Bagian 14

4 0 0
                                    

Waktu berlalu hingga bulan Februari. Semua orang bersiap menyambut perhelatan akbar, Carnaval Ponceño, atau Carnaval de Ponce. Perayaan tahunan kota Ponce, yang berlangsung selama satu pekan dan berakhir pada hari Selasa, sebelum Rabu Abu. Maka itu, biasanya diadakan pada bulan Februari atau terkadang pada bulan Maret.

Ini salah satu karnaval tertua di belahan bumi Barat, yang digelar sejak tahun 1858. Bahkan beberapa pengamat sejarah seperti Smithsonian Institution, percaya bahwa Karnaval Ponce sudah diselenggarakan sejak 250 tahun lalu.

Meski tidak ada dokumen yang menyatakan asal resmi karnaval, namun ada dokumen yang menyebutkan acara diselenggarakan kembali pada tahun 1858. Maka itu, Karnaval Ponce telah dinyatakan dimulai sejak tahun 1858, masih berupa parade tari topeng dari masyarakat Spanyol bernama José de la Guardia. Kemudian ditiadakan pada tahun 1950-an, karena pemerintah kota memasukkan parade masquerade itu ke dalam Karnaval. Acara ini juga bertepatan dengan perayaan Mardi Gras di New Orleans, Karnaval Venesia, dan Karnaval Rio de Janeiro.

Salah satu tradisi karnaval adalah penampilan dari vejigante. Merupakan kostum tradisional berwarna-warni, mewakili setan atau hal jahat, terbuat dari kertas mache dan memiliki banyak tanduk. Mereka membawa kandung kemih sapi yang ditiup hingga membuat suara, dan bergaya seolah memukul-mukul orang selama prosesi. Karnaval akan berakhir dengan acara Burial of the Sardine, dimana semua orang menyanyikan sebuah lagu dalam bahasa Spanyol.

Perhelatan selama satu pekan itu selalu diselenggarakan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dengan rangkaian acara sebagai berikut;

Rabu, pukul 07.00 malam : Vejigantes Party. Sebagai parade pembuka, dengan perayaan kostum tradisional itu. Semua orang dapat berpartisipasi dengan mengenakan kostum vejigante hasil karya sendiri.

Kamis, pukul 07:00 malam : King Momo Entrance Parade. Raja Momo, atau Raja Momus, atau Rey Momo dalam bahasa Spanyol, dianggap sebagai raja karnaval dalam berbagai perayaan Amerika Latin, terutama di Brazil dan Kolombia. Setiap karnaval selalu memiliki peran tokoh Raja Momo ini, yang membawa simbol kunci menuju kota, menandakan awal dari perayaan Karnaval. Biasanya pria berpostur gemuk dan tinggi yang dipilih memenuhi peran, sebagai gambaran fisik Raja Momo yang asli. Pawai dimulai dari Museo Francisco "Pancho" Coímbre, dan berakhir di depan Balai Kota.

Jum'at, pukul 07.00 malam : Crowning of the Child Queen. Ajang penobatan Putri Ponce, atau Ratu Muda Ponce. Dimeriahkan dengan acara pertunjukan musik dan tari di Plaza las Delicias.

Sabtu, pukul 07:00 malam : Crowning of the Carnival Adult Queen. Ajang penobatan Ratu Ponce, dengan rangkaian acara sama seperti di hari sebelumnya.

Minggu, pukul 01:00 siang : Main Parade, bisa dikatakan sebagai puncak acara karnaval. Berupa parade berjalan melalui rute yang panjang, dimulai dari Juloi Enrique Monagas Park, menuju utara di Route 2, melalui Boulevard Miguel Pou, Calle Isabel, Plaza las Delicias, dan berakhir di depan Balai Kota. Walikota Ponce berada di depan parade, diikuti peserta pawai yang menampilkan musik dan tarian di sepanjang jalan.

Senin, pukul 07:00 malam : Carnival's Ball Dance. Acara ini mempertunjukkan tarian topeng dan musik di panggung utama di Plaza las Delicias.

Selasa, pukul 07.00 malam, hingga larut malam : Burial of the Sardine. Sebagai acara penutup karnaval, dengan berbagai pertunjukan musik. Perayaan berakhir dengan Entierro de la Sardina, atau Burial of the Sardine.

Perayaan ini seperti lelucon pemakaman dengan mobil jenazah yang berisi boneka dalam peti mati, yang akan berakhir dengan dibakar. Di malam terakhir ini akan ada lebih banyak lagi musik dan tarian, hingga terkesan sangat meriah. Prosesi ini juga dimulai dari Museo Francisco "Pancho" Coímbre, dan berakhir di Plaza las Delicias.

This Garden, Little Heaven 1Where stories live. Discover now