empat puluh

171K 12.9K 3.1K
                                    

halo

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

halo. 

tadinya gue nggak berniat update hari ini, tapi karena gue tau beberapa dari kalian pasti ada yang lagi patah hati karena hasil snmptn, anggap aja ini untuk menghibur kalian. 

gue sendiri pernah ngerasain nggak dapet snmptn kok. dan memang nggak berharap, karena gue berpikir nggak sepatutnya gue menggantungkan semua harapan gue buat sistem se-enggak pasti dan terkesan gambling kayak snmptn. 

Tuhan tau apa yang lo butuh. dan ketika dia berkata enggak, berarti tempat terbaik lo bukan disitu. nggak keterima snmptn bukan akhir dari dunia, oke? masih ada sbmptn. kasih usaha keras lo disana. jangan menyerah, karena konon nggak ada hasil yang mengkhianati usaha. Tuhan itu tau tapi menunggu. dan kata sebait puisi yang pernah gue baca entah dimana, Tuhan kelak bakal memeluk semua mimpi yang dirajut dengan air mata juga usaha. karena dia maha adil. 

ea kenapa gue jadi ceramah. intinya santai. nggak dapet snmptn bukan berarti lo bodoh. lo bodoh kalau lo berpikir lo nggak worth it justru kalau lo terlalu sedih karena nggak keterima snmptn. 

anyway, masih ada aja ya yang suka promote di wall gue. gue kasih tau sekali lagi buat kalian, wahai para insan yang katanya ingin menjadi penulis hebat. jangan expect apapun ketika lo pertama kali nulis. jangan mengharap langsung dapat pembaca banyak, vote bejibun dan feedback membanjir. ketika membuat sistem operasi windows, Bill Gates nggak punya bayangan untuk jadi orang terkaya sedunia. ketika menulis Harry Potter, JK Rowling nggak berambisi jadi penulis terkaya yang bukunya jadi box office saat di filmkan. apa yang mau gue sampaikan adalah, mulai semuanya dengan ketulusan. karena emang lo ingin menulis. karena itu panggilan hati lo. bukan karena lo mau dikenal orang, punya banyak pembaca dan lain-lain. 

ketika gue menulis, gue nggak pernah berharap cerita gue akan dibaca banyak orang. lalu diterbitkan. atau difilmkan. kalau bisa yaudah, kalau nggak bisa ya nggak apa-apa. yang penting gue nulis. gitu aja. 

lagipula, lebih seru menunggu pembaca menemukan lo dengan sendirinya daripada lo memaksa pembaca menemukan lo. berlian itu ditemukan setelah dicari dengan susah payah. setelah tanah digali dalam sampai ke dasar. yang bisa ditemukan tanpa dicari apa? paling kerikil. lo tentukan sendiri, lo mau jadi kerikil atau mau jadi berlian. intinya menulis aja dulu. kembangkan kemampuan lo. banyak baca buku, karena penulis itu adalah pembaca yang baik. akan lebih menyenangkan melihat jenis orang-orang seperti apa yang kemudian menemukan lo dan memutuskan menjadi pembaca lo, tanpa diajak apalagi dipaksa. 

gue jadi ceramah lagi ya. 

ah ya, makasih untuk semua komentar dan vote yang kalian kasih. haha gue nggak menduga bisa sampai sebanyak itu yang komen ketika kalian nggak punya kewajiban komen atau vote. makasih ya. gue baca semuanya kok cuma nggak sempet balasin satu-satu. 

oke deh, karena udah kepanjangan, sekian. 

sampai ketemu di bagian berikut. 

ciao. 

NOIRTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang