17. Endorse

649 77 9
                                    

Aku tau ini judulnya gak jelas, HAHAH.

Aku tau ini judulnya gak jelas, HAHAH

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

17. Endorse















Jam istirahat adalah jam yang paling dinantikan oleh semua murid di sekolahan

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Jam istirahat adalah jam yang paling dinantikan oleh semua murid di sekolahan. Jam istirahat merupakan hal yang sangat membahagiakan setelah jam pulang sekolah. Mereka yang tadinya malas mendengarkan cuap-cuap guru yang sedang menerangkan materi kini langsung bersemangat. Jiwa-jiwa yang tadinya mati kini kembali hidup begitu mendengar bel istirahat berbunyi.

Begitu pula dengan Ara dan teman-temannya. Seperti biasa, saat ini mereka sedang berada di kantin Mba Dewi. Tenaga mereka cukup terkuras karena materi dan soal-soal yang tadi Bu Beti berikan. Bu Beti kalau menyiksa murid memang tidak tanggung-tanggung. Guru itu memberi soal langsung segepok. Tidak peduli jika kapasitas otak yang dimiliki oleh murid-muridnya itu di bawah standar.

Guru hanya menguasai pelajaran yang ia ajarkan. Sedangkan murid? Mereka dituntut untuk menguasai semua mata pelajaran. Mereka berusaha keras untuk menerima semua materi di setiap mapel. Kebanyakan guru-guru hanya ingin dipahami tanpa mau memahami. Para guru tidak peduli jika muridnya tertekan karena menumpuknya materi dan tugas.

Mereka memperlakukan murid layaknya robot. Meskipun ada beberapa yang tidak, tapi kebanyakan guru-guru seperti itu. Menuntut, menutut dan menuntut. Memang tugas pelajar itu adalah belajar. Tapi satu hal yang harus diingat, para guru tidak bisa menuntut murid untuk selalu menguasai pelajaran. Para murid juga hanya manusia biasa. Manusia yang memiliki kapasitas otak yang berbeda-beda.

Teruntuk para guru. Janganlah membuat murid tertekan, tapi buatlah mereka semangat.

“Ra, masker yang di insta story lo semalem beneran bagus apa enggak? Atau lo cuma sekedar endorse aja?” tanya Cleo pada Ara.

Ara sontak menoleh pada Cleo. “Enggak, Cle. Itu masker beneran bagus. Gue aja pake kok,” ujar Ara. Semalam Ara memang mempromosikan masker yang ia pakai di insta story. Biasa, Ara kan selebgram. Jadi banyak akun-akun olshop yang mengajak bekerja sama. Tapi Ara tidak asal menerima. Ia akan lebih dulu mencoba produk itu. Jika produknya bagus maka akan Ara terima, begitu pula sebaliknya. Soalnya Ara tidak mau mengecewakan para followers dengan asal mempromosikan produk.

ARayaWhere stories live. Discover now