Tipe-Tipe (katanya) Mahasiswa #part3

664 133 1
                                    

Mahasiswa K-POP dan Drama Korea

Mahasiswa tipe ini, merupakan sekumpulan orang yang sangat menyukai Korean Pop (K-Pop) dan juga drama Korea. Tipe Mahasiswa ini, merupakan Mahasiswa yang populasinya cukup banyak di kampus. Pertama, hal itu biasa dilihat dari media sosial mereka. Biasanya Mahasiswa pencinta K-Pop dan Drama Korea ini, akan cenderung hobi 'spam' foto-foto artis Korea di media sosial mereka.

Bukan cuma itu, biasanya pencinta serba Korea ini juga sering pake Foto Profil artis Korea di medsos mereka. Biar apa coba? Gue mewakili kaum cowok di planet ini, terkadang suka merasa geli, ketika mau kenalan sama cewek, tapi foto profilnya itu cowok Korea lagi telanjang dada. Entah, karena dia gak punya koleksi foto, lalu malas masang wajah aslinya, atau bahkan, karena di malu ada tompel sebesar bola Volley di wajahnya. Apapun alasannya, bagi gue, melihat wajah cowok Korea lagi telanjang dada di foto profil seorang cewek itu sangat menyeramkan. Ibaratnya itu, sama aja kayak cuci muka pakai air bekas kobokan pecel lele, karena sama-sama merusak mata. Bahkan, saking banyaknya foto artis Korea di medsos mereka, gak jarang gue pun berpikir, kalau Hape mereka lagi dibajak sama Hacker dari Korea bernama, Kim Blo Onn.

Bukan hanya soal spam foto, terkadang saking senangnya nonton drama Korea, Mahasiswa ini cenderung baper dan selalu membayangkan kalau semua drama itu bisa ada di dunia nyata. Jujur, gue termasuk salah satu yang benci dengan drama Korea. Bukan, bukan karena akting atau ceritanya gak bagus kok. Bagi gue, gak ada karya seni yang gak bagus, apalagi kalau karyanya sudah mendunia kayak drama Korea, gitu. Gue benci, karena penggambaran sosok cowok di drama Korea itu terlalu berlebihan menurut gue.

Biasanya itu, di drama Korea sosok cowok selalu digambarkan; gak pernah labil, selalu memahami perempuan, selalu romantis, dan sangat peka. What? Itu cuma film, Girls! Sampai manusia pindah ke Mars pun, gak akan ada cowok yang bisa semua hal di atas. Apalagi, kalau cowok sudah mendengar jawaban "Terserah" dari cewek. Seolah itu, kiamat itu sudah ada di depan mata banget, karena kita para cowok bingung harus berkata dan berbuat apa, selain cuma bisa, pasrah. Ya, pasrah.

Bahkan, gak jarang cewek pencinta drama Korea selalu bilang ke cowoknya, "Kamu peka dikit kek jadi cowok, kayak Kim Soo Hyun!!!" Dan ketika mendengar kalimat kayak gitu, rasanya gue pingin banget teriak, "SIAPE ITU KIM SU YUN?! GUE KAGAK KENAL SAMA COWOK ITU. LAGIAN ITU NAMA ORANG ATAU MEREK MIE SAMYANG DI INDOMARET?!"

Mahasiswa Anak Rantau

Berikutnya, Mahasiswa rantau merupakan salah satu tipe Mahasiswa yang banyak bisa dijumpai di setiap kampus. Tipe Mahasiswa ini biasanya memiliki beberapa ciri khusus. Mulai dari logat dan gaya bahasa daerah yang sangat kental banget, mirip kayak kuah opor ayam pake santan 1 baskom.

Selain logat dan gaya bahasa, biasanya juga anak rantau dapat dilihat dari gaya berpakaiannya. Ketika semua Mahasiswa lain mengenakan kemeja rapih dan ada 1 Mahasiswa menggunakan kaos bertuliskan "I Love Rendang" atau "I Love Sego Kucing." Nah, dia pasti anak rantau.

Mahasiswa rantau itu, selalu dipandang sebelah mata dan dianggap, Ndeso. Kata 'Ndeso' sendiri itu artinya pikiran atau sikap seseorang yang dianggap kampungan. Contohnya gue sendiri, sebagai Mahasiswa perantauan di Jakarta. Banyak yang mengatakan gue itu Ndeso, misalnya ketika gue sedang; pergi ke Mall pake sandal Swallow, kemudian main futsal pake Batik, hingga bahkan, makan soto pake tangan kosong.

Mahasiwa Anak Kost

Mahasiswa tipe ini, bisa dibilang serupa tapi tak sama dengan Mahasiswa anak rantau, karena mayoritas anak rantau pasti akan ngekost. Walaupun, gak sedikit yang tinggal di rumah saudara, atau numpang di rumah teman, hingga bahkan, tidur di tengah rel kereta api.

Biasanya Mahasiswa tipe ini, juga memiliki beberapa ciri khusus. Pertama, anak kost biasanya gak pernah mau diajak nongkrong atau jajan di luar, selalu ada saja alasan untuk menolak. Mulai dari harus ngerjain tugas, beres-beres kamar kostan, bahkan sampai harus nemenin kucing pergi ke kondangan.

Sebaliknya, kalau ada teman bawa makanan, dia pasti akan ada di barisan paling depan. Selain hemat dalam hal makan, anak kost juga suka hemat dalam berkomunikasi. Ya, anak kost, gak akan pernah rela beli pulsa mahal, cuma untuk isi paket kuota internet. Jadi, jangan heran kalau ada Mahasiswa yang duduk sendirian main Hape berjam-jam, sambil nyemil Chiki Komo dan minum teh gelas dioplos Autan di tempat yang ada Free Wifi, nah, dia pasti anak kostan.

Mahasiswa Abadi

Terakhir, ada Mahasiswa yang paling tinggi derajatnya dan cukup disegani di kampus, mereka adalah Mahasiswa Abadi. Mahasiswa Abadi juga sering disebut Mahasiswa paling tua di kampus. Ya, karena Mahasiswa tipe ini merupakan Mahasiswa yang telat lulus dari waktu seharusnya. Banyak alasan mereka belum lulus, mulai dari malas, lalu sibuk dengan berbagai kegiatan di kampus, cuti kerja, hingga bahkan karena menikah muda.

Biasanya, Mahasiswa tipe ini memiliki idealis yang cukup tinggi dan selalu dengan sok bijak bilang, "Kuliah itu bukan untuk cari nilai, tapi cari ilmu, karena nilai itu gak akan kepakai di dunia kerja. Lebih baik lulus lama, tapi ilmunya banyak." Dengan gampangnya mereka bilang begitu, padahal masuk kuliah aja cuma sebulan sekali, dan itupun cuma nitip absen ke adik kelasnya.

Untuk menemukan Mahasiswa tipe ini di kampus itu mudah banget. Caranya cukup cari Mahasiswa yang duduk di bangku paling pojok, lalu rambutnya gondrong, poninya nutupin hampir semua wajahnya. Ya, mirip kayak gorden Warteg. Selain itu, setiap pembentukan kelompok dia pasti gak punya kelompok. Mahasiswa tipe ini juga selalu sendirian saat kemana-mana, jalannya selalu nunduk, dan mendadak suka 'bolot' ketika ada yang bertanya, "Kapan lulus, Bro? Lo cinta banget sama kampus ya, Bro?"


**Lanjutan cerita ini bisa dibaca di halaman berikutnya, ya! :)

Follow gue di Instagram, Twitter, & Wattpad juga -> @dono_salimz

Jangan lupa juga kasih Comment, Voted, & masukin cerita ini ke Reading List ya, Guys! (^_^)

Mahasiswa 1/2 Abadi (KOMEDI - PELIT)Where stories live. Discover now