03_Jepang

859 88 6
                                    

"Dia istri Bapak, 'kan? Dia istrinya Pak dosen, Mak. Yakali Ra panggil Neng, atuh."

_Kacamata Mertua_

Gue masih kesel sama kejadian semalem. Ujung-ujungnya gue cuman bengong aja di kamar, soalnya Emak sama Abi usir Rizwan setelah cowok itu selesai makan bakso yang dibawa Emak.

Marah.

Kesel.

Pengen tak hilihhh.

Tapi mereka kedua orang tuaku, orang yang selalu gue doakan setiap selesai salat. Meminta ampunan untuk mereka, memnlinta kebahagiaan untuk mereka. Mana bisa gue bener-bener marah sama mereka?

Huft. Ya allah, gini amat hidup gue. Seneng sih mereka perhatian banget sama gue. Tapi, 'kan enggak harus cosplay jadi sule juga.

Dengan kekesalan yang membendung, gue nendang-nendang udara sekitar, gue juga remes-remes selimut yang masih nutupin tubuh cantik gue. Enggak peduli kalau rambut gue berantakan kayak singa.

"Astagfirullah." Gue ngelus dada terus gumamin istigfar. Emang ya orang yang mau diangkat derajatnya itu bawaannya dapet cobaaan mulu.

Hua.

Gue masih kesel ternyata, padahal udah gigit guling, nendang angin, remes selimut. Pokoknya semuanya!

"Teh!"

Teriakan Emak buat gue cepat kilat bangun. Masih dengan rambut berantakan kayak singa, mata belekan, juga muka berminyak keluar dari kamar buat temuin Emak.

"Kenapa, Mak?" tanya gue garuk garuk pipi tembem. Gue nyari di dapur, tapi enggak ada. "Mak dimana?!" gue teriak manggil Emak.

Astagfirullah.

"Depan, Teh. Depan!"

Si Emak tereak kayaknya kesel banget, deh. Dengan mata yang gue peremin dikit, gue jalan buat temuin Emak di depan. Karena gue lupa bawa kerudung, gue ambil aja lap piring yang nangkring di meja depan tv.

"Kenapa, Mak?" Gue nyenderin badan sambil merem, jangan lupa sama lap piring di atas rambut gue.

"Ya Allah, Teh. Enggak malu pisan kamu kayak gitu." Emak ngomong sinisss banget.

(Banget

"Kenapa musti malu, Mak? Tetangga jam segini masih ngebo," jawab gue masih merem, tangan kanan gue megangin lap piring bawah dagu supaya enggak nampakin rambut cetar gue.

"Buka mata dong!" Emak mukul lengan kiri gue kenceng.

Dengan keselnya gue buka mata. Yang pertama gue liat itu wajah penuh kelembutan yang senyum manisss banget, dan di belakangnya ada cogan. Aish, apa gue udah ada di surga, ya? Perempuan cantik depan gue ini bidadari, dan di belakangnya jodoh gue?

Ahh, enggak mau ganggu manusia kotor di bumi, deh. Gue udah bahagia dan langgeng di surga.

"Maa syaa allah." Gue sampe senyum-senyum kek orang gila.

"Maaf ya Nak Rama, Nak Alika. Anak saya ini emang bisanya cuma malu-maluin."

"Teteh!"

Gue ngerjap beberapa kali. "Kenapa sih, Mak? Emak ngapain di surga?"

Pertanyaan gue buat tiga orang itu bengong. "Di surga? Teteh belum wafat. Ya Allah." Emak nutup muka malunya.

"Lah?" Gue lihat lagi cewek sama cowok tadi. "Terus--Pak?!"

Liat Pak dosen depan gue, gue yang baru eling, gue langsung ngacir masuk rumah buat pake kerudung yang bener. Aishh, malu gue, gila!

Tapi, tadi gue liat Pak dosen senyum deh. Ah, apa iya Pak dosen cem dia bisa senyum? Tipisss banget, tapi buat gue candu. Bukan candu narkoba, ye.

𝙼𝙰𝙽𝚃𝚄-𝙰𝚋𝚕𝚎✔Where stories live. Discover now