Chapter 03

186 29 6
                                    

Bukan Firaun
Chapter 03

Nurhala bangun subuh seperti biasanya. Setelah mandi, shalat, dia mulai menelusuri setiap inchi rumahnya.

Digeser semua barangnya agar dia bisa melihat di balik-baliknya. Namun tidak ditemukan apa-apa. Setelah cahaya matahari mulai terang, Nurhala pindah ke halaman belakang.

Halaman belakang itu penuh box-box buah, keranjang parcel, belum lagi tambulapot dan bibit pohon buah yang juga barang jualan Abah.

Abah memang penduduk asli yang masih bertahan di Jaksel. Tanah rumahnya tergolong besar sekitar 300 meter. Abah juga punya kontrakan 10 pintu jarak beberapa ratus meter dari sana. Nurhala dibesarkan tanpa kekurangan. Anak Pak haji Naimin yang terkenal di kampung karena saking over protektif Abah-nya.

Hampir semua anak laki di kampung itu pernah ngerasain dikasarin Pak Haji karena dianggap gangguin Nurhala. Yang bernama Hasani yang paling tegar gak pernah kapok. Walaupun sampe pernah dilempar melon, tetap aja maunya deket-deket ke Nurhala.

Pak Haji Naimin alias Abah juga kurang konsisten. Dia gak suka Nurhala berteman dengan laki-laki tapi dia membesarkannya dengan ajaran yang bernuansa maskulin, bukan hanya semenjak Emak tiada namun dari Nurhala masih kecil.

Nurhala diajarkan nyangkul, manjat pohon, nangkep tikus sampai motong ayam.

Diajarin nampolin anak cowok, diajarin jangan cengeng, diajarin  gak boleh centil.

Abah juga mengurus Nurhala di saat puber. Abah sendiri yang pergi ke warung membelikan pembalut. Abah yang ngajarin cara pakainya dan nyeramahin panjang lebar kalau dia sudah besar, sudah punya dosa, sudah bisa hamil kalo deket-deket anak cowok. Abah marah kalau lihat Nurhala mencoba barang-barang perempuan yang dianggapnya jelek.

"Eh jangan centil lu ya Nur, gelik gua liat cewek centil kayak anaknya Asikin noh, segala rambutnya dipitain persis badut."

"Ya Alloh Bah, Nur cuma pake jepitan doang."

"Ngapain pake jepitan bunga kek gitu? Sinih luh!" Abah memanggilnya.

Nurhala mendekat lalu jepitannya dilempar ke tempat sampah. Rambut Nurhala ditarik dan diikat dengan karet dapur.

"Nah begini aja cukup. Jangan jadi cewek genit lu ya Nur, Abah gak suka."

Nurhala cuma bisa menurut karena dia percaya dengan Abah.

Sekali waktu Abah menemukan Nurhala mempunyai parfum semprot. Abah langsung ngamuk.

"Buat apaan beginian? Buat apaaa?"

"Biar gak bau kan Bah."

"Supaya gak bau tuh, rajin mandi! Rajin wudhu! Jangan keseringan makan bawang. Pake ginian mah namanya genit. GENIT! Awas lu ya kalo ketahuan beli lagi! Abah bakal marah sama elu tiga hari tiga malam."

Semenjak itu Nurhala gak pernah beli parfum lagi.

Nurhala gak pernah beli alat make up, gak pernah beli baju yang modelnya rame. Ke toko baju aja kudu Abah yang milihin. Apalagi semenjak Abah ngaji, Nurhala total hanya memakai baju warna gelap dan polos.

Tapi Abah ngebeliin Nurhala banyak perhiasan, cuma yang boleh dipake hanya satu cincin aja yang waktu itu Nurhala lempar ke Yaroslav.

Perhiasan Emak rahimahullah juga diberikan semua ke Nurhala. Walhasil Nurhala punya banyak, sekotak penuh, total 150 gram. Pesan Abah adalah,

"Itu semua buat bekal lu nikah nanti, Nur. Abah gak harusin lu dapet suami kaya raya, yang penting sholeh. Tapi lu tetep bisa punya perhiasan tanpa nyusahin laki lu nanti Insyaa Allah."

Bukan Firaunحيث تعيش القصص. اكتشف الآن