fiksi bagaimana? Saya menemukan penggunaan underline pada buku pelajaran di bagian soalnya. Contoh:

Budi pergi ke pasar. Kata yang digaris bawahi bermakna?

Nah, seperti itu contohnya.
.
.
.
Nah, ternyata beberapa dari kita masih salah dalam pemakaian huruf miring, huruf tebal, dan garis bawah. Kebanyakan pengguna Wattpad memakainya seperti ini:

1. Italic dipakai untuk menuliskan flashback pada bagian cerita. Padahal flasback-nya panjangnya amit-amit😂.

2. Bold dipakai untuk menegaskan kata pada suatu kalimat. Padahal hal ini memakai huruf miring.

3. Bold dipakai untuk menuliskan kalimat yang bermaksud untuk meminta dukungan. Jujur, saya saja juga memakainya di akhir Bab😂.

4. Italic dipakai untuk membedakan screen di dunia mimpi dan di dunia nyata pada cerita.
.
.
.
Sudah menjadi hal umum bahwa keempat fenomena diatas dijadikan ritual rutin para penulis Wattpad, apalagi untuk yang masih anak baru. Saya sendiri saja juga masih melakukan ritual tersebut, apalagi yang nomer 3😂.

Nah, mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan untuk Bab ini, jika ada kurang lebihnya mohon diabaikan :v. Jika ada salahnya mohon dimaafkan meski lebaran masih lama. O iya, saya sendiri juga masih butuh saran dari para pembaca lho. Jangan sungkan-sungkan untuk menuliskanya di kolom komentar. Masukan yang bagus dan mewakili banyak penulis akan saya catat dan kelak akan saya buatkan Bab khusus untuk saran tersebut di Buku ini.

Jangan lupa tinggalkan jejak ya kawan. (Ritual nomer 3😂)

Next: Latar

Panduan Menjadi PenulisTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang