i'm [not] a beautiful girl

194 28 4
                                    

Pernah merasa paling buruk di dunia?
Atau bahkan, di sekolah?
Atau bahkan di ruang lingkup keluarga lo sendiri?

Gue pernah.

Rasanya tuh gue gak pantes untuk melakukan hal apapun. Gue gak pantes dapet apa yang orang 'cantik' dapet. Mungkin karena gue jadi manusia berjerawat selama empat tahun saat itu, gue jadi merasa useless.

Sebagian orang bilang, gue terlalu berlebihan. Gue terlalu mikirin esensi kecantikan itu sendiri. Gue gak apa adanya. Gue berusaha untuk jadi palsu. Jujur. Gue sebel dengernya. Gue ingin merawat diri bukan karena untuk dipuji. Tapi supaya gue nyaman, supaya gue lebih percaya diri apa-apanya, supaya gue punya keberanian untuk mengakui diri sendiri.

Bahkan selama empat tahun itu, gue gak ngerasa kenal diri gue yang sesungguhnya. Gue gak tau gue itu siapa dan gue itu mau apa. Perasaan gue capek. Apalagi kalau sudah ada teman gue yang mengeluh karena jerawatnya didepan gue. Rasanya mereka gak menghargai gue sama sekali. Rasanya gue disuruh 'terima nasib' aja atas apa yang gue punya.

Kalau ditanya kenapa gue mengejar standar kecantikan? Gue udah capek dibilang gak ngerawat diri.

Gue udah capek disuruh pakai ini itu sama temen-temen gue.

Gue udah capek karena setiap acara keluarga, sepupu atau tante-tante gue pasti nuduh yang enggak-enggak begitu melihat wajah gue. Gue dibilang suka megangin wajah sembarangan. Gue dibilang jarang cuci muka. Gue dibilang suka mencetin jerawat yang padahal ngapain juga gue pencetin. Logikanya, ngapain gue nahan sakit supaya isi dalam jerawat gue itu keluar semua?

omg.

Terus, dulu gue ini tipikal orang yang iri. Apalagi begitu tau teman sekelas gue rata-rata punya wajah yang mulus. Pernah suatu ketika, gue lagi penilaian renang dan keadaan wajah gue benar-benar gak wajar. Jerawat yang besar-besar muncul dimana-mana. Saat itu ada sesi latihan pernafasan. Otomatis, kepala kita semua masuk kedalam, kan.

Gak lama dari itu, semua murid mengangkat kepalanya, lalu mengusap wajahnya dengan telapak tangan. Tau gak, temen gue yang wajahnya bersih, ngelakuin hal ini didepan gue.

And i'm just like... damn man.

Begitu gue melakukan hal yang sama. Gue cuma bisa meringis kesakitan karena jerawat gue semuanya tertekan. Pernah bayangin gimana perasaan gue saat itu? Pernah bayangin gimana rasa sakitnya saat wajah gue yang penuh jerawat ini kena air gue usap dengan tangan gue yang super kasar?

Jujur. Gue pun merasa telah menipu. Semua foto gue di akun sosial media, menggunakan filter. Atau paling tidak gue edit-edit sedikit supaya foto itu masuk ke kategori 'layak' untuk dipublikasikan.

Lalu, gue sedih juga karena gue selalu dikesampingkan sama temen gue. Gue ngerasa dibedakan. Entah sugesti atau emang begitu adanya.

Oke deh, sekian. Gue cuma mau bilang, sejatinya wanita adalah ingin merasa nyaman dan percaya diri sama dirinya sendiri. Jadi jangan komentar orang sembarangan, ya!

muchpizza, Bita.

Segmen RemajaDove le storie prendono vita. Scoprilo ora