Tipe-Tipe (katanya) Mahasiswa #part2

601 134 4
                                    

Mahasiswa Kutu Buku

Kalau Mahasiswa tipe ini, biasanya pasti gak akan jauh-jauh dari namanya buku. Kemana-mana, mereka pasti akan membaca buku, entah itu di perpustakaan, lalu di taman, bahkan hingga di lapangan basket. Biasanya juga, Mahasiswa tipe ini jarang banget punya teman, sekalipun punya teman paling temannya itu Bapak-Bapak penjaga perpustakaan di kampus.

Mahasiswa kutu buku ini biasanya sangat suka membaca berbagai jenis buku. Mulai dari buku pelajaran, buku novel, hingga bahkan, buku tabungan. Gue pribadi, paling suka membaca jenis buku yang terakhir, apalagi kalau dibacanya pas lagi tanggal muda. Mahasiswa kutu buku ini, biasanya memang sedikit banget punya teman di kampus, dia lebih senang menyendiri di bawah pohon. Sekilas sih, dia terdengar seperti bukan Mahasiswa, tapi lebih mirip anak Genderuwo, karena senang menyendiri di bawah pohon.

Bagi mereka, buku itu seolah menjadi sahabat sejati dan paling mengerti perasaan mereka. Entah, saat mereka sedang senang maupun sedih, buku selalu ada di sisi mereka setiap waktu. Ya, namanya juga Mahasiswa kutu buku. Kalau dia sukanya nikung gebetan teman, nah, kalau itu sih namanya, Mahasiswa kutu kupret.

Mahasiswa Kelas Unggulan

Pada beberapa kampus, ada yang namanya kelas unggulan. Biasanya, Mahasiswa yang bisa masuk kelas unggulan ini, katanya orang-orang terpilih dan pintar dengan IPK yang di atas rata-rata. Mahasiswa kelas unggulan ini, biasanya juga dalam satu angkatan hanya akan dipilih beberapa orang saja dan dimasukan ke dalam 1 atau 2 kelas, gitu.

Bisa dibilang, Mahasiswa kelas unggulan itu selalu dianggap sebagai 'Dewa' karena dibilang paling pintar dan tahu segalanya. Padahal, Mahasiswa tipe ini sama aja kayak Mahasiswa biasa lainnya. Mahasiswa kelas unggulan itu juga masih makan nasi kok, lalu juga terkadang masih suka nyontek kalau lagi ujian, bahkan masih suka nyolong gorengan kalau makan di Warteg. Eh, kayaknya ciri yang terakhir itu, cuma gue doang, deh.

Intinya sih, Mahasiswa kelas unggulan ya sama aja kayak Mahasiswa lainnya. Bedanya itu, jumlah Mahasiswa di kelas unggulan lebih sedikit dari kelas lainnya, sehingga belajarnya jauh lebih fokus, gitu. Jadi, bukan berarti Mahasiswa kelas unggulan itu 'Dewa' dan lebih tinggi dari Mahasiswa lainnya. Ya, karena kalau ditanya, "Kenapa cewek kalo PMS, bisa lebih menakutkan daripada Godzilla kelaperan?" gue juga pasti gak akan bisa jawab.

Mahasiswa Kelas Internasional

Selain kelas Unggulan, di beberapa kampus, ada juga namanya Kelas Internasional. Kelas ini, biasanya diisi oleh Mahasiswa yang punya uang 'lebih,' karena biaya masuknya itu sangat mahal banget. Wajar sih, karena di Kelas Internasional itu punya program pertukaran pelajar dengan Mahasiswa luar Negeri. Biasanya, setiap kampus memiliki kerjasama dengan Negara yang berbeda-beda. Kalau di kampus gue, Universitas Budi Luhur itu kerja samanya dengan salah satu kampus di 2 Negara yakni, Belanda dan Jepang.

Bahkan, gak jarang gue melihat banyak Mahasiwa dari Jepang berjalan di kampus. Terkadang, gue pingin ngobrol sama mereka, tapi sayangnya, gue gak bisa Bahasa Jepang. Biarpun gak terlalu menguasai Bahasa Jepang, tapi seenggaknya, gue tahu dan suka beberapa hal tentang Jepang, sih. Gue suka nonton kartun Jepang kayak One Piece dan Shincan, lalu gue juga suka dengerin lagunya JKT48, dan gue juga suka banget Mi khas dari Jepang salah satunya, Miyabi.

Mahasiswa kelas Internasional itu, menurut gue keren banget. Kalau Mahasiswa biasa belajar sama dosen lokal, mereka belajar langsung sama dosen bule. Makanya, gak heran, kalau mereka itu jago banget ngomong bahasa Inggris. Gue bingung, kenapa Bule mau, ngajarin Bahasa Inggris di Indonesia, ya? Padahal kalau bule belajar Bahasa Indonesia, pasti yang pertama kali diajarin selalu, bahasa Alay. Dan mereka sangat senang dan tersenyum bangga, padahal mereka gak tahu, kalau mereka baru saja menjadi Bule Alay di Indonesia.

Jangankan pas pelajaran, lagi ngobrol biasa sama temannya aja, mereka juga pakai Bahasa Inggris. Jujur, sebagai orang yang gak bisa Bahasa Inggris, gue minder saat lagi jalan bareng sama mereka. Saking mindernya, setiap kali ada mereka lewat dan ngobrol Bahasa Inggris di sebelah gue, pasti gue akan langsung hilang dan ngumpet di balik pohon. Ya, di balik pohon toge yang tumbuh di dalam gelas Aqua.


**Lanjutan cerita ini bisa dibaca di halaman berikutnya, ya! :)

Follow gue di Instagram, Twitter, & Wattpad juga -> @dono_salimz

Jangan lupa juga kasih Comment, Voted, & masukin cerita ini ke Reading List ya, Guys! (^_^)

Mahasiswa 1/2 Abadi (KOMEDI - PELIT)Where stories live. Discover now