PART 8.1 - PERSIAPAN OLIMPIADE

13K 651 8
                                    

Alangkah lebih baik jika kepandaian terus diasah agar tercipta sebuah prestasi. Bukan diumbar yang tercipta hanya sensasi.
###

SABTU ini adalah waktu untuk kelas akselerasi. Proses belajar-mengajar di kelas akselerasi hampir sama dengan kelas regular, akan tetapi yang membedakan adalah materi yang diajarkan.

Seperti saat ini, jadwal pelajaran siswa aksel adalah matematika dan fisika. Tentunya dua mata pelajaran tersebut adalah mata pelajaran yang wajib bagi siswa IPA. Walaupun begitu siswa aksel yang berasal dari IPS tetap juga mempelajari materi tersebut. Karena semua materi yang diajarkan di kelas aksel akan diujikan pada ujian perpindahan kelas untuk yang kelas 10.

Dan untuk siswa aksel ketika ujian semester mereka juga akan mengikuti ujian tersebut, dan tentunya materi yang diujikan adalah materi di kelas regular. Jadi khusus siswa aksel harus melaksanakan dua ujian.

Untuk beberapa kejuaraan di Rodriguez, rata-rata dimenangkan oleh siswa aksel selama ini. Namun tidak sedikit juga siswa lain meraih itu semua, baik akademik maupun non akademik. Teruntuk siswa aksel sendiri mereka diberi bimbingan langsung dari guru aksel, sehingga tidak heran jika mereka selalu dipandang unggul oleh guru-guru maupun siswa lain.

Setelah menerima pelajaran dari guru matematika tersebut, siswa aksel tetap di dalam kelas. Karena setelah ini mereka akan menerima pelajaran fisika. Kurang lebih jam pelajarannya selama lima jam setiap kali pertemuan. Sehingga ketika jam satu siang mereka sudah diperbolehkan pulang.

Dan esok harinya hanya untuk siswa aksel kelas 10 saja yang masuk kelas. Karena kelas 10 akan diberi materi lanjutan kelas 10. Agar nantinya bisa menyesuaikan dengan yang kelas 12 sehingga tidak tertinggal.

"Pagi semua!" sapa guru perempuan yang saat ini sudah berada di kelas aksel setelah pergantian jam mata pelajaran.

"Pagi Bu."

"Oke, sekarang masuk semua bukan?"tanyanya.

"Iya, Bu,"' jawab mereka kompak.

"Di sini saya sedikit memberitahu saja tentang kejuaraan yang diadakan oleh beberapa universitas dan oleh pemerintah. Kelas 12 pasti sudah tahu bukan?"

Semua diam memperhatikan guru tersebut.

"Untuk kalian siswa aksel terutama kelas 10, jika kalian memang mampu mengikuti kejuaraan tersebut. Cepatlah meminta bimbingan dari guru sesuai mata pelajaran yang kalian pilih. Atau mungkin kalian bisa meminta bantuan siswa kelas 12 yang dulu pernah mengikuti kejuaraan juga," ucapnya terlihat serius.

"Apa siswa aksel saja yang harus mengikuti itu?" tanya salah satu murid kelas 10.

"Tentu saja tidak, siswa lain juga bisa walaupun bukan siswa aksel. Tapi alangkah baiknya jika siswa aksel juga bisa," tuturnya dengan senyuman ramah.

"Untuk itu persiapkan diri kalian, jika kalian yakin bisa. Segera hubungi guru siapapun terutama guru aksel. Saya akan mendaftarkan nama kalian. Karena kejuaraan tidak hanya satu kali ataupun dua kali tapi banyak sekali."

"Siap Bu," jawab Raka. Sedangkan Kayra tampak berpikir dan sesekali manggut-manggut. Jovi tersenyum samar melihat Kayra. Ia yakin, jika cewek itu pasti ingin mengikuti kejuaraan.

"Oke. Saya sangat berharap dari kalian. Sekarang kita mulai pelajaran. Saya akan menerangkan dengan cara saya seperti biasa, mungkin yang kelas 12 sudah tahu. Cara saya yaitu, memepercepat pendalaman materi dan saya harap kalian mengerti. Saya tidak ingin ada yang tertinggal materi, karena itu akan merugikan kalian sendiri nantinya."

Komisi Disiplin✔Where stories live. Discover now