2 weeks covid-19

85 13 0
                                    

Dunia sedang gempar dengan virus ini. What do I think about this?

Covid-19, gue sebenarnya masih asing dengan virus-virus kayak gini. Bahkan zaman-zamannya virus ebola yang menghebohkan dunia di akhir tahun 2013 dan awal tahun 2014, gue masih gak tahu. Gue sekadar baca-baca aja, dan antisipasi.

Hal pertama yang pengen gue bahas adalah, kesadaran manusia. Susah kalau ingin berbicara tentang kesadaran. Karena gue pun akan sadar begitu ditegur sama orang lain, atau sama Tuhan.

Tapi menurut gue, dikasus korona ini seharusnya kesadaran itu lebih mudah timbul. Bohong kalau gue bilang 'gue gak senang' liburan dua minggu. Secara gue habis ujian tengah semester. Gue senang dapat waktu untuk istirahat di rumah. Kerjaan gue cuma baca buku, nonton YouTube, baca berita-berita, baca artikel, dan kesal karena satu artikel.

Oke, gue akan mulai bahas artikel. Diartikel itu diberitakan bahwa tuntutan mengurangi kegiatan di luar rumah ini disalah gunakan. Banyak orang yang masih dengan percaya diri untuk keluar rumah. Bahkan menonton film di bioskop dan menikmati suasana pantai.

Gue marah dan sedih. Papah gue itu kerja di ruang lingkup medis. Beliau yang kerja, akan sangat menjaga jarak dengan keluarga begitu pulang ke rumah. Kecuali jika sudah mandi dan membersihkan barang-barangnya (ponsel, buku, sepatu, dan tas). Tapi begitu lihat artikel itu dan menganggap dua Minggu ini sebagai liburan, learn to be aware and take care of the environment, dude.

Tidak pantas sekali kita menganggap ini sebagai liburan. Sedangkan para petugas medis di luar sana, memantapkan tekad dan kinerjanya untuk kesembuhan banyak orang. Apa tidak terkesan meledek dengan perilaku seperti itu?

Yang sempat bikin gue berapi-api, adalah statement seperti ini. 'Liburan korona, pantai A ramai dikunjungi'.

Begini, kita diliburkan dari kegiatan kita sehari-hari, dari kegiatan kita yang terus berulang-ulang, dari kegiatan yang kita lakukan sepanjang tahun, itu bukan untuk liburan. Tetapi untuk menjaga diri kita sendiri, untuk menjaga pola makan, untuk menjaga kesehatan dan kebersihan.

Menurut gue pun seharusnya bagi yang gemar olahraga, lakukan olahraga di rumah dan lakukan olahraga yang sewajarnya. Mandi yang bersih selepas olahraga, dan tidur yang cukup. Jangan menganggap enteng virus ini.

Sekarang ini mulai muncul banyak pertanyaan dibenak gue.

Sebenarnya masyarakat Indonesia ini menginginkan apa sih?

Kenapa mereka tidak bisa diam di rumah? Di dalam rumah kita bisa menjaga kebersihan diri sendiri dan menjaga jarak dari orang lain. Cobalah untuk belajar memanfaatkan situasi ini. Setidaknya kita menghindari.

Dengan adanya sosial media gue semakin lihat kegiatan-kegiatan teman gue. Yang jalan sama pacarnya, atau keluar dengan keluarganya untuk makan malam, bakan bermain, atau sampai melakukan kegiatan berenang.

Inilah Kenapa gue pengen banget setiap masyarakat Indonesia punya kesadaran. Bagaimana caranya agar kesadaran itu muncul? Kalian dapat memunculkan kesadaran itu dengan mudah. Kuncinya adalah belajar dan cari ilmu dari berbagai sumber (kalau gue mostly tanya ke orang yang berada dibidang ini dan baca-baca buku) mengenai virus korona. Tidak ada salahnya kita belajar membaca serta memahami dan mengetahui sebab akibat dari virus ini. 

Kalau kata papah gue, virus itu bukan sesuatu hal yang rumit cara penyebarannya. Setiap orang bisa saja terkena virus ini dengan sekali sentuhan ataupun sekali hirupan. Kita harus tahu betapa mengerikannya sosok virus korona ini sehingga kita dapat mengantisipasi dengan baik.

Gue sebenarnya nggak pernah bikin pembahasan yang sepanjang ini (kalian akan sadar kalau baca setiap bab di Segmen Remaja), tapi gue pikir masyarakat Indonesia terlalu minim kesadarannya perihal kasus ini karena mereka tidak pernah ingin belajar.

Gue harap dengan terpublishnya tulisan gue di wattpad, banyak orang yang tertarik untuk mempelajari bahwa sebenarnya seperti apa sih virus korona itu? Bagaimana cara virus ini menyebar? Kondisi apa saja yang memudahkan virus ini berkembang? Dan bagaimana cara untuk menghindari virus korona dan meningkatkan sistem imunitas kita?

Stay safe! Take care of your health, love u guys.

Maret, 2020.

Segmen RemajaWhere stories live. Discover now