Bertahan

59 12 0
                                    

Persaingan. Mereka bilang dunia ini sengit, kita harus bertahan hidup untuk diri kita sendiri dan kita harus mampu untuk menjadikan diri kita yang terbaik.

Terkadang kita merasa tidak mampu, kita merasa useless, kita merasa kalau kita bukan siapa-siapa, dan kita akan berpikir kembali tentang tujuan kita hidup sebagai pelajar, hal tersebut akan terus-menerus mengelilingi kita dan akan terus menerus berada di ruang lingkup hidup kita, kalau kita tidak berusaha untuk membuat kita jadi peran utama dalam kehidupan kita.

Peran utama itu maksud gue seperti... kamu bisa mengatur apa yang harus kamu lakukan, kamu bisa bangkit dengan inisiatif diri kamu sendiri, dan kamu bisa melakukan apapun yang kamu suka, itulah kunci dari menjadi pemeran utama dalam kehidupan. Karena kalau kita tidak menyukai kehidupan itu sendiri, akan sampai mana kita sanggup bertahan?

Gue pernah memikirkan hal-hal yang membuat gue terusik setiap harinya. Seperti ketika gue melihat orang-orang yang seumuran gue jauh lebih produktif, sudah bisa menghasilkan uang sendiri, sudah dikenal banyak orang, dan sedangkan gue yang umur segini... masih berkutat dengan soal-soal matematika.

Tapi kembali lagi ke tujuan utama gue. Gue hidup di dunia ini untuk menjadi pemeran utama dalam kehidupan gue sendiri, bukan untuk menjadi pemeran dalam kehidupan orang lain.

Jadi gue memutuskan untuk hidup tanpa menjadikan orang lain sebagai patokan. Karena gue nggak harus hidup seperti dia, gue enggak harus punya apa yang dia punya, dan gue nggak harus melakukan apa yang dia lakukan.

Gue akan hidup sebagaimana gue hidup. Dimana gue bisa mencintai diri gue sendiri, mencintai pekerjaan gua meskipun pekerjaan gue itu nggak sebanding dengan pekerjaan teman gue, karena ketika kita bahagia saat mengerjakan sesuatu, kita akan sanggup bertahan di dunia yang keras ini.

Kalau kalian ingin terus bertahan dalam kehidupan dan bukan kalian sendiri yang akan mengakhiri kehidupan kalian, jadikan dirimu sendiri sebagai pemeran utama dalam hidupmu.

Buat sudut pandang yang berbeda, sudut pandang yang baru, dengan cara mengunjungi tempat-tempat baru, melakukan hal-hal baru, dan mengerjakan hal-hal yang belum pernah kamu kerjakan.

Karena ketiga aspek tersebut akan membantu kamu dalam menciptakan sudut pandang baru mengenai kehidupan itu sendiri. Sehingga kamu tidak perlu memandang kehidupan sebagaimana orang lain memandang kehidupan. Kamu punya definisi mengenai kehidupan itu sendiri, kamu punya sudut pandang tentang kehidupan itu sendiri, dan kamu akan sanggup bertahan karena itu.

Mulai ubah sudut pandang kamu terhadap kehidupan, meskipun dari hal-hal kecil. Karena jika kamu melakukan hal itu, kedepannya kamu akan punya pegangan tentang kehidupan, kamu akan sanggup bertahan, dan kamu tidak akan tergoyahkan oleh orang lain. Kamu tidak akan seperti itu karena kamu punya kunci dibalik kehidupanmu sendiri.

Jadilah dirimu sendiri, jadilah pemeran utama dalam hidupmu sendiri, buatlah sudut pandang baru mengenai kehidupan itu sendiri. Aku yakin kamu hebat, aku yakin kamu akan mampu bertahan, aku yakin kamu adalah seseorang yang suatu saat akan berdiri diatas panggung kesuksesan, melihat mereka yang dulu menertawakanmu, kini bertepuk tangan untukmu dan berlomba-lomba agar mendapatkan perhatianmu.

Kamu akan menjadi manusia yang seperti itu, trust me.

•••

haiilooooo, sepertinya sudah cukup lama tidak nulis disini. Semoga yang kutulis bisa membantu, ya! Kalau ada apa-apa kalian bisa dm aku untuk cerita, jangan sungkan, oh yaaa, ini kan pendapatku, kalau kalian punya pendapat sendiri, for free kalau ingin menyampaikannya di kolom komentar, ARIGATHANKS<333.

Segmen RemajaWhere stories live. Discover now