Sebuah Kisah Drama (1)

1.1K 64 6
                                    

Perjalananku di orto di mulai pada bulan maret 2016. Setelah dibagi kelompok-kelompok koas, tiap kelompok punya jadwal sendiri sendiri untuk orto. Untuk kelompokku aku dapet jadwal orto hari senin. Jadi setiap seminggu sekali kita harus keluar dari stase utama kita buat kerja di stase orto.

Apa sih orto itu? Orto adalah singkatan dari ortodontia. Ortodontia adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang maloklusi (kelainan oklusi) gigi beserta perawatannya. Kalo kalian pengen ngebehel gigi, atau ngerapihin gigi yang berantakan, kalian bisa dateng ke dokter gigi spesialis ortodonsia. Pasti deh dijamin nanti hasilnya bagus. Gigi jadi rapi dan senyum jadi indah :) *malah promosi*

Tapi untuk koas dokter gigi semacem aku gini perawatan yang boleh kita lakukan adalah dengan menggunakan peranti ortodonti lepasan dan pasiennya adalah anak-anak yang giginya dalam fase gigi pergantian (antara gigi susu dan gigi permanen). Kasusnya bisa macem-macem. Seperti diastema (ada space lebar diantara gigi) atau berdesakan (giginya saling tumpang tindih).

Nah drama episode pertama ini ceritanya bener-bener berawal dari pertama kali masuk orto

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Nah drama episode pertama ini ceritanya bener-bener berawal dari pertama kali masuk orto. Betapa susahnya mencari pasien anak-anak dengan kriteria kriteria tertentu. Setelah berkali-kali keluar masuk berbagai macam sd demi berburu pasien, akhirnya aku menemukan dirimu, adek orto pertamaku....

Perkenalkan, adek pasienku ini namanya Bayu Kusuma. Waktu pertama kali ketemu aku dia umur 10 tahun dan kelas 4 SD. Orang tuanya baik banget dan dek bayu ini juga nurut sekali sama aku. Aku sendiri juga heran ada gitu ya anak kecil cowok bisa nurut banget sama aku. Tiap aku jemput dia buat ke klinik dia ga pernah rewel terus dia selalu duduk manis di dental chair. Ga pake acara lari lari kesana kemari atau gelantungan di lampu dental chair macem pasien pasien pedo gitu. Huhu bener-bener definisi pasien nak kanak yang sempurna.

Tapi ternyata...
Di dunia ini emang ga ada yang sempurna. Kesempurnaan yang hakiki cuma milik Tuhan.

Aku menjadikan dek bayu sebagai pasienku sejak bulan april tapi dia baru dapet alatnya bulan oktober. Lama banget ya. Emang.
Venusa rays dulu orangnya males banget. Karena males akhirnya ortonya dibiarkan terbengkalai sampe akhirnya dia dapet hidayah huft. Semenjak itu dia rajin kerja orto kok tapi. Ya walaupun telat, walaupun terhambat tapi akhirnya kalo mencoba ternyata bisa hehe *jangan ditiru ya* *kalo ditiru nanti hidupnya bakalan penuh drama kayak aku gini*

Akhirnya setelah alatnya aku insersi (pasangkan) setiap 2-3 minggu sekali paling nggak tuh pasiennya harus didatangkan untuk kontrol. Sambil ngurus pasien pertama aku lanjut nyoba nyari-nyari pasien kedua.

Hidup di orto ini kalo normal ada tiga bagian yaitu orto 1, orto 2, dan orto 3. Orto 1 jumlah pasiennya 1. Orto 2 dan orto 3 jumlah pasiennya 2. Jadi orto ini berkelanjutan gitu.

Bulan desember, si Bayu mulai agak rewel. Dia kadang ga suka kalo jadwalku jemput dia buat kontrol bentrok sama jadwal futsalnya dia. Tapi dia ini masih baik, meski rewel dikit tapi dia masih mau aku jemput :')

Memasuki bulan januari dan menjelang berganti menuju orto tiga ternyata aku belum nemu nemu pasien baru juga. Aku udah hopeless banget rasanya. Aku bingung harus cari pasien dimana lagi. Ada sekolah yang birokrasinya sulit, ada yang orang tuanya gak ngijinin anaknya buat dirawat. Yah pusinglah pala berbi waktu itu. Rasanya udah pengen nangis nangis. Tapi yauda, kuat kuatin diri dulu lah. Siapa tau abis ini nemu yang pas.

Dimalam hari saat rasa galau ini melanda karena pasien kurang satu, aku iseng iseng buka chat whatsapp. Sempet ada satu missedcall dari ibunya Bayu ternyata. Misedcall nya dari sore tapi aku baru sadar pas malemnya. Terus aku jadi mikir....
Tumben banget ibunya bayu nelpon padahal besok ga ada jadwal kontrol.
Mau ngechat whatsapp tanya ada apa tapi takutnya ke geeran. Ibu ibu kan kadang biasanya ga sengaja kepencet gitu. Yauda akhirnya kuabaikan...

Beberapa hari kemudian ternyata aku menemukan pasien baru untuk pasien kedua. Yey betapa senangnya hatiku. Di detik detik menjelang berganti dari orto 2 ke orto 3 ternyata aku bisa nemu pasien yuhuu. Setelah di acc oleh dosen pembimbingku langsung dah si Gita (pasien keduaku) aku anter buat foto rontgen di parahita terus minggu depannya aku cetak model studi.

Pada saat itu aku cuma bisa berharap semoga ortoku lancar dan semoga selalu diberi kemudahan.

Tapi ternyata semua kebahagiaan itu hanyalah semu

*to be continued*

CATATAN GILA CALON DOKTER GIGIWhere stories live. Discover now