Terjerumus Dalam Hutan Rimba

1.2K 100 18
                                    

Cerita kali ini mari kita flashback jauh-jauh sekali. Nggak sejauh flashback pada jaman penjajahan Belanda tapi cukup flashback ke jaman remajaku.

Little me, yang saat itu polos dan bingung memilih enaknya kuliah dimana. Khas anak-anak SMA pada umumnya dengan permasalahan yang sama.

Dulu waktu SMA sebenernya pengen banget masuk kelas IPS. Menurutku IPS menyenangkan karena tanpa hitung-hitungan (padahal di IPS ada ekonomi akuntansinya). Aku lebih suka mengafal daripada disuruh berhitung dan berkutat dengan rumus-rumus.

Sampai akhirnya pada kenaikan kelas 10, hasil raport menunjukan kalo aku ranking 3 dan berhak mendapat tiket emas masuk ke kelas favorit, IPA-1. FYI, aku sekolah di salah satu SMAN favorit di kotaku yang pada saat itu menerapkan ada satu kelas khusus yang difavoritkan dan yang juga katanya berisi anak-anak pintar.

Waktu itu aku sempet ngeyel ke Ayah aku maunya masuk IPS aja. Tapi ayahku waktu itu bilang "Sayang banget lho kamu udah pinter-pinter ranking 3, bisa masuk kelas favorit masak dibuang gitu aja. Yang lain banyak yang pengen di posisimu"

Hm... Kalo ayah ngomong kayak gitu kok rasanya aku jadi kayak kurang bersyukur ya. Akhirnya dengan berat hati aku pasrah masuk kelas IPA-1.

Padahal juga kedepannya, aku nyesel berat masuk IPA-1. Udah temen sekelasnya isinya cewek-cewek, persaingan di kelasnya ketat banget (yaiya secara kumpulan murid pintar), dan aku merasa kelasku ini bener-bener gak seru. Beda banget sama kelasku waktu kelas 10. Kemudian waktu pengambilan raport kenaikan kelas 11 ke 12, raportku menunjukan hasil ranking ke 23. Sungguh menakjubkan... dari ranking 3 langsung terjun payung ke ranking 23.

Tapi gatau kenapa aku fine-fine aja. Emang akunya ngerasa gak sebegitu pinter kalo dibandingin ma temen-temen sekelasku. Nah pas kelas 12 muncul polemik di kelasku. Waktu itu ada yang namanya masuk kuliah lewat jalur undangan. Awalnya yang dapet tawaran daftar undangan ini cuma sepuluh besar dati per kelas. Tapi kelasku benar-benar ngerasa dirugiin. Ya gimana, ranking 23 di kelasku nilainya bisa sama kayak ranking 1 atau 2 di kelas lain. Setelah protes, akhirnya ganti kebijakan jadi diurut ranking dari seluruh murid satu sekolah dengan catatan jurusan IPA sendiri IPS sendiri, nggak dicampur jadi satu. Setelah itu akhirnya cuma 70 murid dari total keseluruhan murid dari jurusan IPA yang bisa daftar undangan.

Bener aja, urutan ke 1-15 semuanya urut dari kelasku, IPA-1. Sedangkan aku sendiri saat itu berada di urutan ke 20 dari seluruh murid di jurusan IPA. Saat itu aku dilanda kegalauan yang luar biasa. Berada di urutan ke 20 dari sekian ratus murid, it means nilaiku ya lumayanlah. Terus galaunya aku ya apalagi kalo bukan milih kuliah.

Dirumah aku cerita ke Mama kalo aku super galau mikirin enaknya kuliah dimana. Waktu itu Mama cuma bilang "pilih kuliah yang kamu emang ngerasa cocok masuk sana" sedangkan Ayahku waktu itu bilang "Ayah pengen gitu ada anaknya ayah yang jadi dokter"

Hm.....

Dokter ya.....

Saat itu sempet kepikiran kalo keterima di FK pasti keren banget gitu ya (anak jaman dulu yang dipikir kerennya doang, gak mikir nanti ke depannya bakal sesusah apa). Tapi balik lagi aku ngeliat nilaiku dan nilai 19 orang diatasku beserta pilihan mereka. Bener aja, hampir sseparo lebih dari ke 19 orang itu milih FK sebagai pilihan pertama. Lha kalo aku juga ikut daftar pasti banyak gak keterimanya dong ya.

Belum-belum aku udah pesisimis gitu sih.

Akhirnya aku mikir lagi. Ayahku pengen aku jadi dokter. Tapi buat daftar FK aku ngerasa otakku dan faktor keberuntungan yang menyertaiku kayaknya kurang. Akhirnya aku nyoba milih FKG sebagai pilihan pertama dan Hubungan Internasional di pilihan kedua. Waktu milih kuliah ini aku cuma ngebatin iseng doang deh ya. Coba-coba dulu. Kalo keterima ya sukur. Kalo nggak yauda, berarti bukan rejekiku. Saat itu aku juga mikir, kapan lagi coba bisa nyoba milih masuk daftar ke FKG. Kalo nanti aku ikut ujian tulis atau mandiri pasti aku gak bakal milih FKG karena passing grade nya terlalu tinggi. Jadi mumpung dapet undangan, ya kenapa gak dicoba sekalian?

Dua bulan kemudian pengumuman undangan keluar dan aku dinyatakan diterima di FKG.

OH MY GOD....

Masuk FKG lewat jalur undangan bung, secara cuma-cuma dan tanpa tes apapun pula. Rasanya saat itu aku nangis-nangis bahagia banget keterima di FKG salah satu PTN favorit. Selain seneng karena merasa beruntung banget, aku juga ngerasa bener-bener jadi anak yang berbakti. Bisa nyenengin hati orang tua gitu.

Aku yang dulu nggak pernah menyangka kalo ternyata hidup di FKG sesusah ini. Bener-bener penuh dengan air mata.

Ibaratnya kamu menceburkan dirimu sendiri kedalam kolam yang dalem dan luas banget tapi kamu gak bisa berenang. Kesannya seperti bunuh diri. Itu yang aku rasain sekarang sih. Tapi selama ada usaha, di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, bukan?

.

.

.

Pada akhirnya setiap kali aku merasa salah pilih jurusan, salah pilih kuliah, dan merasa kenapa aku gak lulus-lulus serta juga merasa kenapa hidup disini berat banget. Aku langsung mencoba mengingat kembali momen bahagiaku bisa keterima di FKG. Ada ratusan bahkan ribuan orang yang ingin di posisiku tapi mereka nggak seberuntung aku.

Jadi aku menganggap semua ini adalah suatu kesempatan istimewa untuk belajar.

Belajar bersabar, ikhlas, menguatkan hati.

Mari bersusah-susah dulu dan bersenang-senang kemudian.

Semoga aku segera lulus dari hutan rimba ini.

*tumben banget sekarang bisa nulis bijak gini, besok-besok pasti tulisannya balik ngeluh-ngeluh soal dunia perkoass-an lagi haha*

.

.

.

PS: jadi buat kalian yang baca ceritaku ini, ada yang berminat masuk FKG? Atau disini ada maba FKG? Atau ada yang lagi koass? Atau ada yang udah lulus? Bisa say hello dan tulis di kolom komen yaaa. Thank you ^^

CATATAN GILA CALON DOKTER GIGIWhere stories live. Discover now