Istri untuk Suamiku

12.8K 558 26
                                    

Seminggu sudah Salma menginap di rumah sang mertua, keadaan sulit itu membuat Salma dan Adam akhirnya memutuskan kembali ke rumah mungil mereka.

(MENGENAL UMMUL MUKMININ UMMU SALAMAH RADHIYALLAHU 'ANHA

Kecantikan dan kemuliaan berpadu dalam dirinya. Cinta, kesetiaan, dan ketaatannya pada pendamping hidupnya membawanya untuk memperoleh sebentuk doa. Doa yang berbuah keindahan hidup tiada tara, bersisian dengan hamba Rabb-nya yang paling mulia.

Hindun bintu Abi Umayyah bin al-Mughirah bin 'Abdillah bin 'Umar bin Makhzum bin Yaqzhah bin Murrah al-Qurasyiyyah al-Makhzumiyah radhiyallahu 'anha. Dia lebih dikenal dengan kunyahnya, Ummu Salamah.

Dia seorang istri yang penuh cinta bagi suaminya, Abu Salamah 'Abdullah bin 'Abdil Asad bin Hilal bin 'Abdillah bin 'Umar bin Makhzum bin Yaqzhah bin Murrah bin Ka'b al-Makhzumi radhiyallahu 'anhu. Dalam beratnya cobaan dan gangguan, mereka meninggalkan negeri Makkah menuju Habasyah untuk berhijrah, membawa keimanan. Di negeri inilah Ummu Salamah radhiyallahu 'anha melahirkan anak-anaknya, Salamah, 'Umar, Durrah, dan Zainab. Tatkala terdengar kabar tentang Islamnya penduduk Makkah, mereka pun kembali bersama kaum muslimin yang lain. Namun, ternyata semua itu berita hampa semata, hingga mereka pun harus beranjak hijrah untuk kedua kalinya menuju Madinah. Disanalah mereka membangun hidup bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Selang beberapa lama di Madinah, seruan perang Badr bergema. Abu Salamah radhiyallahu 'anhu masuk dalam barisan para sahabat yang terjun dalam kancah pertempuran. Begitu pula ketika perang Uhud berkobar, Abu Salamah radhiyallahu 'anhu ada di sana, hingga mendapatkan luka-luka.

Tak lama Ummu Salamah radhiyallahu 'anha berdampingan dengan kekasihnya, karena Abu Salamah harus kembali ke hadapan Rabb-nya akibat luka-luka yang dideritanya. Ummu Salamah melepas kepergian Abu Salamah pada bulan Jumadits Tsaniyah tahun keempat Hijriyah dengan pilu.Dia mengatakan, "Siapakah yang lebih baik bagiku daripada Abu Salamah?" Berulang kali dia berucap demikian. Hingga akhirnya diucapkannya doa yang pernah diajarkan oleh kekasihnya, Abu Salamah, jauh hari sebelum Abu Salamah tiada. Kala itu, Ummu Salamah berkata kepada suaminya,

"Aku telah mendengar bahwa seorang wanita yang suaminya tiada dan suaminya itu termasuk ahli surga, kemudian dia tidak menikah lagi sepeninggalnya, Allah subhanahu wa ta'ala mengumpulkan mereka berdua di surga. Mari kita saling berjanji agar engkau tidak menikah lagi sepeninggalku dan aku tidak akan menikah lagi sepeninggalmu."

Mendengar perkataan istrinya, Abu Salamah mengatakan, "Apakah engkau mau taat kepadaku?"

Kata Ummu Salamah, "Ya."

Abu Salamah berkata lagi,

"Kalau aku kelak tiada, menikahlah! Ya Allah, berikan pada Ummu Salamah sepeninggalku nanti seseorang yang lebih baik dariku, yang tak akan membuatnya berduka, dan tak akan menyakitinya."

Waktu terus berjalan. Ummu Salamah pun telah melalui masa 'iddahnya sepeninggal Abu Salamah. Datang seorang yang paling mulia setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, Abu Bakr ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu untuk meminang Ummu Salamah. Namun, Ummu Salamah menolaknya. Setelah itu, datang pula 'Umar ibnul Khaththab radhiyallahu 'anhu, menawarkan pinangan ke hadapan Ummu Salamah. Kembali Ummu Salamah menyatakan penolakannya.

Ternyata Allah subhanahu wa ta'ala hendak menganugerahkan sesuatu yang lebih besar daripada itu semua. Datanglah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kepada Ummu Salamah radhiyallahu 'anha, membuka pintu baginya untuk memasuki rumah tangga nubuwwah.

Ummu Salamah radhiyallahu 'anha menjawab tawaran itu,

"Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku adalah wanita yang sudah cukup berumur dan memiliki anak-anak yatim, lagi pula aku wanita yang sangat pencemburu."

زوجتي( Zaujatii)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang