A Dramatic Story [2]

497 41 1
                                    


Januari 2017

Aku mengawali tahun ini dengan semangat yang berkobar. Dengan keyakinan tinggi bahwa aku bisa melewati stase orto ini dengan baik-baik saja. Ya walaupun lumayan telat nemu pasien keduaku (Gita) tapi aku tetep bersyukur. Palingg nggak ceritanya kan aku udah nemu dua pasien sekaliugus karena teman-temanku yang lain ada yang belum nemu pasien juga. Jadi paling tidak aku harus bersyukur atas segala hal waktu koass ini.

Kehidupanku yang tenang dan yang aku rasa bakalan berjalan baik-baik saja ternyata berputar 180 derajat. Badai yang tidak diprediksikan sebelumnya tiba-tiba datang dalam sekejap dan sukses memadamkan api semangatku yang berkobar.

Pertengahan januari 2017 pagi-pagi setelah shubuh, tiba-tiba ibu bayu mengirimkan sebuah chat whatsapp buatku.

"Mbak dokter mohon maaf sebelumnya, saya bingung juga ngabarin mbak gimana. Ini suami saya dipindah tugas di Kalimantan. Kami sekeluarga juga ikut pindah, termasuk Bayu juga mbak."

Abis baca chat dari ibunya Bayu tuh hatiku kerasa nyut nyut banget. Baru kali ini aku ngerasa sakit hati banget karena ditinggal pasien, rasa sakitnya gak kalah sama rasa sakit pas putus sama pacar. Senyesek itu....

Terus apa aku nangis? Huhu ya jelas. Bayangin aja itu pasiennya harus aku pertahankan sampai orto 3 selese. Kalo nilaiku kurang dibawah itu aku harus lanjut ke orto 4. Kalo masih dianggap kurang juga nilainya berarti aku harus melaju ke orto 5 dan begitu seterusnya. Dan setiap orto itu rentang waktunya 1 semester. Ya Allah... Jelas aku nangis gak karuan.

Hari itu aku memutuskan buat ga masuk koass.

Seharian aku di kamar dan aku ngerasa lemah dan gak berdaya. Aku merasa ketika sudah mencoba berusaha semaksimal mungkin kenapa masih ada aja cobaan yang dateng. Sedih banget asli. Seharian itu juga aku nangis mulu sampe orang-orang di sekitarku tuh bingung aku kenapa. Mereka kira aku berantem sama si mas pacar, padahal aslinya ini tangisan pilu ditinggal pasien pergi T_T

Akhirnya aku cuma bisa nangis cerita ke Allah. Setiap sujud rasanya air mata ini mau tumpah jatuh keluar. Sehabis sholat aku nangis lagi sekenceng-kencengnya, laporan ke Sang Maha Pemilik Segalanya kalo aku ngerasa down banget sekarang.

Kemudian besoknya aku baru bisa bales chat ibunya Bayu. Ibunya Bayu bilang kalo Bayu tuh baru pindah akhir Januari jadi sebelum dia bener-bener pindah dia masih bisa aku bawa ke klinik dan jadi pasienku. Oke aku mencoba menghadapi kenyataan yang sangat pahit ini. Paling nggak aku masih bisa nambah-nambah nilaiku sedikit sebelum Bayu pindah.

.

.

.

Hari pertemuan terakhir aku dengan Bayu akhirnya tiba juga.

Hari itu aku jemput dia di sekolahnya buat terakhir kalinya. Hari itu juga temen-temen sekolahnya Bayu bikin acara perpisahan kecil-kecilan.

"Bayu jangan lupain aku ya."

"Bay, nanti kalo main ke kota ini, kamu main kerumahku ya."

Bayu cuma bisa senyum sambil melambaikan tangan ke temen-temennya. Melihat momen perpisahan itu otomatis rasanya aku juga jadi pengen nangis lagi.

.

.

.

Setelah jemput Bayu dari sekolahnya kemudian aku melanjutkan perawatan dengan Bayu di klinik sekaligus menjadi akhir pertemuan antara aku dan Bayu.

Hari itu, sepanjang ngerjain requirement di klinik aku ngerasa gak fokus dan hati ini berasa jadi melankolis banget karena aku tau susah banget cari pasien orto yang sangat kooperatif. Temen-temenku ngeliat aku yang lagi sedih terus mereka masih sempet kasih perhatian "Semangat ya. Semoga bisa cepet nemu pasien baru lagi".

Kemudian setelah selesai mengaktifkan piranti orto lepasannya, aku nganterin Bayu pulang kerumahnya. Sebelum pulang nggak lupa juga aku beliin dia susu ultra rasa strawberry plus potabee, sanck favoritnya.

"Makasih ya dek Bayu selama ini udah mau jadi pasien kakak...."

.

.

.

Waktu sampai di rumah Bayu ibunya mempersilahkan aku duduk dan kita juga ngobrol-ngobrol sebentar soal progress gigi dek Bayu ini gimana dan aku menjelaskan juga kalo giginya sudah ada perubahan lebih rapi dari sebelumnya tapi ya nggak maksimal. Kalo mau lebih maksimal lagi bisa lanjut melakukan perawatan di dokter gigi yang lain. Setelah aku jelasin semuanya aku pamit pulang sambil berusaha menahan air mata yang mau tumpah ini karena aku merasa mataku mulai berkaca-kaca dan terasa panas.

"Makasih banyak ya mbak dokter sudah mau merawat Bayu. Semoga mbak dokter segera nemu pasien penggantinya dek Bayu. Semoga kalo suatu hari kita ketemu lagi, mbak dokter udah lulus dan jadi dokter gigi yang baik. Makasih ya mbak" kata ibu Dewa sambil memelukku.

Dipeluk kayak gitu apa ya nggak tambah nangis aku huhu.

"Iya bu. Saya juga makasih banyak dek Bayu mau jadi pasien saya, sudah mau membantu saya juga biar cepet lulus dan selese koassnya. Makasih banyak bu." Balasku dengan air mata yang mulai menetes satu demi satu.

"Lho jangan nangis begini. Insya Allah nanti pasti ketemu penggantinya Bayu. Semangat terus ya mbak dokter"

.

.

.

.

Sepanjang perjalanan pulang dari rumah Bayu aku nangis kenceng banget di mobil. Perasaan kehilangan yang menurutku sangat menyakitkan ini terus melekat dihati.

Setelah pertemuan terakhir itu aku menjadi bingung dan merasa hilang semangat. Aku nggak tau harus gimana lagi supaya orto ini bisa selese dengan lancar. Aku juga nggak tau harus gimana supaya semangatku ini bisa berkobar lagi.

Detik itu lagi-lagi sebuah pertanyaan muncul di benakku

"Kalo tau sesusah ini kenapa dulu aku daftar dan masuk di FKG?"

.

.

.

[To be continued...]


PS:


Maaf baru bisa ngelanjutin cerita ini sekarang padahal part 1 nya uda di upload dari tahun 2017 karena menurutku cerita di stase ini tuh masuk dalam "3 besar momen menyakitkan hati" sepanjang aku koass. Btw akhir-akhir ini kalian lagi suka dengerin lagu apa? *pertanyaan random* Author bukan wannable tapi lagi suka banget sama lagunya wanna one yang 'hide and seek ' dan 'beautiful' hehe. Oh ya jangan lupa tulis review kalian ya, karena review dari kalian bisa membuat author semangat buat lanjut nulis lagi hehehe

CATATAN GILA CALON DOKTER GIGIUnde poveștirile trăiesc. Descoperă acum