A Little Confession

1.4K 111 8
                                    

Beberapa hari yang lalu waktu asik scroll-scroll explore instagram, secara ga sengaja aku nemu suatu quotes yang bener-bener menggambarkan hidup anak FKG.

"Ada 3 hal yang tidak dapat aku hitung di dunia ini. Banyaknya bintang di langit; banyaknya pasir di pantai; banyaknya uang yang aku habiskan untuk menjadi dokter gigi"

Quotes tersebut kalo kata kaum milenium FKG bener-bener, True AF!!!

Bicara soal uang, dulu waktu awal-awal masuk FKG sering banget ditanya "bayar kuliahnya abis berapa?" Dengan santainya sih aku jawab "Cuma kena 1xx.xxx sih" terus mereka pada ga percaya. Biasanya pada bilang "masak segitu sih?" atau "katanya sampe puluhan juta ya mbak."

Sekali lagi, percayalah padaku wahai para pembaca sekalian. Biaya sppku sangat murah sekali tidak sampai 2 juta untuk per semesternya. Tapi....... Pertanyaan penting yang mereka lewatkan adalah "kalo koass habis berapa ya mbak."

Coba aja ada yang tanya gitu. Dengan senang hati bakalan aku jawab "WAAAHHH KALO ITU JAWABANNYA UNLIMITED BU/PAK/MBAK/MAS!!"

Kalo bicara soal habis berapa tuh meskipun udah dicatet ditulis dikertas, jawabannya tetep unlimited. Bener-bener gak bisa nyebut angka pasti lebih tepatnya. Saking banyaknya hal-hal kecil yang juga mesti dimasukkan ke dalam pembukuan –berapa-banyak-uang-yang-aku-habiskan-untuk-menjadi-doker-gigi tapi sering kali aku anggep sepele dan nggak kutulis.

Kadang sering kali iri sama temen-teman yang seusia sama kita. Mereka bisa belanja dan beli barang ini itu pake uang sendiri sedangkan kita tiap hari masih minta duit ke papa mama. Parahnya itu uangnya bukan buat kita seneng-seneng, tapi malah buat pasien. Yassalam...

Sering juga aku ngerasa nggak enak sama kedua orang tuaku. Kok kesannya dikit-dikit minta uang. Tapi ya gimana lagi, emang butuh buat ngebiayain biaya perawatan pasien. Sejauh ini rekor biaya perawatan termahal tuh dipegang pasien yang mau bikin gigi tiruan. Buat biaya lab nya sendiri bisa habis almost sejutaan lah, itu belum termasuk biaya foto rontgen dan biaya perawatan di fkg. Trus rekor biaya beli alat termahal tuh dipegang sama NSK handpiece. Tahun lalu aku beli seperangkat handpiece berisi high speed, low speed sama straight abis sekitar enam jutaan lah. Trus beli ultra sonic scaller nya woodpecker seharga 2,5 juta. Lalalala... itu bayar pake duit beneran bukan duit monopoli lho guys. Bener-bener mahalnya FKG itu baru kerasa kalo mau masuk klinik dan waktu klinik

Belum lagi kalo pasiennya butuh foto rontgen. Kalo pasien perawatan ortho gitu biasanya dokternya minta foto panoramik dan sefalometri di lab besar macem parahita atau pramita. Kalo kalian tanya kira-kira abis berapa, ya setengah juta ada.... ya segituan lah ya. Itu belum biaya bikin piranti lepasannya yang bisa kira-kira abis 300 rebu an lah.

Jadi bisa dibayangkan ya, ngeluarin duit di FKG gak cuma sekedar 50 rebu atau 100 rebu. Tapi bisa sampe jutaan haaaahhhh *kejang-kejang*

Dan di masa klinik ini sering banget aku ngerasa bokek dan gak punya uang. Jaman preklinik dulu beli lipstick The Balm seharga 180rb an mah mampu. Terus beli parfum di The Body Shop atau di VS juga mampu. Eh sekarang... lipstik The Balm udah digantiin sama Wardah yang cuma 50rebuan. Trus make parfum juga lebih dihemat-hemat biar ga cepet habis dan ga cepet beli lagi. Ya ampun ngenes banget, my life....

Tapi beneran, gara-gara klinik sekarang kalo megang uang lebih banyak dikit pasti langsung cepet-cepet aku simpen. Kalo mau beli barang yang agak mahal dikit gitu langsung kepikiran sama biaya perawatan pasien. Bahkan untuk sekedar beli Chatime aja mikirnya banyak banget. Astaga....

Jadi disaat ada banyak temen-temenku yang uda kerja dan punya duit sendiri. Aku masih gini-gini aja dan masih minta duit ke orang tua buat biaya pasien.

Rasanya kalo nanti udah kerja, punya uang sendiri, pengen banget beliin kedua orang tua hal-hal yang bisa nyenengin hati mereka. Sebagai ungkapan terimakasih udah mau membiayai anaknya yang suka buang-buang duit buat pasien.

So, buat kalian yang merasa lahir dari keluarga konglomerat/bangsawan dan pengen uangnya dibuat foya-foya berfaedah, bisa deh coba kuliah di FKG. Karena di FKG bener-bener wahana yang tepat buat buang-buang uang hahaha

Bercanda lah guys, jangan dimasukin ke dalam hati.

Btw next story, aku mau cerita gimana asal-usulku kok bisa nyasar kuliah di FKG...

CATATAN GILA CALON DOKTER GIGITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang