A Dramatic Story [4]

712 51 9
                                    

Awal agustus 2017, orto 4 pun dimulai....

Setelah menemukan pasien dengan pembimbing dokter Angela, selanjutkan aku harus mencari pasien untuk dokter Rena. Orto 4 ini kita diberi kebebasan tidak harus mencari pasien baru. Jadi misal kita mau melanjutkan pasien temen yang udah selese (udah ujian keluar stase) itu diperbolehkan asal pasiennya masih bisa lanjut dikerjakan (giginya belum sepenuhnya rapi, jadi masih dianggap maloklusi). Karena aku udah ga sanggup lagi buat nyari pasien baru dan harus mengulang semuanya dari awal (semacem harus ngefoto rontgen dulu dll) akhirnya aku memutuskan buat ngelanjutin pasien temenku. Proses mencari pasien lanjutan juga tidak semudah yang dibayangkan karena kadang kita juga rebutan dengan temen-temen lain yang sama-sama nggak punya pasien. Jadi ya siapa cepat dia dapat.

Untungnya aku dapet pasien lanjutan dari temenku dan pasienku yang ini juga termasuk kooperatif. Minusnya cuma satu. Rumahnya jauh. Kira-kira sekitar 7km dari klinik. Dan aku harus mengantar jemputnya setiap kali orto. Untuk orto 4 ini jadwal kerjanya adalah setiap siang dari jam 12 siang sampe jam 3 sore. Bisa bayangin kalo rumahnya agak jauh gitu otomatis mengurangi waktu buat kerja di orto. Ditambah lagi aku tipikal orang yang gampang panik kalo dikejar waktu. Jadi dalam waktu sesempit itu harus jemput pasien lalu lanjut mengerjakan requirement dengan baik dan benar sebelum ditinggal dokter Rena pulang he he he karena kalau beliau pulang kerjaanku aku tunjukin ke siapa? Percuma dong udah susah susah jemput pasien tapi gak dikasih nilai :(

.

.

.

Pasienku yang sama dokter Rena ini namanya Haruka. Sungguh nama yang kejepang-jepangan banget tapi dia sama sekali bukan orang jepang. Emang orang jaman sekarang kalo kasih nama anaknya tuh suka unik-unik.

Haruka ini orangnya suka mabuk kalo dijemput naik mobil huhu. Jadi kalo aku jemput dia nyetirnya tuh kudu pelan-pelan dan wajib hukumnya sangu tas kresek biar dia ngga sembarang muntah.

Pernah juga suatu ketika aku udah janjian sama ibunya Haruka kalo hari itu waktunya aku jemput Haruka untuk kontrol. Ternyata hari itu aku baru bisa jemput dia agak telat dari biasanya dan waktu nyampe sekolahnya, sekolahnya udah kosong. Jelas panik dong aku. Kemudian aku telpon ibunya dan ibunya bilang dia belum pulang ke rumah. Ibunya minta tolong ke aku buat nyari kerumah temennya. Nah rumah temennya tuh masuk masuk ke dalem gang gang kecil dimana mobil nggak bisa lewat. Akhirnya aku jalan kaki sekitar 500-600 meter dari sekolahnya. Aku bela-belain nyari Haruka karena aku butuh banget nilai untuk hari itu. Setelah membuang-buang waktu buat nyari Haruka, kesabaranku kembali diuji dengan jalan yang macet. Di dalem mobil aku udah panik banget karena takut ditinggal dokter Rena pulang. Akhirnya jam setengah tiga dengan nafas ngos-ngosan, rambut acak-acakan, plus wajah keringetan banget aku nyampe di klinik dan langsung maju lapor ke dokter Rena buat ijin kontrol dll. Untungnya, hari itu sepertinya mood beliau bagus banget jadi aku lancar-lancar aja kontrolnya bahkan beliau cenderung mengkasihani aku karena keliatann ngos-ngosan dan capek banget. Bener-bener sebuah momen langka seorang dokter Rena bisa baik ke aku.

.

.

.

Ya emang cobaan di orto ini ada ada aja. Bisa dari pasien, bisa dari dosen pembimbing. Aku sebagai mahasiswa koass cuma bisa bilang sabar berulang kali karena semua ini memang harus dilewati. Semua dokter gigi yang sudah lulus jauh diatasku pasti juga pernah mengalami hal hal yang nggak enak yang berhubungan dengan pasien dan dosen. Dan suatu saat momen seperti ini akan terkenang sebagai sebuah pelajaran hidup. Sekaligus juga mengingatkanku pada ungkapan "koass indah dikenang tapi tidak untuk diulang"

.

.

.

Aku melalui orto 4 dengan penuh semangat. Kedua pasien aku kerjakan dengan sungguh-sungguh demi mengejar nilai-nilai yang tertinggal. Kadang-kadang kena semburan api kemarahan dokter Rena pun aku nggak masalah. Aku terus berusaha supaya nilaiku ini cukup dan aku bisa ikut ujian keluar stase orto.

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Feb 23, 2019 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

CATATAN GILA CALON DOKTER GIGIWhere stories live. Discover now