Ketika Mitos Bertemu Fakta

22.4K 1.9K 184
                                    

Mohon dukungannya selalu. Beri voment atau vote iu sudah menghargai karya saya.

Salam sayang

Mm

"Mereka tidak akan mengganggu jika bukan kalian duluan yang mengganggu mereka."

******

Hidup memang selalu ada hal yang mengganggu atau mengesalkan, bukan? Bagaimana rasanya jika kalian yang sengaja melakukan suatu perbuatan yang sebenarnya tidak boleh di lakukan?

Terkadang perkataan orang tua jaman dulu itu ada benarnya. Bukan karena di ceritakan secara turun - temurun tapi memang ada kenyataannya. Banyak dari orang tua kita entah itu kakek atau nenek selalu memberi kita peringatan agar tidak melakukan sesuatu hal yang sengaja atau di larang. Kita sebagai anak yang tumbuh jaman sekarang mulai tidak percaya akan perkataan orang tua. Tapi bagaimana jika perkataan para orang tua kita benar adanya?

1. Salah satunya adalah pengalaman nyata dari teman mamaku yang sampai sekarang masih ada orangnya. Tante Yeni namanya ( Sengaja aku tidak memberi nama panjangnya). Masih segar dalam ingatanku sewaktu tante Yeni bercerita semasa kecilnya yang bandel tidak dengar perkataan orang tuanya.

Menjelang sore anak - anak tidak akan boleh keluar dari rumah lagi. Katanya ada nenek yang akan menculik. Dasar tante Yeni yang memang bandel. Beliau tidak mendengar. Asyik saja beliau bermain sendiri sampai Maghrib.

Beliau bercerita jika ia didatangi oleh seorang nenek tua berambut panjang. Nenek itu mengajak tante Yeni pergi. Tante Yeni tidak tahu mau dibawa ke mana oleh nenek itu. Tahu - tahu tante Yeni sudah di atas pohon sambil digendong oleh nenek itu.

Tante Yeni merasa ada yang aneh karena nenek itu memiliki payudara yang besar dan memiliki rambut yang panjang sekali. Sewaktu tante Yeni berteriak meminta pertolongan tidak ada yang dengar sampai ada seseorang yang mengetahui keberadaan beliau di atas pohon. Entah apa yang dilakukan bapak itu sampai tante Yeni sudah berada di kamarnya.

Sejak saat itu tante Yeni menjadi anak yang penurut sama orang tuanya. Memang benar yang dikatakan oleh tante Yeni. Nenek itu adalah wewe gombel yang selalu duduk di pohon sawo. Bukan hanya mbak kunti saja yang ada di pohon mangga. Nenek itu juga ada di sana. Ya kalau bisa lihat seperti aku. Kalian akan menemui 'mereka' di atas pohon.

2. Lingsir wengi


Dari kalian pasti tahu tentang lagu ini, bukan? Lagu yang di ciptakan oleh Sunan Kalijaga salah satu dari sembilan Wali yang terkenal. Sebenarnya awal dari terciptanya lagu ini bukan memanggil arwah melainkan sebuah doa untuk menolak bala agar tidak ada arwah jahat mengganggu kita.

Seiring berjalannya waktu lagu ini malah berkembang menjadi sebuah pemanggil arwah yang sedikit diubah liriknya. Ingat film Kuntilanak yang terkenal itu? Di mana ada seorang wanita yang menembangkan syair lagu ini dan tiba - tiba ada angin yang datang disertai kedatangan sesosok mbak kunti.

Entah ini hanya kebetulan saja atau memang ada kebenarannya. Aku juga tidak tahu pasti. Saat aku diajak menonton film Kuntilanak bersama keluargaku awalnya aku tidak mau. Karena aku kalau aku menonton film itu 'mereka' akan muncul secara tiba - tiba. Muncul dari balik jendela atau tiba - tiba muncul saja di depanku. Mungkin 'mereka' tahu jika film mengenai mereka di filmkan? Ah entahlah.

Aku masih ingat kala aku menonton film itu. Tepat saat wanita itu menyanyikan lagu Lingsir Wengi. Kalau tidak salah waktu itu si wanita duduk membelakangi tembok. Aku yang tidak berada di sana waktu proses syutingnya malah merasakan kehadiran mbak kunti di belakang si wanita.

Hana's Indigo (True Story) ( Repost Ulang Sampai Tamat )Where stories live. Discover now